Profil Lengkap Negara China

China adalah negara terbesar di Asia dan terbesar ketiga di dunia, hanya Rusia dan Kanada yang lebih besar. China memiliki penduduk lebih dari 1,3 miliar orang. Angka itu membentuk hampir 23 persen dari populasi dunia. Empat dari penemuan-penemuan terbesar dunia -mesiu, kompas magnetik, kertas, dan percetakan- dikaitkan dengan China. Benda-benda itu digunakan di China jauh sebelum dikenal di Barat.

Foto Tembok Besar China

Di sebagian besar dari sejarah panjangnya, China diperintah oleh seorang kaisar dengan bantuan birokrat terpelajar. Di bawah kaisar, China memiliki periode kemakmuran dan pemerintahan yang baik, di samping juga penurunan ekonomi dan kerusuhan politik. Ketika masalah negara menjadi terlalu besar, rakyat akan memberontak. Seorang kaisar baru akhirnya akan muncul dari perselisihan sipil dan membentuk dinasti baru, atau penguasa dalam negeri.

China memiliki banyak dinasti. Beberapa darinya berlangsung selama beberapa abad. Lainnya memegang kekuasaan selama beberapa dekade atau bahkan kurang. Dinasti pertama yang memerintah kerajaan bersatu adalah Qin (awalnya dieja Ch’in, asal nama “China”), didirikan pada tahun 221 SM. Dinasti terakhir adalah Qing, atau Manchu, yang berlangsung pada tahun 1644-1912.

China memiliki beberapa kontak penting dengan Barat sampai pertengahan tahun 1800-an. Pada saat itu, China sedang memasuki salah satu penurunan berkala. Sementara Barat sedang mengalami kemajuan teknologi yang cepat, dan negara-negara Eropa jauh lebih kuat daripada China. Ketika China menolak upaya Eropa untuk membuka pelabuhan guna memperluas perdagangan, Eropa menduduki wilayah China secara paksa.

Kekalahan militer China oleh Barat mempercepat penurunan kekaisaran. Ketika dinasti Qing digulingkan pada tahun 1912, ia digantikan oleh republik. Pada tahun 1949, setelah Perang Dunia II dan perang saudara yang pahit, Partai Komunis China mendirikan Republik Rakyat China.

Penduduk

Sebagian besar orang China termasuk ke dalam kelompok etnis yang disebut Han. China memiliki 55 kelompok etnis lain dalam berbagai jumlah. Mereka meliputi etnis Zhuang, yang tinggal di barat daya dan secara budaya dekat dengan Han, dan etnis Uighur di barat laut, yang berbicara dalam bahasa Turki dan beragama Islam. Ada juga etnis Hui, yang merupajan etnis Han China Muslim; orang Tibet, yang mendiami dataran tinggi Tibet yang luas di barat; dan orang Mongol, yang tinggal di Nei Monggol (Mongolia Dalam).

Bahasa

Mandarin China adalah bahasa lisan resmi China. Mandarin adalah salah satu dari delapan dialek utama dan banyak dialek kecil lainnya yang membentuk bahasa China. Dialek bervariasi secara regional dalam pengucapan suku kata yang sama, atau bunyi ujaran. Selain Mandarin, dialek lainnya termasuk Wu (Shanghaiese) dan Yue (Kanton).

Tulisan China didasarkan pada simbol, yang disebut ideografi atau karakter, bukan suara. Karakter ini diucapkan secara berbeda oleh dialek yang berbeda, tapi maknanya sama. Dengan demikian, semua orang Tionghoa yang melek huruf dapat membaca koran dan buku yang sama. Bahasa China memiliki lebih dari 40.000 karakter yang berbeda. Kebanyakan jarang digunakan. Namun, seseorang harus memahami 3.000 sampai 5.000 karakter agar bisa membaca koran.

Ada beberapa cara untuk menulis bahasa China dalam alfabet Romawi. Republik Rakyat China menggunakan sistem yang disebut pinyin. Ini adalah metode yang paling banyak digunakan saat ini. Sistem lain yang digunakan sampai sekitar tahun 1980 disebut Wade-Giles.

Reformasi Bahasa

Karena karakter China sangat sulit dipelajari, pemerintah memperkenalkan sistem karakter yang disederhanakan pada tahun 1950-an. Sistem baru ini menggunakan coretan lebih sedikit untuk menulis sebagian besar karakter. Hal ini membuat bahasa tulisan lebih mudah untuk dipelajari. Anak-anak di sekolah belajar karakter untuk kata dan pinyin. Hasilnya, tingkat melek huruf di China telah meningkat.

Masalah dari Bahasa Abjad

Upaya untuk menyederhanakan bahasa lebih lanjut dengan menggunakan alfabet Romawi belum berhasil. Hal ini disebabkan bahasa China adalah bahasa tonal yang memiliki suara lebih sedikit dari bahasa lain. Alfabet Romawi mempersulit pembedaan makna yang disajikan dalam karakter. Selain itu, pengenalan ejaan abjad akan membuat seseorang tidak mungkin bisa membaca tulisan-tulisan China dari masa lalu. Banyak orang China khawatir bahwa hal ini akan mengakibatkan hilangnya warisan sastra negara yang diciptakan berabad-abad lalu.

Agama

Beberapa agama dianut di China oleh sebagian kecil orang. Taoisme, Budha, dan Islam masing-masing dianut oleh sekitar 3 persen dari populasi. Sekitar 1 persen dari populasi adalah orang Kristen.

Secara resmi, China adalah sebuah negara ateis (yang menolak keberadaan Tuhan). Ketika Komunis berkuasa pada 1949, mereka menekan agama dan menganiaya banyak pemeluk agama. Tapi sejak tahun 1978, pemerintah China telah meliberalisasi kebijakan tentang agama. Kuil Budha dan Tao, gereja-gereja Kristen, dan masjid Islam telah dibuka kembali. Pada awal 2000-an, China memiliki sekitar 100 juta umat Budha, 20 juta umat Islam, 5 juta umat Katolik, dan 10-15 juta umat Protestan.

Sekte agama

Selain agama-agama besar itu, China secara tradisional memiliki banyak sekte kecil. Pada saat terjadi gejolak, sekte ini sering tumbuh dan berusaha untuk menantang kekuasaan pemerintah. Pemerintah China di sepanjang sejarah telah mencoba untuk menghapus sekte tersebut. Setelah tahun 1949, Partai Komunis menyatakan mereka ilegal.

Dalam beberapa tahun terakhir, sekte ini telah hidup kembali. Yang paling terkenal disebut Falun Gong, atau Falun Dafa. Pengikutnya bermeditasi dan melakukan latihan fisik, dan pemimpin kelompok itu mengklaim kekuatan magis. Pemerintah China telah menekan dan menangkap banyak praktisi sekte itu.

Pendidikan

Sembilan tahun sekolah gratis dan wajib di China. Sistem pendidikan negara terdiri atas enam tahun sekolah dasar dan tiga tahun sekolah menengah pertama. Setelah sekolah menengah pertama, siswa dapat melanjutkan ke sekolah kejuruan atau sekolah menengah atas yang lebih tradisional. Pendidikan tinggi dibagi menjadi akademi dua tahun dan perguruan tinggi empat tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, perhatian ditekankan pada pengembangan sistem pendidikan yang akan memungkinkan China untuk bergerak dengan lancar dari masyarakat pertanian ke industri. Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin ditekankan.

Perpustakaan dan Museum

Perpustakaan Nasional China di Beijing, ibukota China, berisi koleksi besar dokumen sejarah. Dokumen dari dinasti Ming (1368-1644) dan Qing (1644-1912) disimpan di Arsip Sejarah Pertama di Beijing. Dokumen dari periode Republik (1912-1949) disimpan di Arsip Sejarah Kedua di Nanjing.

China memiliki berbagai museum. Di luar Xi’an ada Museum Tentara Terra Cotta Qin. Museum ini dibangun di atas lubang galian yang berisi ribuan patung prajurit terra-cotta dan kuda berukuran asli yang dibuat lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Patung-patung itu menjaga makam kaisar pertama Dinasti Qin, yang meninggal pada tahun 210 SM.

Terletak di tengah-tengah Beijing adalah Kota Terlarang, berisi koleksi bangunan yang merupakan rumah bagi kaisar dari dinasti Ming dan Qing. Situs ini disebut Kota Terlarang karena mereka yang bukan anggota rumah tangga kekaisaran dilarang masuk. Kota Terlarang ini dikelilingi oleh tembok besar dan berisi banyak istana, kuil, dan pelataran. Museum Shanghai berisi artefak arkeologis dan seni rupa. Temuan arkeologi lokal, peninggalan bersejarah, dan seni berharga disimpan di berbagai museum lain di kota-kota di seluruh China.

Kehiduan Masyarakat

Kehidupan Pedesaan

Kebanyakan orang China adalah petani yang tinggal di desa-desa kecil. Standar hidup mereka umumnya lebih rendah dibandingkan dengan penduduk kota. Sebagian besar rumah memiliki listrik dan televisi. Tapi air minum dan pendidikan bagi anak-anak tetap sulit bagi banyak orang. Saat pertanian menjadi kurang penting bagi perekonomian China, banyak petani meninggalkan pedesaan dan pindah ke kota-kota untuk bekerja di industri.

Kehidupan Kota

Di daerah perkotaan, orang tinggal di apartemen dan bekerja di salah satu dari banyak industri yang berkembang. Hampir setiap keluarga memiliki televisi dan beberapa peralatan modern. Beberapa orang memiliki mobil sendiri.

Kehidupan Keluarga

Keluarga adalah unit sosial yang paling penting di China. Orang tua tidak lagi mengatur pernikahan anak-anaknya, terutama di daerah perkotaan. Tetapi hanya sedikit orang China yang menikah tanpa persetujuan orang tua mereka. Karena penduduk China begitu besar, keluarga perkotaan didorong untuk memiliki hanya satu orang anak. Di daerah pedesaan, keluarga umumnya diperbolehkan untuk memiliki dua anak, dan beberapa bahkan lebih. Sepasang kakek-nenek sering tinggal bersama keluarga.

Makanan dan Minuman

Jenis makanan dan cara mempersiapkannya bervariasi, tergantung masing-masing wilayah China. Orang-orang di bagian selatan negara itu bergantung pada beras sebagai makanan pokok mereka. Orang-orang di utara kebanyakan makan produk gandum. Provinsi seperti Sichuan dan Hunan dikenal karena makanan pedas dan berbumbu mereka. Makanan Guangdong cenderung lebih ringan. Semua makanan dimakan dengan sumpit.

Teh adalah minuman yang paling populer di China. Tapi minuman ringan dan kopi menjadi populer di kota-kota. Untuk jamuan makan, banyak tuan rumah memberikan arak putih yang keras dari cangkir seukuran ibu jari.

Hari Libur Nasional dan Festival

Banyak festival tradisional China terikat dengan kalender lunar (bulan). Yang paling penting adalah Hari Tahun Baru, yang oleh Komunis disebut sebagai Festival Musim Semi. Tahun Baru China bisa jatuh kapan saja dari akhir Januari sampai awal Februari. Liburan berlangsung selama beberapa hari, dan itu adalah waktu bagi pesta, makanan lezat, dan kunjungan kerabat dan teman.

Festival Qing Ming adalah waktu untuk menghormati orang mati, dipraktekkan di wilayah pedesaan di China. Selama waktu ini, keluarga mengunjungi makam leluhur mereka. Mereka menyapu dan membersihkan kuburan dan memberikan hadiah simbolis berupa makanan dan minuman.

Festival Perahu Naga, yang jatuh pada hari kelima bulan kelima lunar (biasanya menjelang akhir Mei), memperingati kematian penyair Qu Yuan. Pada 277 SM, Qu Yuan memilih menenggelamkan dirinya di sungai daripada mengkhianati kaisarnya. Event ini dirayakan dengan lomba perahu yang melambangkan upaya untuk menyelamatkan nyawa si ​​penyair.

Setelah Komunis berkuasa pada 1949, liburan baru diperkenalkan. Yang paling penting adalah Hari Nasional, dirayakan pada 1 Oktober, adalah hari Mao Zedong berdiri di Gerbang Kedamaian Surgawi di Beijing dan memproklamirkan berdirinya Republik Rakyat China.

Olahraga dan Rekreasi

Sampai saat ini, ping-pong adalah olahraga nasional China. Beberapa bentuk catur China juga populer. Orang tua sering pergi ke taman di pagi hari untuk melakukan bentuk latihan gerak lambat yang disebut tai qi chuan. Setelah tahun 1978, banyak olahraga Barat, seperti basket, menjadi populer. Hari ini China menduduki peringkat yang baik di Olimpiade dan telah memenangkan medali emas dalam cabang olahraga seperti renang, selam, dan senam.

Bentang Alam

China terletak di Asia timur dan dibatasi di timur oleh Laut China Timur, Laut Kuning, dan Laut China Selatan. 14 negara berbatasan di sebelah utara, barat, dan selatan. Mereka adalah Korea Utara, Rusia, Mongolia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Afghanistan, India, Pakistan, Nepal, Bhutan, Myanmar, Laos, dan Vietnam. Lebih dari sepertiga wilayah China adalah pegunungan. Dan sebagian lahannya berpenghuni. Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia, memiliki ketinggian 8.848 meter di perbatasan China dengan Nepal.

Sebagian besar orang China tinggal di bagian timur negara -di sepanjang pantai, di dataran, dan dalam lembah yang dialiri oleh sungai-sungai besar. Konsentrasi terbesar orang berada di kawasan yang membentang ke utara dari Sungai besar Yangtze (Chang) sampai ke Beijing. China adalah negara yang luas yang mencakup berbagai medan. Medan ini dapat dipecah menjadi beberapa daerah umum.

Dataran Tinggi Mongolia Xinjiang

Di sepanjang perbatasan utara China adalah Dataran Tinggi Mongolia Xinjiang, yang sebagian besar terdiri atas gurun. Dua lembah besar mendominasi wilayah barat, yakni lembah Junggar dan lembah Tarim. Gunung-gunung Tian Shan memisahkan kedua lembah. Gurun Taklimakan ada di tengah-tengah Tarim. Di sebelah timur adalah Gurun Gobi, yang dibagi antara China dengan Mongolia. Pegunungan Kunlun Shan, Altun Shan, dan Qilian Shan memisahkan dataran tinggi Mongolia Xinjiang dari Dataran Tinggi Tibet di selatan.

Dataran Tinggi Tibet

Dataran TInggi Tibet yang tandus dan berpegunungan menempati barat daya China. Wilayah ini meliputi Dataran Tinggi Tibet di sebelah selatan dan lembah Qaidam di utara. Pegunungan Himalaya, yang mencakup Gunung Everest, membentuk area perbatasan selatan dengan Nepal dan Bhutan.

Dataran Tinggi Perbatasan Mongolia

Di sebelah timur laut dari Dataran Tinggi Tibet ada Tinggi Dataran Perbatasan Mongolia. Bagian barat terdiri atas Dataran Tinggi Huangtu, daerah yang ditutup oleh tanah tanah kuning-coklat subur yang disebut loess. Da Hinggan Ling (pegunungan besar Khingan) berada di utara.

Dataran Tinggi Tengah

Di selatan Dataran Tinggi Perbatasan Mongolia adalah Dataran Tinggi Tengah, yang meliputi pegunungan Qinling Shandi. Gunung-gunung membagi wilayah ini menjadi bagian utara yang kering dan bagian selatan yang hangat dan lembab.

Lembah Sichuan

Lembah Sichuan mendominasi provinsi Sichuan dan merupakan salah satu daerah yang paling padat penduduknya di China. Sichuan barat ditutupi dengan pegunungan, sedangkan Lembah Sichuan di timur memiliki iklim hangat dan tanah yang subur. Daerah ini menghasilkan begitu banyak beras hingga dikenal sebagai keranjang beras China.

Dataran Rendah dan Dataran Tinggi Timur

Dataran Rendah dan Dataran Tinggi Timur membentang di sepanjang pantai timur laut China. Dataran rendah dalam meliputi Dataran Manchuria utara, daerah pertanian utama yang tertutup tanah hitam subur. Dataran tinggi pesisir meliputi Semenanjung Shandong di selatan dan hutan tebal di utara.

Dataran Tinggi Selatan

Pegunungan Dataran Tinggi Selatan menutupi tenggara China. Karena medan di wilayah ini berbatu, hanya delta subur Sungai Barat (Xi) yang cocok untuk pertanian.

Sungai dan Danau

Yangtze (Chang) adalah sungai terpanjang di China. Bahkan, namanya dalam bahasa China, Chang Jiang, berarti “Sungai Panjang.” Dengan panjang 5.529 kilometer, Sungai Yangtze adalah sungai terpanjang ketiga di dunia, setelah sungai Nil dan Amazon. Bermula di provinsi Qinghai barat, sungai ini mengalir di jantung negeri China. Sekitar setengah perjalanan ke Timur Laut China, Yangtze melebar untuk membentuk Lembah Sichuan. Semakin rendah Yangtze menjadi sangat luas dan berfungsi sebagai sumber transportasi penting.

Pada tahun 1990-an, China mulai membangun Bendungan Tiga Ngarai di Sungai Yangtze. Proyek itu selesai pada 2009, dan pembangkit listrik tenaga airnya selesai pada tahun 2012. Bendungan ini terletak di antara kota-kota Wuhan dan Chongqing. Reservoir besar di belakang bendungan berfungsi untuk memproduksi listrik tenaga air untuk puluhan juta rumah dan industri.

Sungai Kuning (Huang) adalah sungai terbesar di China utara. Warna kuning-coklat berlumpurnya berasal dari tanah loess dari dataran tinggi di utaranya. Sungai Kuning mengalir sejauh 4.800 kilometer sebelum bermuara ke Laut Kuning. Sungai West (Xi) adalah sungai terbesar ketiga di China dan terbesar di China selatan. Sungai ini dimulai di dataran tinggi provinsi Yunnan dan Guizhou. Sungai Xi mengalir sejauh 1.930 kilometer sebelum bermuara ke Laut China Selatan.

Pembangunan Kanal Besar dimulai pada masa dinasti Zhou (1122-256 SM) dan diselesaikan oleh Kubilai Khan di tahun 1200. Kanal ini memanjang sekitar 1.600 kilometer dari Provinsi Shandong di utara hingga ke provinsi Jiangsu di selatan. Ini adalah jalur penting untuk mengangkut barang.

Kepulauan

Dua pulau besar terletak di lepas pantai daratan China. Taiwan terletak sekitar 160 kilometer di lepas pantai provinsi Fujian di Laut China Timur. Hainan terletak di selatan provinsi Guangdong di Laut China Selatan.

Iklim

Bagian selatan China terletak di daerah tropis dan hangat sepanjang tahun, sementara suhu musim dingin di ujung timur laut mencapai di bawah titik beku. Selama musim dingin, iklim di China utara diatur oleh massa udara Siberia, yang menjaga daerah ini tetap dingin dan kering. Selama musim panas, massa udara tropis dari Samudra Pasifik biasanya bergerak masuk dan membawa musim hujan di utara.

Interaksi antara dua massa udara ini membentuk variabel cuaca, itulah sebabnya mengapa dataran China utara tunduk pada kekeringan dan banjir. Selatan memiliki curah hujan berlimpah dengan musim hujan kadang-kadang sampai 300 milimeter sehari.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam China yang paling berlimpah adalah batu bara. Cadangannya ditemukan di banyak daerah di negeri ini, namun sumber yang paling penting ada di provinsi Shaanxi. Beberapa ladang minyak utama, baik di darat dan laut lepas, telah ditemukan sejak akhir 1950-an, dan produksi telah dimulai pada beberapa ladang.

Meski beberapa sumber gas alam telah ditemukan, itu tetap menjadi sumber energi yang kecil. Penggunaan listrik tenaga air telah berkembang pesat sejak tahun 1949 dan diharapkan menjadi sumber energi utama dalam beberapa dekade mendatang. China juga kaya akan bijih besi, dengan cadangan ada di dua pertiga provinsi di negara itu. Ada juga cadangan besar antimon, timah, emas, dan uranium. Cadangan kecil tungsten, gypsum, asbes, dan fluorit juga ditemukan.

China memiliki berbagai hewan khas. Panda raksasa adalah satwa China yang paling terkenal dan terancam punah. Hutan bambu di provinsi Sichuan adalah habitat alami panda. Tapi penghancuran hutan secara bertahap oleh pemukim manusia telah menyebabkan penurunan jumlah panda yang serius. Panda kecil, yang lebih terlihat seperti rakun besar daripada panda raksasa, juga tinggal di China. Macan tutul salju yang langka mendiami pegunungan Tibet dan Nepal, di mana yak berambut panjang menjadi sumber makanan dan hewan angkutan.

Ekonomi

China memiliki salah satu perekonomian dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Produk domestik bruto (PDB) melebihi 12 triliun dolar per tahun. Lebih dari 2 triliun dolar barang dan jasa buatan China diekspor ke negara-negara lain setiap tahunnya. Pendapatan ekspor China yang besar membantu ekonomi tumbuh. Di dalam negeri, China juga memiliki pasar yang sangat besar dengan lebih dari 1,3 miliar konsumen.

China mulai mengubah kebijakan ekonominya pada tahun 1978. Di bawah komunisme, negara memiliki dan mengendalikan sumber ekonomi China, seperti perusahaan, tanah, dan sumber daya alam. Mulai tahun 1979, China mengizinkan kepemilikan dan investasi swasta di beberapa sektor ekonomi. Negara ini juga mulai menggeser ekonominya dari basis pertanian ke industri.

Sejak tahun 1979 perekonomian China telah mengalami pertumbuhan tahunan rata-rata lebih dari 9,5 persen, pertumbuhan yang sangat tinggi menurut standar dunia. Rata-rata orang di China sekarang memiliki pendapatan lebih banyak; dan lebih sedikit orang yang miskin. Pertumbuhan ekonomi China sejak tahun 1979 telah menyebabkan lebih dari 100 juta orang pindah dari daerah pedesaan untuk mencari pekerjaan di kota-kota dan daerah pesisir.

Perubahan ekonomi China yang dramatis juga telah menciptakan masalah. Saat banyak orang mendapatkan keuntungan, yang lainnya tidak, terutama di daerah pedesaan. Sekitar 10 persen orang China masih hidup dalam kemiskinan. Itu berarti mereka mendapatkan uang atau mengkonsumsi makanan kurang dari yang mereka butuhkan untuk mencapai tingkat gizi dan tempat tinggal yang memadai, serta kebutuhan lainnya. Angka pengangguran tetap tinggi.

Ada juga kerusakan parah pada lingkungan China. Banyak kota-kota di negara itu memiliki polusi udara yang serius. Bahkan, penyakit paru-paru dan jantung akibat polusi tersebut adalah penyebab utama kematian di China. Hampir semua sungai di China tercemar, dan setengah dari penduduknya tidak memiliki akses terhadap air bersih. Para pemimpin China telah membuat beberapa perubahan dalam peraturan lingkungan untuk mengurangi polusi. Rencana ekonomi negara saat ini adalah penggunaan energi yang lebih bersih dan kekayaan negara yang terbagi lebih merata.

Jasa

Jasa berkontribusi sekitar 40 persen terhadap PDB dan mempekerjakan sekitar sepertiga dari orang China. Sektor ini meliputi jasa keuangan, penjualan grosir dan eceran, pemerintahan dan pelayanan sosial, dan utilitas publik lainnya. Pentingnya pariwisata terhadap perekonomian China berkembang pesat.

Manufaktur

Manufaktur menyumbang 50 persen terhadap PDB dan mempekerjakan sekitar 25 persen dari angkatan kerja China. Industri utama adalah pertambangan dan pengolahan bijih; besi; baja; aluminium; batubara, mesin; tekstil dan pakaian jadi; persenjataan; minyak bumi; semen; bahan kimia; dan pupuk. Selain itu, China membuat produk konsumen, seperti alas kaki, mainan, dan elektronik. Dan China juga memproduksi mobil dan alat transportasi lainnya, meliputi mobil rel dan lokomotif, kapal, dan pesawat.

Pertanian

Pertanian menyumbang sekitar 10 persen terhadap PDB China tetapi melibatkan hampir separuh dari semua pekerja China. Negara ini ada di antara produsen beras, jagung, gandum, kedelai, sayuran, teh, dan daging babi terkemuka di dunia. Hanya sekitar 10 persen dari daratan China yang cocok untuk pertanian. Akibatnya, orang China mengerjakan tanah secara intensif, memproduksi beberapa tanaman setahun di tanah yang sama. Ikan ditangkap dalam jumlah besar di sungai dan laut China. Ikan juga dibudidayakan di kolam khusus.

Pertambangan

China adalah produsen dan konsumen batubara terbesar di dunia. Meski deposito terbesar berada di utara dan barat laut, sebagian besar tambang berada di timur laut, dekat dengan industri yang menggunakan batubara sebagai bahan bakar. China juga memproduksi minyak lebih dari 3 juta barel per hari.

Energi

70 persen dari energi China berasal dari batu bara. Hampir 20 persen dihasilkan oleh sumber-sumber pembangkit listrik tenaga air. China adalah produsen terbesar dari pembangkit listrik tenaga air di dunia, diikuti oleh Kanada, Brasil, dan Amerika Serikat. Bendungan Tiga Ngarai China adalah fasilitas pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia. Minyak menyediakan sekitar 10 persen dari energi di negara itu. Gas alam dan energi nuklir bukan sumber utama energi, tetapi pemerintah berencana untuk memperluas penggunaannya.

Perdagangan

China adalah negara eksportir top dunia. Mitra ekspor utamanya adalah Amerika Serikat, Jepang, Hong Kong, Korea Selatan, dan Taiwan. Ekspor meliputi mesin dan peralatan, plastik, peralatan optik dan medis, besi dan baja, dan barang-barang konsumen. Mitra impor utama China adalah Jepang, Taiwan, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Impor utama meliputi mesin dan peralatan, bahan bakar minyak dan mineral, dan besi dan baja. China bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada tahun 2001. Sebagai bagian dari perjanjian WTO, China bersedia menurunkan tarifnya.

Transportasi

Saat China terus memodernisasi diri, jalan raya baru terus dibangun. Kereta api juga diperluas dan semakin canggih. Penggunaan pesawat untuk transportasi jarak jauh berkembang pesat. Pelabuhan baru dibangun untuk menampung kapal-kapal besar dan lalu lintas air membawa barang. Banyak penduduk kota yang menggunakan mobil. Kebanyakan orang bepergian di sekitar kota dengan sepeda, bus umum, atau -di beberapa tempat- dengan kereta bawah tanah. Sepeda, traktor kecil, dan gerobak keledai sering berbagi jalan dengan mobil dan bus di daerah pedesaan.

Komunikasi

Sekitar 1,1 miliar orang memiliki akses ke televisi di China. Jaringan nasional utama adalah China Central Television, yang memiliki sebelas saluran. Provinsi dan banyak daerah memiliki saluran sendiri. Pemerintah mengontrol semua bentuk media massa, tapi ada berbagai acara olahraga, film, dan musik populer. Kebanyakan orang China tidak memiliki telepon di rumah mereka; mereka menggunakan ponsel. Penggunaan internet berkembang sangat pesat.

Kota-kota Besar

Beijing adalah ibukota dan kota terbesar kedua China. Kubilai Khan menjadikannya ibukota China pada tahun 1261. Beijing memegang posisi ini melalui dinasti Yuan, Ming, dan Qing. Partai Komunis kembali menjadikan Beijing sebagai ibukota negara di tahun 1949.

Shanghai, yang namanya berarti “di laut,” adalah kota terbesar di China. Kota ini mulai makmur setelah 1842, ketika menjadi salah satu pelabuhan yang dipaksa dibuka untuk perdagangan Barat. Segera Shanghai menjadi salah satu kota terbesar di China dan pusat industri dan komersial yang berkembang. Kota ini menurun pada dekade pertama pemerintahan Komunis. Namun sejak awal tahun 1990-an telah mendapatkan statusnya lagi sebagai pusat komersil, keuangan, dan perdagangan.

Tianjin (Tientsin) adalah pelabuhan utama dan pusat industri. Kota ini menjadi semakin penting setelah tahun 1949 dan terus berkembang sampai hari ini sebagai pusat komersial dan industri utama. Shenyang adalah ibukota provinsi Liaoning, salah satu dari tiga provinsi di timur laut China yang bersama-sama membentuk Manchuria. Dengan invasi Jepang di awal 1930-an, dan bantuan Soviet setelah tahun 1945, Shenyang menjadi kota industri utama. Saat perusahaan milik negara menurun sejak tahun 1980-an, kemakmuran Shenyang juga menurun.

Wuhan adalah ibu kota provinsi Hubei yang terdiri atas tiga kota -Hankou, Hanyang, dan Wuchang. Revolusi 1912 dimulai di Wuhan. Hari ini, Wuhan adalah kota yang makmur dan modern. Chongqing (Chungking) adalah ibukota China dari tahun 1938 sampai 1946. Setelah tahun 1949, Chongqing mengembangkan industri mesin-bangunan, persenjataan, kimia, dan farmasi. Wilayah ini adalah produsen utama gas alam China, dan terkenal dengan padi dan jeruknya.

Guangzhou (Canton) adalah ibu kota provinsi Guangdong. Ini adalah kota yang paling makmur di China selatan dan salah satu pelabuhan utama negara itu. Reformasi ekonomi yang dimulai di China pada tahun 1978 dimulai lebih awal di Guangzhou dan terus melangkah lebih jauh. Hari ini, Guangzhou adalah pusat makmur bagi perdagangan.

Warisan Budaya

China memiliki tradisi budaya yang kaya dan kuno. China berada di antara kebudayaan paling awal yang menggunakan roda tembikar. Dan mereka dihormati karena penemuan porselen. Kaligrafi dan lukisan lanskap dipandang sebagai bentuk tertinggi dari seni China. Menggunakan kuas dan tinta, lukisan China biasanya menggambarkan adegan dari pegunungan dan air di mana alam jelas mendominasi manusia.

Prinsip-prinsip arsitektur tradisional China sama untuk istana, kuil, atau rumah pribadi. Satu atau dua lantai bangunan dibangun pada sumbu utara-selatan dan dikelilingi oleh dinding. Halaman rumah sering memiliki kebun yang mengelilingi bangunan. Sastra China pertama kali didominasi oleh Konfusianisme klasik, yang ditulis pada tahun 400-an SM. Puisi, bentuk terkaya sastra China, mencapai puncaknya selama dinasti Tang (618-906). Novel dianggap sebagai bentuk ekspresi yang lebih rendah. Musik tradisional China mencakup berbagai instrumen senar, tiup, dan perkusi. Musik vokal, seperti opera Beijing, umumnya dinyanyikan sendirian dengan suara falsetto tipis.

Pemerintah

Konstitusi Republik Rakyat China menyatakan bahwa China adalah negara sosialis, di bawah kediktatoran kelas pekerja. Tetapi juga menyatakan bahwa rakyat harus menjalankan kekuasaan mereka melalui Partai Komunis. Kongres Nasional Rakyat (NPC) adalah badan legislatif negara. Di bawah konstitusi 1982, presiden berfungsi sebagai kepala negara dan dipilih oleh NPC untuk masa jabatan 5 tahun.

Komite Sentral Partai Komunis dipimpin oleh seorang sekretaris jenderal. Ada kelompok-kelompok penting lainnya dalam partai. Sebuah politbiro dan komitenya menetapkan pedoman luas yang diberlakukan oleh sekretariat. Sebuah komite urusan militer mengarahkan tentara, dan komisi penasihat menasihati para pemimpin partai.

Sementara Partai Komunis China membuat semua keputusan kebijakan utama, administrasi sehari-hari berada di tangan pemerintah. Pemerintah pusat dijalankan oleh kabinet yang disebut Dewan Negara yang ditunjuk oleh NPC dan dipimpin oleh seorang perdana menteri. Perdana Menteri dicalonkan oleh presiden dan dikonfirmasi oleh NPC.

Ada sejumlah kementerian, yang mirip dengan departemen di pemerintahan federal AS. Di bawah pemerintah pusat di Beijing, ada 23 provinsi (termasuk Taiwan), lima daerah otonom, dan empat kotamadya (Beijing, Chongqing, Shanghai, dan Tianjin). Provinsi dan daerah otonom dibagi lagi menjadi banyak distrik, masing-masing memiliki struktur administratif yang mirip dengan pemerintah pusat.

3 thoughts on “Profil Lengkap Negara China

  • 10/14/2014 at 7:58 pm
    Permalink

    Terima kasih.. sangat bermanfaat dan membantu

    Reply
  • 11/25/2014 at 8:37 am
    Permalink

    Unik banget bahasanya.. Aksara didasarkan pada makna, bukan suara..
    Pantesan kalo nonton film Mandarin kadang ada teks susbtitle-nya di bawah…
    Apakah benar kalau teks itu ditujukan untuk penutur dialek yang berbeda dengan dialek film ?!

    Reply

Komentar Anda