10 Fakta Menarik Tentang EXO

EXO adalah boy band K-Pop Korea Selatan-China yang saat ini popularitasnya sangat melejit. Boy band produksi S.M. Entertainment ini dibentuk di Seoul pada tahun 2011 dan beranggotakan 12 orang yang terbagi menjadi dua kelompok, EXO-K and EXO-M. Kedua kelompok membawakan musik dalam bahasa Korea dan Mandarin. Berikut 10 fakta unik mengenai EXO:

Foto Exo

1. EXO memang dilahirkan untuk sukses. Album pertama mereka, Mama, yang dirilis pada bulan April 2012, langsung meraih kesuksesan luar biasa. Versi EXO-M langsung merajai chart musik China hanya sehari setelah dirilis, sedangkan versi EXO-K videonya menempati urutan ketujuh dalam chart global YouTube.

2. Dua album EXO, yakni Mama (2012) dan studio album XOXO yang dirilis setahun setelahnya meraup rekor penjualan fantastis, yakni terjual 1,5 juta kopi di seluruh dunia.

3. Di awal kemunculannya, EXO juga sempat memecahkan beberapa rekor penting, seperti menjadi boy band termuda yang berhasil meraih penghargaan Album of the Year pada ajang Mnet Asian Music Awards serta menjadi artis K-Pop dengan penjualan tercepat selama 12 tahun terakhir. Sejauh ini, lebih dari 40 penghargaan bergengsi telah diraih EXO.

4. Awalnya, pada Januari 2011 produser dari S.M. Entertainment, Lee Soo-man, mengumumkan akan membentuk boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Boy band itu dinamai M1 dengan anggota hanya tujuh orang yang kemudian dibagi menjadi dua, yakni M1 dan M2 yang berpromosi di Korsel dan China. Itulah cikal bakal boy band EXO.

5. Pada Desember 2011, band itu dinamai EXO, yang diambil dari kata exoplanet atau planet ekstrasurya, yakni planet-planet di luar sistem tata surya. Kai, Lu Han, Tao, dan Chen adalah empat anggota pertama yang diperkenalkan pada publik.

6. Salah satu anggota EXO-K, yakni Suho, pernah tampil sebagai ekstra dalam film Super Junior berjudul Attack on the Pin-Up Boys yang dirilis pada tahun 2007. Suho, Chanyeol, dan Kai juga pernah tampil dalam video musik TVXQ di tahun 2008.

7. Pemimpin EXO-M, Kris, mengajukan tuntutan kepada S.M. Entertainment pada 15 Mei 2014 untuk memberhentikan kontraknya. Disinyalir ada ketidaksetujuan antara dirinya dengan pihak S.M. Entertainment terkait aktivitasnya. Sejak saat itu, EXO hanya beranggotakan 11 orang.

8. Pada Desember 2012, EXO-K didaulat menjadi Duta Besar Goodwill untuk Palang Merah Muda Korea Selatan.

9. EXO juga laris manis di dunia iklan. Sebulan setelah debutnya, EXO-K tampil dalam cover majalah Korea High Cut dengan mengenakan Calvin Klein Jeans. Mereka juga didapuk menjadi duta produk seragam sekolah perusahaan Korsel Ivy Club bersama aktris Kim Yoo-jung. Mereka juga pernah menjadi bintang iklan Coca Cola dan produk perawatan kulit dari The Face Shop.

10. Mini album EXO, Miracles in December, yang dirilis pada Desember 2013, telah dipesan sebanyak 400.000 kopi secara pre-order. Ini adalah rekor baru dalam dunia musik Korea. Extended Play (EP) ini berisi enam lagu dan dirilis di outlet dan toko musik Korea Selatan.

Komentar Anda