Kapan Idealnya Waktu Ganti Oli Motor?


Jika diibaratkan oli mesin pada kendaraan adalah darah pada tubuh manusia. Secara umum oli mesin harus diganti secara periodik dan juga secara berkala. Jika kita terlambat melakukan pergantian oli mesin, tentu saja dampaknya bisa membuat mesin mengalami stress dan juga tingkat keausan pada komponen mesin akan semakin tinggi.

Oli

Oli pada mesin memiliki peran yang sangat penting ketika bersirkulasi pada mesin. Oli mesin bekerja dengan melumasi antara komponen mesin dan juga bisa mendinginkan mesin. Mengganti oli mesin yang teratur tentu saja bertujuan supaya kemampuan pelumas tidak berkurang.

Ganti oli mesin adalah salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh pengendara motor. Biasanya dalam buku panduan kendaraan sudah dijelaskan kapan oli mesin harus diganti, biasanya sih ketika motor sudah menempuh jarak 2000 sampai 3000 km. Namun sayangnya masih banyak juga pengendara motor yang mengabaikan hal tersebut.

Lalu Kapan Idealnya Waktu Ganti Oli Motor

Penggantian oli motor ini biasanya akan dilakukan dengan mengandalkan indikator jumlah kilometer yang ada pada speedometer motor tersebut. Ada yang menyarankan penggantian oli motor harus dilakukan ketika motor sudah menempuh jarak 2000 km, ada juga yang menyarankan ketika motor sudah menempuh jarak 4000 km. Lalu yang mana yang benar? Tentu saja pengendara harus tahu kapan harus ganti oli motor.

Periode Ganti Oli Mesin

Setiap pabrikan kendaraan bermotor tentu saja sudah merekomendasikan jadwal dari penggantian rutin oli mesin di buku panduan pemilik. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas jika pergantian oli mesin biasanya dilakukan antara 2000 km sampai 3000 km. Namun walaupun sudah dianjurkan sesuai jarak tempuh, tentu saja jarak tempuh bukanlah menjadi hal yang baku dan juga bisa berubah sesuai dengan kondisi lalu lintas yang dihadapi oleh pengendara sepeda motor setiap harinya.

Bagi anda yang sehari-hari berkendara melewati lalu lintas yang pada seperti di daerah kota besar, tentu saja sering menghadapi masalah kemacetan jalanan. Jika begitu tentu saja periode ganti oli harus dilakukan lebih cepat dari yang sudah dianjurkan. Jika pabrikan kendaraan bermotor anda menyarankan untuk melakukan pergantian pada 3000 km, maka sebaiknya anda melakukan pergantian oli mesin pada jarak tempuh 2000 km.

Alasan kenapa harus dilakukan penggantian oli mesin yang lebih dini daripada yang sudah disarankan adalah karena kondisi jalan yang macet akan membuat kinerja mesin menjadi lebih berat. Mesin akan bekerja dengan rpm yang tinggi, namun pada kecepatan yang rendah. Bahkan terkadang mesin harus tetap menyala dengan kondisi sepeda motor yang berhenti karena kondisi jalanan yang macet parah.

Kondisi mesin motor yang panas karena secara terus menerus harus menyala tentu saja akan membuat volume oli mesin menjadi menyusut. Ketika mesin panas akan terjadi penguapan oli selama pemakaian, dampaknya tentu saja proses pendinginan dan juga pelumasan mesin tidak akan bisa bekerja secara optimal. Dalam masalah seperti ini, oli encer akan memiliki tingkat penguapan yang lebih cepat.

Ketika motor digunakan secara rutin, lebih baik anda harus melakukan pemeriksaan terhadap volume oli dengan dipstick setiap minggu. Anda harus memperhatikan apakah level oli masih sesuai batas atau tidak. Jika baru jarak 1500 km namun volume olinya berkurang sampai bawah batas lower level, maka sebaiknya anda segera ganti oli karena sudah mengalami penguapan yang sangat tinggi.

Nah itulah pembahasan saya mengenai kapan harus ganti oli motor. Salah satu bentuk perawatan sepeda motor adalah dengan mengganti oli mesin secara rutin. Jadi pada dasarnya adalah kita jangan terpaku kepada kilometer atau jarak yang sudah ditempuh oleh motor kita tersebut, karena pada beberapa kasus yang dialami motor di perkotaan yang sering macet, oli akan lebih cepat habis karena mengalami penguapan.

Untuk itu jarak tempuh tidak selamanya menjadi acuan, anda juga harus sering melakukan pengecekan pada volume oli motor apakah masih berada di ambang batas lower level atau malah sudah menyusut habis. Selesai sudah artikel kali ini, semoga bermanfaat.

 

Komentar Anda