10 Fakta Unik Tentang Siberia

Siberia menyimpan banyak fakta-fakta menarik untuk dibicarakan. Wilayah yang sejak abad ke-17 menjadi bagian dari Rusia ini sangat luas. Lalu apa saja fakta-fakta unik Siberia? Berikut ulasannya:

Danau Baikal
Danau Baikal

1. Siberia mencakup 77 persen dari luas Rusia.

2. Luas Siberia lebih dari 50 kali luas Inggris, namun jumlah penduduknya hanya sekitar setengah dari jumlah penduduk Inggris.

3. Siberia memiliki kepadatan penduduk kurang dari delapan orang per mil persegi.

4. Danau Baikal di Siberia panjangnya 643 km, lebarnya 80 km, dan kedalamannya 1,6 km. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar di dunia yang memiliki 20 persen dari pasokan air bersih non-beku dunia.

5. Yakutsk di Siberia dianggap sebagai kota terdingin di bumi. Rata-rata suhu Januari di sana sekitar – 40°C.

6. Membutuhkan waktu seminggu untuk melakukan perjalanan melewati jalur kereta Trans-Siberia dari Moskow ke Vladivostok.

7. Harimau Siberia adalah anggota terbesar dari keluarga kucing. Hanya sekitar 500 ekor yang tetap bertahan di alam liar.

8. Pada tahun 1995, Isle of Wight Zoo harus memberikan pelatihan khusus pada harimau Siberia karena itu adalah pertama kalinya mereka melihat salju.

9. Titik tertinggi di Siberia adalah gunung berapi Klyuchevskaya Sopka yang dianggap keramat oleh banyak warga lokal sebagai tempat penciptaan bumi.

10. Jika Siberia merdeka, maka akan menjadi negara terbesar di dunia.

Komentar Anda