20 Musisi Dunia yang Tewas pada Usia 27 Tahun

Loading...

11. Gary Thain

Gary ThainBassist dan penulis lagu, Gary Thain, lahir di Christchurch, Selandia Baru. Thain awalnya adalah bagian dari trio rock The New Nadir, dan dengan drummer Peter Dawkins, ia melakukan perjalanan dari Selandia Baru ke London, dan pernah pula bermain dengan Jimi Hendrix sebelum perpecahan trio ini terjadi pada tahun 1969.

Thain lalu bergabung dengan Keef Hartley Band di Woodstock dan kemudian menjadi bassis ketiga untuk grup rock Inggris Uriah Heep. Meski awalnya Thain adalah pemain blues dan jazz, Uriah Heep adalah batu loncatannya ke musik rock. Thain juga menulis beberapa materi Uriah Heep kala itu, yakni “Chrystal Ball” dan “Gary’s Song.” Gary Thain meninggal karena overdosis heroin pada tanggal 8 Desember 1975.

12. Alexander Bashlachev

Alexander BashlachevAlexander Bashlachev adalah gitaris rock, penyanyi, dan penulis lagu Rusia. Sepanjang tahun 1980-an, Bashlachev menulis banyak lagu dan mengarang musik. Ia juga tampil setiap kali ia bisa, tapi biasanya untuk khalayak kecil, karena rock and roll dianggap kontra di Rusia (pada waktu itu dikenal sebagai Uni Soviet) selama 1970-an dan ’80-an.

Pada tahun 1985 dan sekali lagi pada tahun 1987, Bashlachev bermain di Rock Festival Leningrad, sebuah acara musik yang dihadiri sekitar 600 orang. Menderita depresi dan kecanduan alkohol, Bashlachev meninggal dunia setelah jatuh dari balkon sebuah gedung apartemen sembilan lantai. Kematiannya dianggap bunuh diri. Bashlachev tewas pada tanggal 17 Februari 1988.

13. Mia Zapata

Mia ZapataMia Zapata membentuk band punk rock The Gits saat kuliah di Ohio. Zapata sangat dipengaruhi oleh penyanyi blues seperti Bessie Smith dan Billie Holiday. Joan Jett membandingkan bakat Zapata dengan legenda musik blues Janis Joplin. Tapi karier bernyanyi Zapata tidak berkembang sampai pada tahun 1989 grupnya pindah ke Seattle, Washington, di mana musik grunge perlahan-lahan mulai meraih popularitas nasional.

Album pertama The Gits, “Frenching the Bull”, dirilis pada tahun 1992. Tragisnya, ketika The Gits sedang membesarkan namanya, Zapata ditemukan tewas di dekat Comet Tavern di Seattle. Zapata telah diperkosa, dipukuli, dan dicekik sampai mati. Menggunakan bukti DNA, penyerang Zapata itu akhirnya ditangkap, dihukum, dan kemudian dijatuhi hukuman 36 tahun penjara. Mia Zapata meninggal pada tanggal 7 Juli 1993.

14. Kurt Cobain

Loading...

Kurt CobainMusisi jenius penuh masalah, Kurt Cobain, membentuk grup grunge Nirvana pada tahun 1986. Cobain berperan sebagai penulis lagu, vokalis, sekaligus gitaris utama dalam album kedua Nirvana, Nevermind, yang sukses menghantam puncak tangga lagu pada tahun 1991. Kesuksesan ini membuatnya menjadi superstar band dan menjaring banyak uang untuk Nirvana. Tapi Cobain, pribadi yang tenang dan tertutup ini, tidak pernah menikmati status selebriti yang menjadi pusat perhatian. Single terakhir Nirvana, “Smells Like Teen Spirit,” dianggap salah satu lagu rock terbaik sepanjang masa. Pada tahun 2007, VH1 memilih lagu itu sebagai lagu rock papan atas era 1990-an. Lagu ini masih populer sampai saat ini, bahkan marching band perguruan tinggi memainkannya.

Saat Nirvana mendapatkan popularitas, Cobain mulai menggunakan heroin di awal 1990-an. Ia mungkin mengonsumsi heroin untuk menghilangkan rasa sakit di punggungnya yang kronis dan masalah perut. Cobain pernah mengatakan nyeri perutnya begitu parah sampai terkadang ia ingin bunuh diri. Pada bulan Maret 1994, Cobain mencoba bunuh diri dengan menelan obat penghilang rasa sakit bersama dengan sampanye. Tapi pada April 5, 1994 Kurt Cobain berhasil mengakhiri hidupnya dengan menembak kepalanya. Beberapa orang berpikir Cobain dibunuh. Mereka mengatakan Cobain tidak bisa menggunakan pistol untuk menembak dirinya sendiri karena ia masih memiliki sejumlah besar heroin dalam sistem tubuhnya. Hingga kini kematian Cobain masih menjadi misteri.

15. Kristen Pfaff

Kristen PfaffPada tahun 1993 sampai 1994, Kristen Pfaff menjadi bassis untuk Hole, band yang dibentuk oleh Courtney Love sebelum kematian suaminya, Kurt Cobain. Sebelum bergabung bersama Hole, Pfaff juga pernah menjadi bassis dan backing vokal untuk band Minneapolis, Janitor Joe.

Tahun 1993 Pfaff pindah ke Seattle, Washington, untuk melakukan rekaman lagu “Live Through This”, satu-satunya album rekamannya bersama dengan Hole. Masa-masa Pfaff tinggal di Seattle adalah periode kreatifnya, dan ia menjalin persahabatan yang erat dengan Eric Erlandson dan Kurt Cobain. Ketika Ptaff mengerjakan album platinum Live Through This, ia dan Erlandson berpacaran dan tinggal bersama-sama pada tahun 1993 dan bahkan tetap dekat setelah berpisah. Dan akhirnya, seperti yang telah dilakukan banyak musisi lain dalam beberapa dekade terakhir, Pfaff mulai menggunakan heroin. Pada 16 Juni 1994 Kristen Pfaff meninggal karena overdosis heroin.

Baca urutan 16-20

Loading...

Komentar Anda