Profil Lengkap Negara Rusia

Rusia (nama resmi: Federasi Rusia) adalah negara terbesar di dunia. Negara ini meluas lebih dari dua benua, Eropa dan Asia. Rusia membentang dari Teluk Finlandia (bagian dari Laut Baltik) di barat ke Selat Bering (memisahkan Kutub Utara dan lautan Pasifik) di timur. Jaraknya lebih dari 8.000 kilometer. Di samping itu, wilayah Rusia mencakup lebih dari sepersepuluh dari permukaan tanah dunia.

Foto kota Moscow di Rusia

Sejarah Rusia bisa ditelusuri kembali hingga lebih dari seribu tahun silam. Di tahun 800-an dan 900-an, bangsa Viking dari Skandinavia memerintah orang Slavia dan kemudian dikenal sebagai Rus. Tatar adalah orang-orang Mongol dari timur. Mereka menaklukkan Rus di tahun 1200 dan memerintah sampai Ivan III, duke besar Moskow, mengalahkan mereka di tahun 1462. Ivan menjadi penguasa tunggal atas Rusia tengah. Ia memulai dinasti pertama dalam kekaisaran Rusia. Pada tahun 1613, aristokrasi Rusia memilih Michael Romanov sebagai tsar (atau kaisar). Ini adalah permulaan dinasti kedua yang berlangsung selama tiga ratus tahun.

Di bawah Romanov, Kekaisaran Rusia ukurannya menjadi lebih dari tiga kali lipat, meluas ke selatan, timur, dan barat. Para tsar terkesan dengan negara-negara kaya dan canggih dari Eropa Barat. Mereka mencoba untuk meniru Barat. Tapi masuknya Rusia ke dalam era industri modern terhalang oleh sistem tenaga kerja abad pertengahan. Petani Rusia, yang disebut serf (petani pengolah tanah, atau disebut juga budak tanah), tetap terikat dalam keadaan penghambaan kepada pemilik tanah.

Dinasti Romanov tetap berkuasa sampai tahun 1917. Di tahun itu, kekaisaran tersapu oleh revolusi rakyat yang membentuk Uni Republik Sosialis Soviet, lebih dikenal sebagai Uni Soviet, atau U.S.S.R. Rusia, yang terbesar dari republik, membentuk inti dari Uni Soviet, memiliki sekitar setengah penduduknya. Kaum Komunis memerintah negara itu sampai serikat itu runtuh pada tahun 1991. Sejak saat itu, Rusia telah berjuang untuk mengatasi efek dari sistem komunis yang gagal. Negara ini berusaha membangun pemerintahan demokratis dan ekonomi kapitalis.

Penduduk

Sekitar 80 persen penduduk Rusia terdiri atas etnis Rusia, yang merupakan keturunan dari orang Slavia Timur. Slavia mungkin pertama kali muncul di Eropa sekitar 2.000 tahun yang lalu. Mereka kemudian dibagi menjadi cabang barat dan selatan serta timur.

Slavia Timur membentuk kelompok mayoritas. Tapi Rusia juga memiliki sejumlah minoritas non-Slavia. Kelompok etnis terbesar kedua meliputi masyarakat asal Turki. Contohnya adalah Tatar, Chuvash, dan beberapa kelompok kecil di Siberia. Orang-orang di kelompok terbesar ketiga, Finno-Ugric, terkonsentrasi di sepanjang perbatasan dengan Finlandia, di dataran timur dan Pegunungan Ural, serta di Siberia utara.

Bahasa

Semua orang Rusia berbicara dalam bahasa Rusia sebagai bahasa utama mereka. Bahasa Rusia termasuk dalam kelompok bahasa Slavia Timur, cabang yang lebih besar dari keluarga bahasa Indo-Eropa. Bahasa Tatar, Chuvash, dan bahasa lainnya dituturkan dalam kelompok etnis yang berbeda.

Bahasa Rusia ditulis dalam abjad Cyrillic, yang juga digunakan oleh bahasa Slavia Timur lainnya dan beberapa bahasa Slavia Selatan. Abjad Cyrillic didasarkan pada huruf Yunani dengan beberapa tambahan untuk menyampaikan suara Slavia. Sistem ini kemungkinan dikembangkan di tahun 800-an oleh seorang murid St. Cyril, seorang misionaris Bizantium yang kemudian namanya dipakai untuk menyebut abjad Cyrillic.

Agama

Agama secara resmi dilarang selama bertahun-tahun oleh pemerintahan Soviet. Tapi orang Rusia secara historis adalah anggota Gereja Ortodoks Timur. Hari ini, sekitar 15 sampai 20 persen dari etnis Rusia menganggap diri mereka Kristen ortodoks.

Sebagian besar masyarakat Tatar dan minoritas lainnya di Federasi Rusia adalah Muslim. Rusia juga memiliki sejumlah besar orang-orang Yahudi, meskipun sebagian besar telah berimigrasi ke Israel dan Amerika Serikat. Rusia juga memiliki jumlah yang relatif kecil dari umat Budha di antara orang-orang Mongol dari Sungai Volga bawah (Kalmyks) dan di sekitar Danau Baikal (Buriats). Sebuah denominasi Baptis kecil adalah satu-satunya kelompok Protestan yang cukup besar. Di samping itu, ada juga kelompok evangelis yang lebih kecil, di antaranya adalah Pentakosta, Advent Hari Ketujuh, dan Saksi-Saksi Yehuwa.

Pendidikan

Di Rusia, pendidikan wajib bagi anak yang berusia antara 6 sampai 17 tahun. Hampir semua orang di atas usia 15 tahun dapat membaca dan menulis. Sekolah dari kelas satu sampai perguruan tinggi gratis. Namun, hanya sebagian kecil dari siswa terbaik yang mampu lulus ujian masuk universitas. Dari sekitar 40 perguruan tinggi di Rusia, Moscow State University di Moskow adalah yang terbesar.

Di bawah sistem Soviet, sekolah terkenal karena kurikulumnya yang sulit. Siswa unggul dalam sains, matematika, bahasa asing, pendidikan jasmani, dan seni. Tapi jatuhnya komunisme dan runtuhnya ekonomi Rusia secara dramatis telah mempengaruhi pendidikan. Sekolah saat ini kekurangan dana dan kekurangan materi. Seringkali pemerintah kesulitan membayar gaji guru.

Perpustakaan dan Museum

Hampir setiap kota atau desa di Rusia memiliki perpustakaan umum. Negara ini memiliki dua perpustakaan nasional, yakni Perpustakaan Nasional Rusia di St. Petersburg dan Perpustakaan Negara Rusia di Moskow. Perpustakaan terbesar di Siberia adalah Perpustakaan Universitas Negeri Tomsk.

Rusia memiliki beberapa museum terbaik di dunia. Moskow sendiri memiliki sekitar 100 museum. Contohnya adalah Museum Negara Kremlin Moskow dan Museum Seni Rupa Pushkin di Universitas Moskow. Lembaga terkemuka di kota-kota lain adalah Museum Seni Nizhniy Novgorod dan Galeri Seni Novosibirsk. Yang terakhir ini terkenal dengan koleksi ikon Rusia. Museum Hermitage Negara terletak di St. Petersburg. Ini adalah salah satu museum seni terbesar dan paling terkenal di dunia.

Cara Hidup

Sebagian besar orang Rusia adalah penduduk kota. Orang kota sebagian besar tinggal di apartemen. Keluarga Rusia khas terdiri atas suami istri pekerja dan satu atau dua anak. Seringkali, satu atau lebih kakek-nenek juga bisa hidup bersama keluarga. Meskipun memiliki sedikit kemewahan, kebanyakan rumah Rusia memiliki televisi dan peralatan listrik.

Sekitar seperempat dari penduduk Rusia tinggal di desa-desa yang tersebar di wilayah yang luas dari pedesaan. Sebagian besar desa-desa didirikan sebagai daerah pertanian kolektif atau negara selama era komunis. Hampir semua desa memiliki listrik tapi banyak yang kekurangan air mengalir. Air harus diambil dari sumur, seringkali letaknya agak jauh.

Makanan dan Minuman

Untuk orang Rusia di pedesaan, roti hitam dan sup kubis adalah makanan pokok. Di kota-kota, roti, kasha (terbuat dari buckwheat), dan sosis cukup digemari. Hidangan favorit lainnya adalah borscht (sup yang terbuat dari bit atau sayuran lainnya), daging sapi Stroganoff (dibuat dengan krim asam), bliny (pancake isi), dan golubtsy (daging dibungkus daun kubis).

Kaviar adalah santapan yang paling terkenal dan mahal di negara itu. Makanan ini selalu menikmati bila tersedia dan harganya terjangkau. Kaviar terbaik diperoleh dari roe (telur) dari sturgeon Laut Kaspia. Orang Rusia juga minum teh dan vodka. Air mineral lebih disukai sebagai air minum. Minuman ringan juga semakin populer.

Olahraga dan Rekreasi

Sepak bola adalah olahraga tim paling populer di Rusia, seperti di banyak negara lain. Popularitas sepak bola diikuti oleh basket, voli, dan hoki. Lapta adalah permainan populer mirip bisbol. Permainan ini telah dimainkan sejak lama dan disebutkan dalam literatur lama Rusia.

Orang Rusia juga menikmati olahraga dengan penonton, seperti tinju, gulat, ski, ice-skating, renang, dan senam. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah memberikan dukungan keuangan untuk berbagai tim olahraga dalam kompetisi internasional.

Bentang Alam

Daratan besar Rusia dibatasi pada dua sisinya oleh lautan, yakni Arktik di utara dan Pasifik di timur. Negara-negara tetangganya adalah Korea Utara, China, Mongolia, dan Kazakhstan di selatan; Azerbaijan dan Georgia di barat daya; Moldova, Ukraina, Belarus, Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia di barat; serta Finlandia dan Norwegia di barat laut.

Arktik utara memanjang dari Norwegia ke Selat Bering. Daerah ini terdiri atas tundra, banyak juga permafrost, atau tanah beku permanen. Tepat di bawah tundra dan membentang di seluruh negeri, hampir tidak terganggu oleh Pegunungan Ural yang berukuran sederhana, adalah sabuk hutan luas yang dikenal sebagai Taiga. Di selatan Taiga merupakan wilayah padang rumput luas, atau dataran. Dataran ini mengandung beberapa tanah paling subur di negara itu. Stepa mencapai selatan sejauh Laut Hitam dan Pegunungan Kaukasus dan meluas, lebih sempit, ke timur Pegunungan Ural. Di sana stepa menyatu ke dalam daerah semi-gurun Asia Tengah.

Lanskap Rusia ditandai dengan dataran luas, dataran tinggi berbatu, dan pegunungan yang menjulang tinggi. Bagian barat negara itu mencakup dua dataran yang luas, yaitu Dataran Rusia (atau Eropa) dan Dataran Siberia Barat. Dataran Rusia dipisahkan dari Dataran Siberia Barat oleh Pegunungan Ural. Daerah ini merupakan bagian dari batas tradisional antara Eropa dan Asia. Di timur, tanah naik ke Dataran Tinggi Siberia Tengah serta dataran tinggi dan pegunungan Siberia Timur.

Rusia di bagian Asia ukurannya berkali-kali lebih besar daripada Rusia di daerah Eropa. Tapi wilayah itu jauh lebih jarang penduduknya, karena iklimnya lebih keras dan tanahnya kurang subur.

Dataran Rusia

Dataran besar Rusia (atau Eropa) adalah wilayah Rusia paling barat. Diairi oleh Sungai Volga dan sungai Dvina Utara serta anak-anak sungainya, dataran ini meluas sampai Pegunungan Ural di timur jauh. Dataran Rusia adalah jantung Rusia yang memiliki tanah paling subur dan mendukung populasi terbesar.

Puncak tertinggi di negara itu terletak dalam wilayah ini, terutama di Pegunungan Kaukasus di sepanjang perbatasan selatan Rusia antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Dengan ketinggian 5.642 meter, Gunung Elbrus, di Pegunungan Kaukasus, merupakan puncak gunung tertinggi di Eropa.

Pegunungan Ural

Pegunungan Ural, bersama dengan Pegunungan Kaukasus di barat daya, membentuk batas-batas tradisional antara Eropa dan Asia. Gunung-gunung ini berhutan lebat dan kaya akan sumber daya mineral. Puncak tertinggi di antara keduanya adalah Gunung Narodnaya, setinggi 1.894 meter.

Secara historis, Ural yang relatif rendah bukanlah penghalang alami yang berguna terhadap invasi dari timur. Masyarakat nomaden dari Asia menyeberang ke Rusia di abad-abad awal, termasuk orang Mongol yang suka berperang.

Dataran Siberia Barat

Di timur Ural, Dataran Siberia Barat terus meluas sejauh Sungai Yenisey. Wilayah ini dibentuk oleh endapan glasial dari Zaman Es terakhir. Dataran ini berhutan dan berawa.

Dataran Tinggi Siberia Tengah

Dengan ketinggian 610 meter atau lebih di atas permukaan laut, Dataran Tinggi Siberia Tengah mencakup wilayah yang luas antara sungai Yenisey dan Lena.

Dataran Tinggi Siberia Timur

Lebih jauh ke timur adalah pegunungan dari Dataran Tinggi Siberia Timur dan medan bervariasi dari wilayah pesisir Pasifik. Pegunungan terbesar di wilayah ini adalah Kamchatka, Kolyma, dan Chukotskoye Nagor’ye.

Sungai dan Danau

Rusia memiliki jaringan luas sungai. Volga adalah sungai terpanjang di Eropa, mengalir 3,689 kilometer di Dataran Rusia, selatan Laut Kaspia. Dnieper adalah sungai terpanjang ketiga di Eropa, yang bermula di Rusia dan mengalir ke selatan ke Ukraina. Sungai-sungai besar lainnya di Rusia barat adalah sungai Don, Oka, dan Sukhona. Beberapa sungai lain mengalir ke utara ke Samudra Arktik, seperti sungai Dvina Utara dan Pechora di Eropa dan sungai Ob’, Yenisey, dan Lena di Asia. Sungai Amur merupakan bagian dari perbatasan dengan China yang mengalir ke Pasifik.

Dua danau terbesar di Eropa, Ladoga dan Onega, terletak dalam Rusia, tidak jauh dari St. Petersburg. Danau Baikal yang besar di Rusia Asia adalah danau terdalam di dunia. Danau ini diperkirakan mengandung seperlima dari semua air tawar di planet ini. Tapi danau ini terancam polusi. Rusia berbatasan dengan Laut Kaspia (sebenarnya adalah sebuah danau garam), perairan pedalaman terbesar di dunia, terletak di sebelah timur Kaukasus, di perbatasan antara Eropa dan Asia.

Iklim

Iklim Rusia berkisar dari utara beku hingga daerah subtropis kecil di selatan. Suhu rata-rata bulanan di tundra adalah 10 °C atau kurang, dan setidaknya delapan bulan dalam setahun suhunya ada di bawah titik beku. Curah hujan dan salju biasanya kurang dari 410 milimeter per tahun.

Taiga bisa lebih dingin. Suhu jatuh ke titik -68 °C di Verkhoyansk di Siberia, tempat terdingin di bumi di luar Antartika. Curah hujan bervariasi antara 200 hingga 500 milimeter per tahun. Di wilayah padang rumput di sekitar Moskow, pertanian bisa dilakukan. Tapi suhu tetap di bawah titik beku di sebagian besar tahun.

Sumber Daya Alam

Seberapa besar cadangan mineral bawah tanah Rusia yang luas masih belum diketahui. Namun dalam cadangan minyak bumi saja, Rusia setidaknya menempati urutan kedua di bawah wilayah Teluk Persia. Sebagian besar minyak bumi dan gas alam ditemukan di Siberia bagian barat, yang dibawa melalui pipa ke arah barat ke Eropa dan ke arah timur ke pantai Pasifik.

Rusia juga memiliki cadangan besar batubara dan bijih besi. Emas, bauksit (bijih aluminium), dan logam lainnya telah lama ditambang atau diketahui ada di tanah timur Ural. Rusia memiliki cadangan hutan terbesar dari negara manapun. Sungai Siberia yang deras merupakan sumber utama pembangkit listrik tenaga air.

Rusia memiliki berbagai macam hewan. Di utara ditemukan beruang kutub, anjing laut, musk ox, dan rusa. Taiga menjadi habitat rusa dan hewan berbulu kecil, seperti sable dan cerpelai. Di selatan ada serigala, rubah, berang-berang, rusa, dan beruang cokelat kecil. Harimau Siberia, ditemukan di sepanjang pantai Pasifik, adalah hewan yang dilindungi.

Ekonomi

Di sebagian besar era 1900-an, ekonomi Rusia dikontrol oleh negara. Di bawah komunisme, negara memiliki dan menguasai sumber daya ekonomi negara, mencakup perusahaan, tanah, dan sumber daya alam. Instansi pemerintah memutuskan barang apa yang akan diproduksi, berapa banyak biayanya, dan siapa yang bisa mendapatkannya. Kebijakan ekonomi ini membantu pertumbuhan industri dan mengubah ekonomi Rusia dari pertanian ke industri.

Pada tahun 1991, ekonomi Rusia jatuh bersama dengan Uni Soviet. Mata uang Rusia, rubel, tenggelam nilainya. Barang-barang tertentu langka; inflasi naik; dan standar hidup jatuh. Jutaan orang Rusia menderita kesulitan besar, termasuk kehilangan pekerjaan dan kekurangan pangan.

Sejak tahun 1991, ekonomi Rusia telah mengalami transisi yang sulit. Negara ini bergerak dari ekonomi terencana yang dikuasai oleh negara ke ekonomi pasar yang didasarkan pada kepemilikan pribadi. Pada tahun 1998, Rusia mengalami krisis keuangan yang parah. Setelah itu, ekonominya mulai membaik dan menguat, pertumbuhannya stabil.

Pemulihan itu sebagian besar adalah hasil dari reformasi aturan di bidang perbankan, tenaga kerja, dan kepemilikan pribadi, diikuti dengan kenaikan harga minyak. Saat perekonomian naik, kemiskinan menurun. Tapi hampir 16 persen orang Rusia masih hidup dalam kemiskinan.

Ekonomi Rusia adalah salah satu yang paling terpukul oleh krisis ekonomi global 2008-09. Harga minyak turun tajam dan bank-bank serta perusahaan Rusia sulit untuk memperoleh dana asing yang sangat dibutuhkan.

Jasa

Hampir 60 persen dari PDB Rusia dihasilkan oleh industri jasa. Sektor jasa swasta utama adalah perdagangan besar dan eceran, perbankan dan asuransi, serta transportasi dan komunikasi. Pelayanan publik meliputi pendidikan dan perawatan kesehatan. Wisata berkontribusi untuk berbagai industri jasa lainnya.

Manufaktur

Lebih dari 35 persen dari PDB Rusia berasal dari industri manufaktur. Selain industri berbasis sumber daya alam, seperti minyak, Rusia juga memproduksi logam, produk makanan, dan peralatan transportasi.

Pertanian

Pertanian menyumbang lebih dari 5 persen dari PDB. Di utara, ada daerah peternakan. Di wilayah selatan dan barat, petani berkonsentrasi menanam biji-bijian, seperti rye, barley, oat, dan gandum. Tanaman komersial yang paling menonjol adalah gula bit, biji bunga matahari, dan sayuran. Sapi dipelihara untuk diambil dagingnya dan membuat produk susu.

Energi

Rusia memenuhi lebih dari setengah dari kebutuhan energinya dari gas alam. Negara ini juga menggunakan minyak dan batubara, dan pada tingkat yang jauh lebih rendah, tenaga nuklir dan tenaga air. Pemerintah berencana untuk memperluas kapasitas pembangkit listrik tenaga nuklir dan air agar bisa meningkatkan penjualan minyak dan gas alam ke luar negeri.

Pertambangan

Cadangan minyak Rusia diperkirakan mencapai 60 miliar barel, yang sebagian besar terletak di Siberia bagian barat. Negara ini merupakan salah satu produsen gas alam terbesar di dunia. Gazprom, monopoli gas alam yang dikelola negara, menghasilkan hampir 90 persen gas alam Rusia. Rusia juga memiliki cadangan batubara terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Sebagian besar produksi batubara dalam negeri Rusia berasal dari produsen swasta.

Perdagangan

Ekspor minyak, gas alam, logam, dan kayu sangat penting bagi perekonomian Rusia. Impor meliputi mesin dan peralatan, barang-barang konsumsi, obat-obatan, dan daging.

Transportasi

Rusia memiliki jaringan kereta api yang luas, tapi juga sangat membutuhkan perbaikan. Jaringan ini meliputi Jalur Kereta Api Trans-Siberia, jalur kereta api terpanjang di dunia. Trans-Siberia membentang di antara Moskow dan pelabuhan pantai Pasifik Vladivostok. Hampir setengah dari semua barang dibawa oleh truk, terlepas dari kondisi jalan raya yang umumnya buruk. Sekitar sepertiganya diangkut dengan kereta api dan sisanya dengan air dan pipa.

Kapal melayani transportasi perairan dalam negeri dan internasional. Rusia memiliki garis pantai yang sangat besar, tapi banyak yang masih terkepung oleh es selama berbulan-bulan dalam setahun. Hal ini membatasi pengiriman. Satu-satunya pelabuhan bebas es dengan akses ke laut terbuka sepanjang tahun adalah Murmansk. Tempat ini ada di dekat perbatasan dengan Norwegia. Pelabuhan utara lainnya hanya bisa dibuka dengan kapal penghancur es.

Komunikasi

Rusia memiliki banyak stasiun televisi dan radio. Surat kabar utama meliputi Izvestia, Moskovsky Komsomolets, Nezavisimaya Gazeta, dan harian berbahasa Inggris The Moscow Times. Ada sekitar 59 juta pengguna internet.

Kota-kota Besar

Moskow, yang didirikan pada tahun 1100, adalah ibukota Kepangeranan Besar Muscovy selama berabad-abad sebelum Kekaisaran Rusia didirikan pada tahun 1721. Moskow juga menjadi ibukota Uni Soviet pada tahun 1918 dan Federasi Rusia pada tahun 1991. Kota ini dibakar selama invasi Perancis atas Rusia pada tahun 1812. Tetapi banyak bagian dari kota ini yang dilestarikan, dan Moskow masih memiliki banyak monumen dan peninggalam dari masa tsar.

St. Petersburg dibangun di atas rawa oleh Tsar Peter Agung, yang dimulai pada tahun 1703. Kota ini berfungsi sebagai ibukota Rusia dari tahun 1712 sampai 1918. Pada tahun 1924, namanya diubah menjadi Leningrad, sesuai nama pemimpin Komunis, Lenin. Tapi nama aslinya dikembalikan pada tahun 1991. St. Petersburg masih sedikit menyerupai kota indah di tahun 1700-an, lengkap dengan kanal-kanal yang menginspirasi julukannya, Venesia dari Utara.

Nizhniy Novgorod, sebelumnya dikenal sebagai Gorki, merupakan salah satu kota industri Rusia yang paling penting. Kota ini didirikan pada tahun 1221 di tepi selatan Sungai Volga sekitar 400 kilometer di timur Moskow. Novosibirsk merupakan pusat industri utama di Rusia Asia. Kota ini menjadi makmur sebagai ujung dari Jalur Kereta Api Trans-Siberia. Terletak di Sungai Ob’, Novosibirsk adalah produsen utama baja dan peralatan pertambangan.

Yekaterinburg, atau Ekaterinburg, adalah pusat pertambangan utama lain di sepanjang rute Trans-Siberia. Kota ini didirikan sebagai benteng pada tahun 1721 dan dinamai sesuai nama Ratu Catherine I, istri Peter Agung. Czar Nicholas II dan keluarganya ditahan di sana dan dieksekusi pada tahun 1918. Volgograd dulu dikenal sebagai Stalingrad. Kota ini adalah pusat industri dan ujung timur Kanal Volga-Don. Didirikan sebagai benteng Rusia pada tahun 1589, kota ini adalah situs dari salah satu pertempuran paling penting melawan Jerman selama Perang Dunia II di tahun 1942.

Warisan Budaya

Di sebagian besar sejarah awal Rusia, budayanya sebagian besar religius secara alami. Seni Rusia, khususnya, ditandai dengan tema-tema keagamaan. Hal ini terutama terjadi selama Abad Pertengahan, ketika penciptaan ikon, atau lukisan keagamaan pada kayu, berkembang. Musik vokal tanpa pendamping adalah bagian dari ibadah Ortodoks Timur.

Arsitektur Rusia sangat dipengaruhi oleh Kekaisaran Bizantium, yang berpusat di Konstantinopel (Istanbul modern). Bentuk seni dan sastra Barat diperkenalkan pada tahun 1700-an. Pada akhir tahun 1800 dan awal 1900-an, penyair, novelis, dramawan dan sutradara, pelukis, komposer, musisi, dan penari balet dan koreografer Rusia telah memperoleh pengakuan dunia.

Pemerintah

Pemerintah Federasi Rusia didasarkan pada konstitusi yang telah disetujui oleh suara rakyat pada tahun 1993, menggantikan konstitusi 1978 yang telah berkali-kali diubah. Negara ini dibagi menjadi 49 oblast, atau divisi administratif.

Kepala negara Rusia adalah presiden. Presiden dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun. Perdana menteri berfungsi sebagai kepala pemerintahan. Dewan Keamanan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Konstitusi 1993 memperkuat kekuasaan presiden. Ia bisa mengangkat dan memberhentikan perdana menteri (dengan persetujuan parlemen), memiliki hak veto atas undang-undang, dan membubarkan parlemen.

Cabang legislatif terdiri atas parlemen yang disebut Majelis Federal, yang terdiri atas dua rumah, yakni Dewan Federasi dan Duma Negara. Dewan Federasi memiliki 178 deputi, masing-masing dua dari 89 republik, wilayah, dan divisi administratif lain dari Federasi Rusia. Duma Negara memiliki 450 anggota. Setengah dari mereka dipilih dari konstituensi anggota tunggal dan setengah menurut perwakilan proporsional oleh berbagai partai politik.

Sistem peradilan Rusia terdiri atas Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, dan Pengadilan Tinggi. Semua hakim diangkat seumur hidup oleh Dewan Federasi atas rekomendasi dari presiden.

3 thoughts on “Profil Lengkap Negara Rusia

  • 03/10/2015 at 9:45 am
    Permalink

    kalau letak astronomisnya

    Reply
  • 08/06/2016 at 10:06 pm
    Permalink

    beda berapa jam denagn balikpapan indonesia ? Tks

    Reply

Komentar Anda