20 Musisi Dunia yang Tewas pada Usia 27 Tahun

Loading...

6. Janis Joplin

Janis JoplinJanis Joplin memulai karir bernyanyinya dengan band psychedelic rock Big Brother dan Holding Company. Suara Joplin yang parau dan ngeblues cocok dengan aliran acid rock San Francisco yang muncul pada saat itu. Seperti Hendrix, Joplin mencuri perhatian banyak orang di Monterey pada tahun 1967 saat ia menyanyikan hits seperti “Down on Me” dan “Ball and Chain.”

Joplin akhirnya meninggalkan Big Brother dan membentuk dua band lagi. Setelah berhenti menggunakan obat-obatan untuk sementara -kecuali mungkin alkohol kesayangannya- Joplin meninggal dunia karena overdosis heroin pada tanggal 4 Oktober 1970. Film berjudul “The Rose” yang dibintangi Bette Midler seringkali dianggap sebagai film biografi Joplin. Namun, Joplin samasekali bukanlah penyanyi pop seperti yang digambarkan film itu.

7. Arlester “Dyke” Christian

Arlester Dyke ChristianArlester “Dyke” Christian membentuk band soul dan funk pada tahun 1966 bernama Dyke dan Blazers yang segera melakukan tur dengan O’Jays. Selain bermain bass, Arlester juga menjadi penyanyi utama Blazers. Single pertama band ini berjudul “Funky Broadway,” sebuah lagu yang diciptakan Arlester dan akhirnya menjadi hit besar setelah digarap Wilson Pickett pada tahun 1967.

The Blazers, yang mengubah personel beberapa kali selama bertahun-tahun, dibubarkan pada tanggal 13 Maret 1971, ketika Arlester ditembak dan dibunuh di jalanan Phoenix, Arizona. Pihak berwenang menganggap penembakan itu adalah tindakan bela diri, mungkin disebabkan karena kesalahpahaman saat transaksi obat-obatan, meskipun pada saat itu tidak terdapat unsur obat-obatan dalam tubuh Arlester.

8. Jim Morrison

Jim MorrisonJim Morrison adalah penyair penuh mistis, pembuat film, dan tentu saja vokalis band rock The Doors, yang menggebrak dunia pada panggung musik di Los Angeles tahun 1967. Mungkin karya terbesar Morrison adalah “The End”, sebuah ode tragedi Yunani berlarut-larut yang bercampur dengan kata-kata kotor, nyanyian yang membuat band ini diusir keluar saat pertunjukan awal mereka di The Whisky A Go Go di Hollywood.

Loading...

Kejenakaan Morrison yang agak cabul membuat bandnya mengalami masalah berkali-kali. Suatu pagi saat fajar, Morrison mulai meludah darah, mandi, lalu meninggal karena serangan jantung (otopsi tidak pernah dilakukan). Karena kebiasaan mengonsumsi alkohol dan obat biusnya yang melegenda, bahkan untuk standar saat itu, kematian Morrison tidak mengejutkan banyak orang. Beberapa orang berpikir Morrison memalsukan kematiannya dan pergi ke Afrika. Jim Morrison meninggal pada 3 Juli 1971 (dua tahun dari hari kematian Brian Jones).

9. Ron “Pigpen” McKernan

 Ron McKernanRon “Pigpen” McKernan adalah keyboardis, penyanyi, pemain harmonika dan merupakan salah satu pendiri Grateful Dead, sebuah band yang melejit di San Francisco Bay Area. McKernan dikenal karena suaranya yang khas dalam lagu-lagu seperti “Midnight Hour” dan “Death Don’t Have No Mercy”.

McKernan pernah memiliki hubungan asmara dengan sesama boozer Janis Joplin dan bernyanyi bersamanya di beberapa pertunjukan. Menurut penyanyi Grace Slick dari Jefferson Airplane, McKernan memperkenalkan Joplin ke Southern Comfort. Ketika kesehatan McKernan mulai memburuk, ia meninggalkan Grateful Dead pada tahun 1972. Pada tanggal 8 Maret 1973, Ron “Pigpen” McKernan ditemukan tewas dengan pendarahan lambung akibat kebiasaan minum berat selama bertahun-tahun.

10. Peter Ham

Peter HamPeter Ham adalah seorang gitaris dan penulis lagu band Badfinger, sebuah grup rock awal tahun 70-an yang oleh beberapa kalangan disebut The Beatles baru. Kebetulan, hit pertama Badfinger yang berjudul “Come and Get It,” ditulis oleh bassis The Beatles, Paul McCartney. Band ini terus meraih popularitas, meraup banyak uang, namun,tidak ada yang tahu ke mana uang itu pergi.

Frustasi karena masalah keuangan, Peter Ham gantung diri pada tanggal 23 April 1975. Diduga, Ham meninggalkan catatan bunuh diri yang menyebut Stan Polley, agennya, sebagai penyebab bunuh diri. Tapi Polley membantah adanya catatan tersebut. Tragisnya, Tom Evans, anggota Badfinger yang lain, marah setelah tahu penghasilan band menghilang. Ia juga gantung diri pada tahun 1983!

Baca urutan 11-15

Loading...

Komentar Anda