10 Fakta Unik Tentang Kim Tae-yeon

Kim Tae-yeon adalah aktris, penyanyi, dancer, dan presenter TV Korea Selatan yang lahir pada tanggal 9 Maret 1989. Tae-yeon selama ini dikenal sebagai salah satu anggota girlband besar Korea, Girls’ Generation, TTS, dan S.M. The Ballad. Mau tahu 10 fakta menarik Tae-yeon? Berikut ulasannya.

Foto Kim Tae-yeon

1. Saat masih duduk di bangku sekolah menengah, Tae-yeon mendapat pelatihan vokal dari SM Academy. Di tahun-tahun berikutnya, Tae-yeon pulang pergi dari Jeonju, kota kelahirannya, ke Seoul, setiap hari Minggu untuk berlatih vokal.

2. Di awal masa pradebutnya di dunia hiburan, Tae-yeon mengaku mengidolakan penyanyi sekaligus aktris Korea, BoA. Ia mengaku ingin seperti BoA dan memiliki banyak aktivitas di Jepang dan seluruh dunia. Keinginannya itu terwujud kala ia bergabung dengan Girls’ Generation, yang melakukan debut di Korea dan Jepang.

3. Selama berkarir, Tae-yeon telah melahirkan beberapa lagu untuk soundtrack drama TV dan film. Beberapa darinya adalah karya solonya, sementara sisanya adalah hasil kolaborasinya dengan Girls’ Generation. Beberapa di antaranya adalah lagu “If” untuk drama Hong Gil Dong dan lagu “Can You Hear Me” untuk drama Beethoven Virus.

4. Banyak lagu soundtrack Tae-yeon yang menguasai chart lagu Korea. Lagu “Missing You Like Crazy” yang digarap untuk drama The King 2 Hearts berhasil merajai semua chart lagu Korea dan banyak situs musik. Demikian pula lagu “And One” yang menjadi soundtrack drama That Winter, The Wind Blows sukses memuncaki tangga lagu Billboard Korea K-pop Hot 100. Sementara lagu “Love, That One Word” untuk drama You’re All Surrounded juga menuai kesuksesan yang sama besar.

5. Di Girls’ Generation, Tae-yeon ditunjuk sebagai leader karena ia lebih tua dari anggota lainnya, yakni Jessica, Yoona, Sunny, Yuri, Sooyoung, Hyoyeon, Tiffany, dan Seohyun. Hal ini bahkan sempat membuat Tae-yeon mengalami tidur sambil berjalan. Menurut pengakuan Sooyoung, saat tidur sambil berjalan, Tae-yeon mampu mengerjakan soal matematika, menyapa setiap orang, bahkan melakukan panggilan telepon!

6. Bersama dengan dua rekannya di Girls’ Generation, Tiffany dan Seohyun, Tae-yeon membentuk subgrup bernama TTS di tahun 2012. Di tahun yang sama, ketiga gadis ini merilis mini album berjudul Twinkle. Grup ini memiliki konsep musik dan gaya yang berbeda dengan Girls’ Generation.

7. Selama lebih dari setahun, Tae-yeon sempat menjadi host acara musik Music Core bersama Tiffany dan Seohyun. Mereka menjadi host mulai bulan Februari 2012 hingga April 2013. Mereka bertiga sempat mengucapkan perpisahan dengan menampilkan lagu TTS berjudul “Goodbye, Hello”.

8. Tae-yeon bersama rekannya, Seohyun, ditunjuk menjadi pengisi suara film animasi Despicable Me dan Despicable Me 2 versi Korea. Mereka berdua mengisi suara untuk karakter Margo dan saudara perempuannya, Edith.

9. Pada bulan Juni 2014, pihak agen mengkonfirmasi bahwa Tae-yeon sedang berpacaran dengan salah satu anggota EXO-K, Baekhyun. Mereka menjalin hubungan itu sejak bulan Februari 2014.

10. Tae-yeon sempat muncul dalam dua drama televisi sebagai cameo, yakni dalam drama Unstoppable Marriage (2008, episode 64) dan drama Salamander Guru and the Shadows (2012, episode 3). Ia juga pernah tampil dalam beberapa reality show, seperti Running Man, Infinite Challenge, Family Outing, dan lain sebagainya.

Komentar Anda