Perkiraan Biaya Hidup di Jerman Yang Harus Kalian Ketahui


Biaya Hidup di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Maka jangan heran kalau banyak orang dari seluruh dunia mencari kehidupan yang lebih baik di Jerman. Setelah Amerika, Jerman menjadi tujuan migrasi terpopuler kedua.

Jerman

Bagi mahasiswa yang mencari universitas kelas dunia dengan biaya terjangkau, Jermanlah tempatnya. Karena di sini kalian bisa menemukan unversitas yang menggratiskan biaya kuliah. Jerman semakin menarik karena menjanjikan kualitas hidup yang sangat baik dan juga terdapat berbagai macam program menarik seperti ausbildung Jerman, Aupair, dll.

Tapi seperti negara barat lainnya, biaya hidup di Jerman masih terasa tinggi. Walaupun sebenarnya pengeluaran tiap orang bisa berbeda-beda, tergantung di kota mana kalian tinggal serta gaya hidup.

Biaya Hidup di Jerman yang Perlu Dipersiapkan

Nah bagi kalian yang berminat untuk kerja di Jerman, kuliah, atau sekedar magang ke Jerman, berikut ini beberapa komponen biaya hidup yang harus dipenuhi tiap bulannya.

1. Tempat tinggal

Salah satu yang menentukan seberapa mahal biaya hidup adalah memilih kota tempat tinggal. Seperti juga di Indonesia, sewa tempat tinggal akan lebih mahal kalau kalian tinggal di kota-kota besar.

Kalian harus merogoh kocek lebih dalam saat harus tinggal di kota-kota besar seperti Munich, Frankfurt, Hamburg, Stuttgart, Cologne, maupun Berlin. Budget yang harus disiapkan bisa lebih rendah kalau tinggal di kota yang lebih kecil seperti Leipzig, Dresden, Jena, maupun Bremen.

Untuk profesional yang tinggal di tengah kota besar, mereka biasa menyewa apartemen dengan satu kamar tidur seharga € 750 hingga 1000 per bulan. Harga sewa bisa mendekati € 750 per bulan kalau mereka membawa keluarga dan menyewa apartemen dengan tiga kamar tidur.

Sedangkan sewa kamar di rumah pribadi (biasanya untuk mahasiswa), kalian cukup menyiapkan anggaran sekitar € 300 per bulan. Banyak juga yang menyediakan persewaan kamar dengan tarif lebih murah lagi.

Mahasiswa biasanya punya banyak cara untuk menghemat biaya sewa kamar. Mereka bisa tinggal di student residence atau dengan cara room sharing (berbagi kamar).

Cara lain untuk mendapat harga sewa lebih murah adalah dengan memilih tempat tinggal yang lokasinya di luar kota atau pinggiran. Jerman memiliki sistem transportasi publik yang sangat baik, sehingga kalian tidak akan kesulitan untuk bekerja atau kuliah.

2. Bahan makanan

Hidup di Jerman

Makan adalah kebutuhan utama bagi siapapun. Untungnya harga bahan makanan di Jerman bisa dibilang sangat terjangkau. Kalian bisa membeli susu, keju, roti, buah-buahan, dll dan makan sepuasnya. Sehingga jauh lebih hemat kalau kalian masak dan sarapan di rumah. Untuk membeli bahan makanan, € 100 cukup untuk makan sebulan.

Sedangkan makan di luar bisa sangat tidak menguntungkan pendatang. Karena restoran di Jerman terkenal sangat mahal. Makan di restoran Jerman bisa menghabiskan € 10 per sekali makan. Selain itu, kalian juga diharapkan memberi uang tip pada pelayan.

3. Transportasi

Bagi ekspatriat yang tinggal di Jerman, mereka tidak perlu memiliki mobil sendiri. Mengemudi sendiri tidak murah, terutama karena biaya asuransi dan harga bahan bakar di Jerman yang sangat mahal.

Selain itu, Jerman juga dikenal dengan sistem transportasinya yang sangat modern. Kereta menjadi cara tercepat untuk keliling Jerman. Pilihan lainnya adalah dengan bus. Kalian bisa membeli tiket bulanan seharga € 60 hingga € 90

Khusus untuk mahasiswa, biaya transportasi biasanya sudah masuk dalam administrative fee yang dibayarkan tiap semester. Sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi di sekitar kampus.

4. Lain-lain

Untuk telepon dan koneksi internet, biaya per bulannya sekitar € 30. Kalau kalian ingin melengkapinya dengan berlangganan TV kabel, kalian bisa menambah € 15.

Orang asing yang tinggal di Jerman juga wajib memiliki asuransi kesehatan. Premi asuransi tiap orang berbeda-beda tergantung usia, tingkat kesehatan, serta jenis pertanggungan yang dibutuhkan. Untuk asuransi umum, premi yang dibayar berkisar € 80 per bulan.

Lalu berapa anggaran yang dibutuhakan untuk memenuhi kebutuhan hidup per bulan. Di luar sewa kamar, kita bisa memperkirakan bahwa setidaknya dibutuhkan € 500 per bulan untuk hidup nyaman di Jerman. Sedangkan untuk sewa kamar, perbedaan harga sewa bisa sangat signifikan. Tergantung spesifikasi, lokasi, maupun fasilitas yang diminta.

Demikian tadi rincian komponen biaya hidup di Jerman. Walau biaya hidupnya terlihat mahal, tapi Jerman juga menawarkan lapangan kerja yang luas dengan penghasilan tinggi. Bahkan apapun profesinya, kalian akan dihargai tinggi di Jerman. Jadi gimana, tertarik untuk tinggal di Jerman?.

Komentar Anda