Profil Singkat Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) adalah salah satu negara terkaya dan terkuat di dunia. Produk domestik bruto (PDB) AS hampir dua kali lipat dari negara-negara lain. Dalam hal populasi, Amerika Serikat menempati urutan ketiga, setelah China dan India. Dari segi luas wilayah, AS menempati urutan keempat, setelah Federasi Rusia, Kanada, dan China.

Foto Negara Amerika Serikat

Penduduk

Amerika Serikat memiliki lebih dari 313 juta penduduk. Mereka mewakili hampir setiap ras, bahasa, dan bangsa dunia. Banyak bagian dari Amerika Serikat dulu dikenal dengan karakteristik berbeda. Misalnya, New England dahulu adalah rumah bagi orang Yankees yang pekerja keras dan. Daerah Selatan terkenal dengan keanggunannya atau bahkan perbudakan, sementara Barat terkenal sebagai daerah liar. Hari ini perbedaan itu telah sangat memudar.

Jaringan rel kereta api, jalan raya, dan penerbangan telah menyatukan negara ini. Acara televisi dan film ditampilkan serentak di seluruh penjuru negeri. Dan orang-orang telah pindah dari satu daerah ke daerah lain di Amerika Serikat. Setidaknya 10 persen orang Amerika bergerak pada suatu tahun tertentu.

Selama berabad-abad, kebanyakan orang Amerika bekerja di atau di sekitar daerah pertanian. Saat ini, hanya tinggal seperempat penduduk Amerika yang tinggal di daerah pedesaan. Banyak orang memilih tinggal di pinggiran kota yang bisa ditempuh dengan perjalanan selama satu jam dari kota-kota besar.

Bentang Alam

49 dari 50 negara bagian Amerika Serikat ada di Amerika Utara. Negara bagian “Lower 48” membentang dari Atlantik hingga Samudera Pasifik. Kanada ada di utara, dan Meksiko ada di selatan Amerika Serikat. Alaska adalah negara ke-49, berbentuk semenanjung kasar di sudut barat laut benua.

Hawaii, negara bagian ke-50, terletak di Samudera Pasifik. Negara bagian ini terletak sekiar 3.900 kilometer di sebelah barat kota San Francisco, California. Tiga wilayah yang luas membentuk negara bagian “Lower48”. Dataran tinggi ada di timur, pegunungan membentang di barat, dan dataran luas terletak di antaranya. Daerah ini mengandung banyak wilayah yang lebih kecil.

Coastal Plain (Dataran Pesisir) terbentang di sepanjang pesisir timur dari tenggara Massachusetts ke timur Texas. Bagian terluas dari dataran ini berbatasan dengan Teluk Meksiko. Pegunungan Appalachia membentang dari utara Maine dan meluas hingga ke tengah Alabama. Wilayah yang luas ini mencakup pegunungan White Adirondack, Green Adirondack, Blue Ridge, Allegheny, dan Great Smoky.

Central Lowland terletak di sebelah barat Pegunungan Appalachia. Daerah ini memiliki dataran subur dan bukit-bukit berhutan. Dataran tingginya kaya akan batubara, bijih besi, dan sumber daya alam lainnya. Great Plains ada di barat dataran Central Lowland. Datarannya luas, berupa padang rumput tanpa pepohonan. Di beberapa daerah ada sandhill (bukit pasir), badland (daerah terkikis), dan kelompok pegunungan yang terisolasi, seperti Black Hills di South Dakota.

Pegunungan Rocky membentuk sistem gunung terbesar di negara itu. Pegunungan ini menutupi sebagian besar wilayah delapan negara bagian Barat. Pegunungan Rocky umumnya tinggi dan berbatu, serta memiliki cadangan mineral berharga dan hutan. Dataran tinggi terletak di antara Pegunungan Rocky dan Pacific Mountain System (Sistem Gunung Pasifik). Tiga area membuat daerah ini tinggi dan kering, yakni Dataran Tinggi Columbia, Dataran Tinggi Colorado, dan Basin and Range Province.

Pacific Mountain System memiliki tiga wilayah. Pegunungan Cascade adalah jaringan kasar dari pegunungan vulkanis yang memanjang dari California utara ke Kanada. Sierra Nevada (bahasa Spanyol untuk “pegunungan bersalju”) terletak di selatan Cascade. Pacific Coastal Region terletak di antara Samudera Pasifik dan pegunungan.

Alaska adalah negara bagian terbesar. Wilayah pesisirnya lebih besar dari seluruh pesisir Atlantik. Gunung McKinley, di Pegunungan Alaska, adalah puncak gunung tertinggi di Amerika Utara. Hawaii adalah rantai pulau vulkanik yang membentang lebih dari 2.400 kilometer. Ada delapan pulau utama di sana.

Sungai dan Danau

Tiga sungai besar dari Amerika Serikat tengah bermuara di Teluk Meksiko. Sungai-sungai itu adalah Mississippi, Missouri, dan Ohio. Sejauh ini, sistem sungai ini mengaliri wilayah terbesar dari Amerika Serikat. Danau alam terbesar di Amerika Serikat adalah Great Lakes (Danau Besar), yakni Danau Michigan, Superior, Huron, Erie, dan Ontario.

Iklim

Iklim di Amerika Serikat sangat bervariasi. Alaska utara sangat dingin. Florida selatan dan Hawaii semi tropik. Antara dua titik ekstrem ini terdapat banyak iklim yang berbeda.

Tumbuhan dan Hewan

Negara-negara bagian Timur memiliki hutan hardwood dan konifer. Hutan Barat sebagian besar adalah konifer. Padang rumput menutupi dataran pedalaman. Gurun semak tumbuh di wilayah antar gunung. California selatan memiliki hutan scrub, dengan pohon-pohon kerdil dan semak-semak.

Ratusan spesies mamalia, reptil, burung, dan hewan lainnya ditemukan di Amerika Serikat. Predator besar meliputi beruang, serigala, dan singa gunung. Rusa, kijang, dan bison adalah salah satu hewan merumput yang banyak di Amerika Serikat.

Sumber Daya Alam

Amerika Serikat memiliki tanah yang subur, hutan yang luas, dan mineral yang melimpah. Bagian tengah negara ini memiliki beberapa tanah pertanian terbaik di dunia. Batubara ditambang di setengah wilayah dari 50 negara bagian. Amerika Serikat juga merupakan produsen utama minyak bumi, gas alam, bijih besi, dan mineral lainnya.

Kota-kota Besar

Kebanyakan orang Amerika tinggal di kota dan daerah di sekitarnya. Lima kota terbesar memiliki populasi gabungan lebih dari 18 juta. Kota-kota itu adalah New York City di New York, Los Angeles di California, Chicago di Illinois, Houston di Texas, dan Phoenix di Arizona.

New York City memiliki lebih dari 8,3 juta penduduk. Kota ini memimpin kota-kota AS lain dalam hal jasa seperti periklanan dan keuangan. Los Angeles memiliki lebih dari 3,8 juta penduduk. LA merupakan pusat komersial dan pusat produksi film dan televisi paling utama di Amerika.

Chicago memiliki lebih dari 2,8 juta penduduk. Kota ini merupakan pusat utama untuk jasa kereta api, jalan raya, pengiriman, dan maskapai. Dan Chicago adalah salah satu pusat komersial tersibuk di Amerika. Houston memiliki lebih dari 2 juta penduduk. Kota ini berfungsi sebagai pelabuhan utama di Teluk Meksiko. Houston juga merupakan pusat penting bagi agribisnis (industri yang terkait dengan pertanian) dan industri minyak bumi.

Phoenix memiliki lebih dari 1,5 juta penduduk. Ini adalah ibu kota Arizona dan daerah resor populer. Phoenix juga merupakan pusat komersial utama. Washington, D.C. adalah ibukota Amerika Serikat. Kota ini bukan bagian dari negara bagian manapun, melainkan bagian dari sebuah distrik federal, District of Columbia.

Warisan Budaya

Amerika memiliki sejarah panjang dalam bidang musik, sastra, dan seni lainnya. Pelukis, pematung, dan arsitek Amerika telah memberikan kontribusi signifikan untuk seni dunia. Penulis-penulis Amerika memiliki pengaruh penting pada sastra dunia. Komposer Amerika telah menulis berbagai bentuk musik. Jazz, yang bermula sebagai musik Afrika-Amerika, benar-benar merupakan sebuah penemuan Amerika. New York City adalah jantung teater Amerika Serikat. Hollywood, di Los Angeles, dikenal sebagai ibukota pembuatan film dunia.

Masa Depan

Orang Amerika menikmati banyak kebebasan, termasuk kebebasan untuk mengekspresikan ide-ide mereka. Standar hidup di Amerika Serikat adalah salah satu yang tertinggi di dunia. Tapi banyak masalah tetap belum terpecahkan. Di antaranya adalah kemiskinan dan diskriminasi. Kualitas pendidikan dan biaya perawatan kesehatan juga menjadi perhatian. Begitu juga lingkungan. Namun, orang Amerika tetap optimis bahwa negara mereka akan menjadi pemimpin dunia, sebagaimana selama ini Amerika Serikat dikenal sebagai negara adidaya.

0 thoughts on “Profil Singkat Negara Amerika Serikat

  • 11/28/2014 at 3:25 pm
    Permalink

    sudah bagus sih tapi kurang lengkap

    Reply

Komentar Anda