Profil Lengkap Negara Finlandia

Finlandia adalah negara di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia di barat, Rusia di timur, Norwegia di utara, dan Estonia di selatan. Sekitar sepertiga dari wilayahnya terletak di sebelah utara Lingkaran Arktik. Ibukota Finlandia, Helsinki, adalah ibu kota paling utara di benua Eropa.

Gambar Kota di Negara Finlandia

Penduduk

Populasi Finlandia menjadi semakin beragam dalam beberapa dekade terakhir karena imigrasi. Tapi tiga kelompok etnis utama telah lama membentuk komposisi penduduk Finlandia. Mereka adalah etnis Finlandia, Swedia, dan Sami (sebelumnya disebut Lapp). Etnis Finlandia membentuk kelompok terbesar, sekitar 94 persen dari total populasi. Mereka kemungkinan besar berasal dari beberapa kelompok yang bermigrasi ke daerah ini ribuan tahun yang lalu.

Orang-orang berbahasa Swedia membentuk sekitar 6 persen dari populasi, yang mencerminkan kehadiran historis Swedia di Finlandia. Sebagian besar dari hampir 6.000 orang Sami adalah petani dan penggembala rusa yang tinggal di wilayah utara jauh Finlandia yang dikenal sebagai Lapland.

Bahasa

Bahasa Finlandia dan Swedia adalah bahasa resmi Finlandia. Kebanyakan orang Finlandia adalah bilingual (dapat menggunakan dua bahasa). Mereka mengklaim bahasa Finlandia, bahasa Finno-Ugric yang terkait dengan bahasa Estonia dan Hungaria, sebagai bahasa ibu mereka. Orang Swedia mengklaim bahasa Swedia sebagai milik mereka. Orang Sami berbicara dalam salah satu dari tiga dialek bahasa, juga disebut Sami. Bahasa Sami jauh kaitannya dengan bahasa Finlandia dan memiliki status hukum yang terpisah sejak tahun 1992.

Agama

Kebanyakan orang Finlandia mengikuti gereja negara, Gereja Lutheran Injili. Kebebasan beragama dijamin di bawah konstitusi.

Sekolah dan Perpustakaan

Finlandia memiliki sistem pendidikan sembilan tahun, yang dimulai pada usia 7 tahun. Mereka kemudian dapat melanjutkan ke sekolah kejuruan atau sekolah menengah atas selama tiga tahun. Sekolah-sekolah menengah atas dirancang untuk mempersiapkan siswa menuju universitas atau sekolah profesional. Biaya sekolah gratis di sekolah-sekolah tersebut. Ada juga sistem ekstensif untuk orang dewasa dan pendidikan berkelanjutan.

Finlandia memiliki sistem perpustakaan yang luas dengan lebih dari 900 perpustakaan umum. Perpustakaan ini meliputi Helsinki Public, Helsinki University Library (perpustakaan nasional), dan National Repository Library. Arsip Nasional terletak di Helsinki.

Olahraga dan Rekreasi

Ski lintas-alam, ski-jumping, ice-skating, dan hoki adalah olahraga populer selama bulan-bulan musim dingin yang panjang. Ketika salju dan es hilang, kegiatan outdoor favorit meliputi mendaki, kano, berenang, dan lari. Banyak bintang balap terkenal berasal dari Finlandia, seperti bintang Olimpiade Paavo Nurmi. Pemain ski cross-country, ski jumping, dan speed skating Finlandia telah membawa pulang puluhan medali emas Olimpiade. Finlandia juga unggul dalam olahraga balap. Beberapa pembalap dunia, seperti Mika Hakkinen, telah memenangkan banyak kejuaraan dunia.

Bentang Alam

Finlandia telah tertutup oleh gletser setidaknya tujuh kali. Yang terakhir terjadi antara 70.000 dan 10.000 tahun SM. Massa es meluncur turun dari dataran tinggi Skandinavia. Saat meluncur turun, massa es ini “memoles” bukit berbatu ke dalam bentuk efisien dan memotong cungkilan dan lekukan di seluruh permukaan batu. Tanahnya seolah-olah dikikis oleh buldoser raksasa. Ketika gletser terakhir mencair, gletser itu meninggalkan dua pegunungan pasir dan kerikil besar di Finlandia selatan, yang dikenal sebagai Salpausselka.

Es dengan massa besar menekan turun permukaan kawasan itu hingga seolah-olah membentuk spons raksasa. Akibatnya, ketika gletser terakhir meleleh, banyak wilayah Finlandia ditutupi oleh air. Muncul dari massa es, tanah mulai naik kembali ke tempat semula sebelum gletser menekannya ke bawah. Proses ini terus berlanjut sampai hari ini. Karena kenaikan tanah ini, wilayah Finlandia tumbuh sekitar 10 kilometer persegi setiap tahun.

Ada tiga daerah daratan utama di Finlandia: pesisir, pedalaman, dan Arktik. Wilayah pesisir pantai yang rendah dan subur membentang di sebelah barat dan barat daya negara itu. Sebagian besar kegiatan pertanian Finlandia dan sebagian besar kota-kota di negara itu berada di wilayah ini. Di bawah Lingkaran Kutub Utara, lanskap pedalaman naik ke dataran tinggi yang bergulir perlahan. Ketinggian berkisar antara 100 sampai 200 meter. Daerah ini ditutupi oleh hutan dan dihiasi dengan ribuan danau. Di utara, di atas Lingkaran Kutub Utara, vegetasi menipis dan tanah naik, terutama mendekati Norwegia. Gunung Haltia, di barat laut, adalah titik tertinggi negara, dengan ketinggian 1.328 meter.

Sungai dan Danau

Teluk Finlandia, Laut Baltik, dan Teluk Bothnia telah lama menjadi jalur negara untuk berhubungan dengan seluruh Eropa. Lebih dari 190.000 danau dan sungai pedalaman Finlandia berfungsi sebagai jalur perjalanan dan perdagangan. Orang-orang melakukan perjalanan dengan perahu di bulan-bulan hangat dan dengan berjalan kaki atau kereta luncur di musim dingin. Sungai-sungai terpanjang adalah Kemi dan Oulu.

Salah satu jalur air yang paling penting di negara itu, Kanal Saimaa, dibuka pada tahun 1856. Jalur ini menghubungkan kota Lappeenranta di Danau Saimaa dengan Vyborg di Teluk Finlandia. Sebuah proyek bersama Finlandia-Soviet untuk meningkatkan kapasitas kanal selesai dilakukan pada tahun 1968. Kanal berfungsi sebagai pembawa utama kargo dan sebagai jalan untuk berwisata perahu.

Iklim

Finlandia memiliki iklim sedang yang sangat dipengaruhi oleh lokasinya di utara jauh. Pengaruh lainnya adalah dampak moderasi lautan Atlantik Utara dan Arktik, Gulf Stream, Laut Baltik, dan banyaknya danau pedalaman di negara itu. Sebagian besar angin barat yang berhembus di seluruh negeri juga mempengaruhi iklim. Ada perbedaan mencolok antara daerah utara dan selatan.

Musim panas pendek, sejuk, dan cerah. Di atas Lingkaran Kutub Utara, ada 73 hari di setiap musim panas di mana matahari tidak pernah terbenam, dan cahaya matahari muncul sampai 19 jam sehari di Helsinki. Musim dingin panjang, sangat dingin, dan bersalju. “Malam Kutub” (ketika matahari tidak pernah naik di atas cakrawala) berlangsung selama 51 hari dalam setahun di utara. Suhu berada jauh di bawah -18 °C untuk jangka waktu yang lama. Sekitar 600 milimeter presipitasi jatuh dalam bentuk hujan atau salju.

Sumber Daya Alam

Hutan Finlandia adalah sumber daya alam yang paling penting. Hutan sangat vital bagi perekonomian negara, menyediakan kayu, tar, bahan bakar, dan bubur kertas. Tidak ada batubara atau minyak yang tersedia, tapi rawa gambut yang luas menyediakan sumber energi alam. Tanah umumnya tipis dan tidak subur. Sumber daya mineral meliputi tembaga, seng, bijih besi, dan perak. Batuan dasar Finlandia memberikan granit merah yang indah untuk bahan bangunan batu.

Ekonomi

Ekonomi Finlandia modern, berteknologi maju, dan sangat tergantung pada konsumsi dan perdagangan untuk mempertahankan kemakmuran. Industrialisasi dimulai pada akhir 1800-an dan terus berkembang cepat setelah Perang Dunia II (1939-1945). Industri menjadi semakin penting, sementara sektor jasa mengalami sedikit penurunan.

Perekonomian Finlandia mengalami perubahan besar pada tahun 1990-an. Paruh pertama dekade itu adalah masa resesi dan pengangguran tinggi. Pemulihan datang di akhir 1990-an. Finlandia membangun pasar baru di Eropa Barat dan negara-negara Baltik dan bergabung dengan Uni Eropa (UE). Yang paling penting bagi Finlandia adalah pertumbuhan sektor elektronik, terutama industri telepon seluler atau telekomunikasi nirkabel. Nokia Corporation, pemasok ponsel terkemuka di dunia, adalah perusahaan asal Finlandia yang paling terkenal di dunia.

Manufaktur

Sektor manufaktur memiliki tiga divisi utama: mesin dan teknik berbasis logam, hasil hutan, dan peralatan telepon dan elektronik. Produk manufaktur divisi pertama meliputi kapal, mesin kapal, platform minyak, mesin pembuatan kertas, peralatan memotong dan pemboran, crane, lift, dan logam. Hasil hutan meliputi kayu dan produk kayu, kertas, dan bubur kertas. Divisi manufaktur ketiga menghasilkan peralatan rumah tangga, radio, televisi, dan peralatan telekomunikasi.

Pertanian dan Kehutanan

Selama berabad-abad, Finlandia perlahan-lahan mendorong batas zona pertanian mereka jauh menuju pedalaman timur laut. Mereka membangun jalan dan rel kereta api untuk membuka perbatasan ini. Mereka membersihkan hutan dan mengeringkan rawa untuk membuka ladang dan padang rumput. Mereka mendirikan koperasi untuk memfasilitasi produksi, pengolahan, dan pemasaran.

Hari ini kurang dari 5 persen orang Finlandia hidup dari pertanian. Namun pertanian yang kecil ini telah menyediakan sebagian besar kebutuhan negara akan daging, produk susu, sayuran, dan biji-bijian. Makanan lain, terutama tanaman yang tidak bisa tumbuh di iklim Finlandia, diimpor dari luar negeri.

Kayu adalah “emas hijau” bagi Finlandia, dan pengembangan awal industri di negara itu didasarkan pada eksploitasi sumber daya ini. Hampir tiga perempat dari luas daratan negara itu adalah hutan. Jika dihitung, Finlandia memiliki sekitar 5 hektar hutan untuk setiap orang di negeri ini. Kayu dan produk kayu adalah ekspor negara yang paling penting, dan Finlandia adalah salah satu produsen kertas dan bubur kertas terkemuka di dunia.

Energi

Finlandia tergantung pada sumber-sumber luar untuk menghasilkan banyak energi. Finlandia tidak memiliki cadangan batubara atau minyak, meskipun kayu dan gambut tersedia. Sekitar 40 persen listrik negara dihasilkan dari bahan bakar fosil tanaman. Kurang dari 20 persen berasal dari pembangkit listrik tenaga air, yang sebagian besar terletak di utara di sepanjang sungai Oulu dan Kemi. Tenaga nuklir menyediakan hampir 30 persen listrik negara ini.

Transportasi

Beberapa kota terbesar Finlandia adalah pelabuhan, seperti pelabuhan Helsinki dan Turku dan pelabuhan danau Tampere dan Lappeenranta. Karena banyaknya danau dan kanal di negara itu, kapal merupakan sarana transportasi yang vital. Sistem kereta api dikembangkan dengan baik di sepanjang jalur utama timur-barat dan utara-selatan. Karena hubungan dekat Finlandia dengan Rusia pada 1800-an, kedua negara berbagi ukuran jalur yang lebar, lebih dari standar jalur Eropa. Kontainer yang mudah dibuka tutup digunakan untuk mengatasi perbedaan ketika berhadapan dengan barang-barang dari Eropa. Maskapai penerbangan nasional Finlandia, Finnair, melayani tujuan domestik dan internasional.

Kota-kota Besar

Helsinki adalah ibu kota, kota terbesar dan pusat bisnis, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan Finlandia. Populasi kota ini melebihi angka 600.000 jiwa. Wilayah Helsinki Besar, yang mencakup Helsinki, Espoo, dan Vantaa, memiliki populasi lebih dari 1,3 juta jiwa. Meskipun Helsinki didirikan pada tahun 1550, kota ini relatif belum berkembang sampai tahun 1800-an. Helsinki menjadi ibu kota negara pada tahun 1812. Helsinki juga merupakan situs Olimpiade Musim Panas tahun 1952.

Espoo, kota terbesar kedua Finlandia dan bagian dari Helsinki Besar, memiliki penduduk sekitar 250.000 jiwa. Dibangun secara unik di atas lima pusat pengembangan, Espoo adalah rumah bagi University of Technology, fasilitas budaya dan rekreasi, dan kantor pusat Nokia Corporation.

Turku (Abo) terletak di pantai barat daya. Kastil dan katedral kota ini berasal dari tahun 1200-an. Abo Academy (universitas Finlandia berbahasa Swedia) terletak di sana. Demikian juga Turku School of Economics and Business Administration.

Warisan Budaya

Musik

Finlandia telah melahirkan beberapa komponis penting dunia. Yang paling dikenal adalah Jean Sibelius, yang karyanya berhasil menangkap semangat Finlandia dan orang-orangnya. Musik Sibelius dapat didengar di Finlandia sejak tahun 1899.

Seni dan Arsitektur

Finlandia adalah pusat desain modern, terutama di bidang tekstil, kaca, peralatan logam, furnitur, dan arsitektur. Selama 1900-an, Finlandia memiliki salah satu arsitek terkemukanya, Alvar Aalto. Dua arsitek kelahiran Finlandia yang dikenal secara internasional adalah Eliel Saarinen dan putranya, Eero. Dalam dunia desain, tekstil Marimekko serta keramik dan barang pecah belah Arabia terkenal di dunia.

Pemerintah

Finlandia adalah republik, dan pemerintah didasarkan pada konstitusi tahun 2000 yang sudah direvisi. Presiden, kepala negara, dipilih untuk menjabat selama enam tahun oleh rakyat. Presiden memegang kekuasaan eksekutif dengan kabinet (Dewan Negara). Kekuasaan legislatif terletak pada parlemen 200-kursi unikameral (satu rumah), atau Eduskunta. Pemilihan Eduskunta diadakan setidaknya setiap empat tahun sekali. Keputusan penting, seperti menyatakan perang, harus disetujui oleh parlemen.

Cabang yudisial memiliki tiga tingkat: pengadilan lokal, enam pengadilan banding regional, dan Mahkamah Agung. Pengadilan lokal biasanya dipimpin oleh tiga panel dan pimpinan yang memiliki pelatihan hukum. Hakim profesional bertanggung jawab untuk keputusan di tingkat banding. Mahkamah Agung memiliki 22 hakim yang diangkat oleh presiden. Mereka biasanya bertugas seumur hidup. Semua warga negara yang berusia 18 tahun atau lebih memiliki hak pilih. Hak asasi manusia dijamin oleh konstitusi. Pria harus ikut wajib militer atau dinas alternatif.

Komentar Anda