10 Fakta Unik Tentang Jung Yong-hwa

Jung Yong-hwa, atau kerap dipanggil dengan Yonghwa, adalah penyanyi, musisi, penulis lagu, sekaligus produser dan aktor Korea Selatan yang lahir di Seoul pada tanggal 22 Juni 1989. Yonghwa adalah leader, gitaris, dan vokalis band rock CNBLUE, di samping pernah bermain dalam beberapa drama populer Korea. Inilah 10 fakta menarik tentang Jung Yong-hwa.

Foto Jung Yong-hwa

1. Yonghwa memiliki kakak laki-laki yang usianya terpaut empat tahun darinya. Di tahun 1991, keluarganya pindah ke Busan dan Yonghwa bersekolah di sana. Di Busan pula Yonghwa mulai mengkomposisi lagu.

2. Di tahun 2009, Yonghwa terbang ke Jepang untuk belajar musik lebih dalam bersama anggota bandnya. Di sana, Yonghwa sering tampil di jalanan dan sempat menelurkan album independen.

3. Dikenal sebagai ulzzang di internet karena ketampanan dan ketrampilan menyanyinya, Yonghwa mulai masuk ke dunia hiburan di tahun 2010. Ia adalah anggota ulzzang generasi pertama yang disebut Best Nine School Ulzzang, yang diikuti oleh anggota-anggota CNBLUE lainnya.

4. Yonghwa ditemukan oleh seorang pencari bakat dari FNC Music yang melihat foto-foto Yonghwa di resor ski yang diunggah ulang oleh seseorang di dunia maya. Sang agen mengontaknya sebelum ujian masuk kuliah, namun Yonghwa menolak tawaran casting itu, sebab awalnya ia tidak ingin menjadi artis. Tapi sang agen tak menyerah dan terus mendekatinya hingga Yonghwa akhirnya luluh.

5. Sukses bersama CNBLUE, Yonghwa juga menulis banyak lagu populer untuk artis-artis lain. Ia juga biasa menulis lagu untuk iklan dan soundtrack drama, seperti lagu Because I Miss You (dan dua lagu lainnya) dalam drama Heartstrings yang ia mainkan. Ketrampilannya menulis lagu ini sudah dikenal luas oleh publik, dan ia dianugerahi banyak penghargaan atas hal itu.

6. Jung Yong-hwa mendapat peran utama pertamanya di layar kaca setelah ia menerima tawaran untuk bermain sebagai Kang Shin-woo dalam drama populer You’re Beautiful yang disiarkan KBS. Serial ini berkisah tentang grup musik, dan ia memerankan gitaris band bernama A.N.Jell.

7. Peran besar keduanya didapatnya dalam drama Heartstrings yang dibintanginya bersama Park Shin-hye. Di sana ia juga bermain dengan rekan sesama bandnya, Kang Min-hyuk. Drama tentang cinta dan impian ini ditayangkan pertama kali pada tanggal 29 Juni 2011.

8. Yonghwa berkali-kali tampil dalam variety show paling populer di Korea, Running Man, di mana ia muncul dalam episode 7, 11, 17, 35-36, 72-73, 104, 127, 129, dan 186. Dalam acara yang digawangi Song Ji-hyo, Gary, Lee Kwang-soo, dan kawan-kawan itu, Yonghwa mendapat nama panggilan Idol Ace dan Super Guest karena ia sering tampil dalam acara itu.

9. Setidaknya Yonghwa telah memenangkan lima penghargaan akting paling bergengsi, salah satunya gelar Aktor Baru Terbaik versi SBS Drama Awards atas penampilannya dalam You’re Beautiful dan Aktor TV Paling Populer versi Baeksang Arts Award berkat permainannya dalam drama Heartstrings.

10. Popularitas Yonghwa kerap membuatnya ditunjuk sebagai MC dalam berbagai acara besar, tampil dalam beberapa video musik artis lain, bermain dalam segudang variety show, serta laris manis sebagai bintang iklan, salah satunya dari Samsung Galaxy dan Sony Xperia.

Komentar Anda