10 Jenis Anjing dengan Indera Penciuman Paling Tajam

Loading...

Semua anjing suka mengendus, tetapi ada beberapa anjing yang terlahir dengan hidung yang sangat tajam. Jika Anda mengira anjing Anda memiliki indera penciuman yang tajam hanya karena dia suka mengendus kantong keripik kentang kosong yang Anda sembunyikan di saku mantel, maka Anda bisa keliru. Anjing Anda belum tentu berjenis scenthound.

Anjing pengendus terbaik

Ras scenthound alias spesialis pengendus adalah jenis anjing pemburu yang digunakan untuk berburu. Mereka dapat melacak bekas-bekas aroma binatang lain saat berlarian. Mereka bisa mengendusnya dari berbagai benda atau bahkan dari air yang mengalir dan udara yang berhembus. Mereka secara fisik didesain untuk berburu, memiliki kegigihan dan daya tahan luar biasa yang dibutuhkan untuk mengejar buruan tanpa kenal lelah.

Inilah sepuluh jenis anjing pengendus terbaik di dunia.

1. Basset Hound

Anjing Basset Hound

Awalnya dikembangkan di Perancis untuk berburu terwelu, nama mereka secara harfiah berarti pendek (bas) dan agak pendek (suffix et). Anjing yang cepat dan berbodi panjang ini memiliki kemampuan luar biasa untuk mengendus aroma di tanah. Insting alami Basset Hound yang kuat menjadikan mereka favorit di kalangan para pemburu.

2. German Shorthaired Pointer

Anjing German Shorthaired Pointer

Tidak mengherankan bila anjing enerjik dengan penciuman yang luar biasa ini dikembangbiakkan di Jerman pada tahun 1600-an khusus untuk berburu. Mereka mampu melacak aroma di tanah dan air yang membuatnya menjadi teman yang serbaguna untuk setiap pemburu.

3. Dachshund

Anjing Dachshund

Dachshund adalah salah satu anjing yang tangguh dalam hal berburu. Namanya secara harfiah berarti “anjing badger,” dari bahasa Jerman Dachs (berarti badger) dan Hund (berarti hound). Mereka adalah satu-satunya ras yang mampu berburu baik di atas maupun di bawah tanah. Indera penciuman yang tajam membuat hewan peliharaan kecil ini dapat melacak binatang yang terluka hingga berkilo-kilo jauhnya.

4. English Springer Spaniel

Anjing English Springer Spaniel

Anjing Inggris kecil yang penuh semangat ini adalah teman yang hebat bagi para pemburu karena kemampuannya yang luar biasa untuk mengendus aroma binatang dalam kondisi basah ataupun kering. Sebagai gundog yang hebat, English Springer Spaniel dikenal mampu menggunakan angin untuk melacak bau.

5. Beagle

Anjing Beagle

Loading...

Beagle yang lucu ini dianggap sebagai hewan peliharaan terbaik untuk berburu kelinci. Mereka memiliki salah satu hidung terbaik di dunia perburuan. Ukurannya yang kecil serta kecepatan dan kelincahan yang dimilikinya membuat Beagle bisa menjadi pelacak yang tangguh. Polisi banyak menggunakan Beagle sebagai anjing K-9.

6. Black and Tan Coonhound

Anjing Black and Tan Coonhound

Hanya dengan sekali pandang, Anda akan tahu bahwa anjing Amerika ini memiliki darah Bloodhound dalam dirinya. Scenthound ini dianggap mampu melacak segala sesuatu dari beruang hingga cougar, tetapi sesuai namanya mereka biasanya digunakan untuk melacak rakun. Langkah kaki yang panjang, hidung yang tajam, dan lolongan yang kuat membuat Black and Tan Coonhound menjadi favorit berburu.

7. Bloodhound

Anjing Bloodhound

Scenthound yang tampak sedih ini adalah leluhur dari semua anjing pelacak. Anjing ini berasal dari Belgia sekitar 1000 M di mana mereka dibesarkan untuk berburu rusa dan babi hutan. Dikatakan bahwa Bloodhound memiliki naluri pelacakan yang kuat sehingga sekali mereka mencium bau, mereka hampir mustahil untuk dikendalikan.

8. Bluetick Coonhound

Anjing Bluetick Coonhound

Anjing pengendus yang unik ini berasal dari Deep South di mana mereka dibiakkan untuk melacak rakun dan tupai, memojokkannya di pohon-pohon dan melolong untuk memanggil pemburu. Kegigihan dan kemampuannya untuk melacak bahkan aroma yang samar sekalipun membuatnya menjadi teman berburu terbaik. Namanya berasal dari bulunya yang berwarna biru dengan pola mottled atau ticked.

9. Harrier

Anjing Harrier

Scenthound yang dibesarkan di Inggris ini memiliki hidung besar, lubang hidung terbuka, dan bibir longgar yang diperlukan untuk dengan cepat mengendus aroma binatang apa pun yang mereka lacak. Mereka secara khusus dibiakkan dengan kaki yang lebih pendek yang memungkinkan pemburu untuk mengikuti mereka dengan menunggang kuda atau berjalan kaki. Anjing Harrier dikenal karena kecakapan mereka dalam berburu kelinci dan mangsa kecil lainnya.

10. Petit Basset Griffon Vendeen

Anjing Petit Basset Griffon Vendeen

Menutup daftar breed pengendus ini ada anjing seukuran pint yang berasal dari Prancis dan Belgia pada tahun 700-an, Petit Basset Griffon Vendeen. Mereka ideal untuk melacak kelinci dan mangsa kecil melalui semak belukar yang tebal karena bulu pendeknya yang wiry. Perawakannya pendek, tapi sangat ulet. Kemampuan anjing ini untuk mengendus aroma dalam kondisi yang paling keras membuatnya menjadi teman berburu yang populer.

Loading...

Komentar Anda