Inilah 8 Hal yang Paling Disukai Kucing Peliharaan

Loading...

Karena kucing adalah makhluk yang sangat cerdas, mereka dapat memiliki daftar kesukaan yang cukup panjang (dan mungkin pula daftar hal-hal yang tidak mereka sukai!) Dalam kebanyakan kasus, hal-hal yang disukai kucing sama dengan yang Anda sukai, seperti makanan lezat nan segar, tiduran di tempat-tempat yang nyaman, dan banyak kegiatan menyenangkan lainnya.

Kesukaan Kucing

Sama seperti kita manusia, hal-hal yang menurut kucing menarik, menyenangkan, atau menggairahkan dapat berubah-ubah seiring bertambahnya usia. Kucing Anda mungkin sekarang suka mainan bolanya, tapi suatu hari nanti mereka akan merasa bosan dengannya. Sebagai pemilik kucing, adalah tugas Anda untuk mengenali kapan minat kucing Anda berubah sehingga Anda dapat membuatnya senantiasa bahagia, sehat, dan bersemangat.

Meskipun kesukaan kucing bisa berbeda dari satu kucing ke kucing lainnya, kedelapan hal ini adalah kesukaan umum para kucing di seluruh dunia.

1. Kucing suka tidur siang

Bukan rahasia lagi kalau kucing suka tidur. Faktanya, kucing rata-rata tidur selama 12 hingga 16 jam sehari! Karena kucing adalah makhluk malam hari alias nokturnal, mereka tidur siang hampir sepanjang hari -dan siapa yang bisa menyalahkan mereka? Semua orang menyukai tidur siang yang nyaman di tempat yang nyaman.

Perlu diingat, anak kucing dan kucing tua akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur daripada kucing remaja. Tetapi jika Anda khawatir kucing Anda terlalu banyak tidur (atau justru terlalu sedikit tidur) konsulastikan dengan dokter hewan tentang apa yang normal sesuai jenis, usia, tingkat aktivitas, dan ukuran kucing Anda.

2. Kucing suka merawat dan membersihkan diri

Tahukah Anda bahwa kucing dewasa menghabiskan sekitar setengah dari waktu bangunnya untuk membersihkan diri? Perawatan adalah bagian penting dari kehidupan kucing!

Ada beberapa alasan kenapa kucing mendedikasikan begitu banyak waktu untuk merawat dan membersihkan diri:

– Membuat mereka bersih

Perawatan tidak hanya membantu kucing menghilangkan kotoran dan debu dari bulu mereka, tetapi juga mencegah predator dan mangsa mendeteksi mereka. Bagaimana caranya? Menjilati bulu mereka akan menghilangkan bau apa pun yang telah diserapnya.

– Membuat kulit dan bulu mereka sehat

Perawatan rutin menyebarkan minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit dan bulu kucing, menjaga lapisan bulunya tetap sehat, berkilau, dan terhidrasi.

– Membuat mereka merasa santai

Tidak ada yang lebih santai dari pijatan, bukan? Nah, kucing juga merasakan hal yang sama! Alih-alih mengunjungi tukang pijat, mereka cukup membersihkan diri mereka sendiri untuk mengurangi stres dan menenangkan diri.

– Menguatkan ikatan dengan kucing lain

Kucing saling membersihkan diri -dan manusia mereka!- untuk mengembangkan dan memperkuat ikatan di antara mereka. Anda akan sering melihat kucing saling membersihkan diri di tempat yang sulit dijangkau.

– Mendinginkan tubuh

Manusia berkeringat. Anjing terengah-engah. Kucing menjilat diri mereka sendiri. Ketika sudah sangat panas, kucing membasahi bulu mereka dengan air liur untuk mendinginkan diri.

Tidak semua kucing suka dibersihkan oleh manusianya, tetapi jika Anda ingin melakukannya, cobalah menyikat bulunya dengan sikat bulu alami atau sikat karet. Ini akan menghilangkan kotoran dari bulunya dan akan membuatnya merasa sangat santai.

3. Kucing suka makanan yang fresh dan bergizi

Loading...

Kucing makan

Anda mungkin tidak suka menyantap makanan sisa saat makan malam. Hal yang sama juga berlaku pada kucing Anda! Makanan basi dan busuk bukan cuma tidak enak, tetapi juga mengandung berbagai jenis bakteri, seperti Salmonella dan Staphylococcus.

Setiap kali Anda menyajikan makanan kucing Anda, pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa pada makanan basah dan keringnya. Dengan cara ini Anda bisa memastikan untuk memberinya makan hanya dengan makanan segar, bergizi, dan aman.

4. Kucing suka air mengalir

Jika Anda memiliki kucing, Anda pasti tahu mereka akan mencoba minum air dari keran yang mengalir setiap kali ada kesempatan! Untungnya, ada banyak air mancur minum yang dirancang khusus untuk kucing sehingga air dingin yang segar dan mengalir selalu tersedia untuknya.

Percaya atau tidak, beberapa ras kucing juga suka bermain di air. Jika kucing Anda suka bermain-main, cobalah isi bak mandi atau kolam anak kecil dengan air beberapa senti selama waktu bermainnya. Kegiatan ini akan membantunya mendapatkan sedikit olahraga dan menenangkan diri di hari-hari yang sangat panas.

5. Kucing suka menggaruk dan mencakar

Salah satu naluri dasar kucing adalah mengasah cakarnya dengan menggaruk dan mencakar permukaan yang berbeda. Mereka juga merasakan kesenangan ketika melakukannya! Selain mengasah cakarnya, menggaruk juga bisa membantu merelaksasi dan meremajakan kucing. Anggap saja ini setara dengan peregangan otot ketika Anda sedang lelah atau pegal. Kegiatan menggaruk di pohon kucing atau tiang garuk dapat memulihkan energi kucing yang lelah.

6. Kucing suka waktu bermain harian

Waktu bermain adalah urusan serius bagi kucing, mulai dari anak kucing sampai kucing senior. Tidak perlu banyak hal untuk membuat kucing tetap terhibur, dia akan bermain dengan apa saja, mulai dari benang, lidi berbulu, bola, hingga mainan khusus kucing. Bermain juga menjadi bagian penting dari kesehatan dan perkembangan mereka.

Bermain tidak hanya ‘mengembalikan’ mereka ke hari-hari mereka di alam liar ketika mereka harus menguntit, mengintai, berburu, dan menangkap mangsa mereka, tetapi juga membuat mereka bisa berolahraga, sibuk, dan gembira.

Ada banyak sekali mainan kucing di pasaran, tetapi kucing Anda mungkin juga suka bermain-main seperti petak umpet. Tidak masalah pilihan permainan kucing Anda, yang penting Anda harus mengajaknya bermain beberapa menit sehari.

7. Kucing suka melihat burung

Tidak jarang kita melihat kucing meringkuk di jendela. Mengapa? Karena ini adalah lokasi pengamatan burung terbaik! Entah karena kucing suka menonton burung karena mereka adalah mangsanya atau hanya karena gerakan burung menarik perhatian mereka, beberapa kucing dapat menghabiskan waktu berjam-jam mengamati burung setiap hari.

Jika kucing Anda suka meringkuk di jendela, pastikan untuk melindungi kulitnya dari sinar matahari yang kuat, terutama jika dia memiliki bulu berwarna terang. Cobalah membatasi waktunya di jendela ketika matahari bersinar paling kuat -antara pukul 10 pagi sampai 4 sore- dan tanyakan pada dokter hewan Anda tentang tabir surya yang cocok untuk kucing Anda.

8. Kucing mencintai manusia mereka

Meskipun kucing sering digambarkan sebagai binatang yang cuek dan penyendiri, mereka juga membutuhkan cinta, perhatian, dan persahabatan, dan mereka suka mendapatkannya dari manusia. Cara kucing mengatakan ‘Aku mencintaimu’ tentu saja berbeda dari kita manusia.

Beberapa tanda bahwa kucing menyayangi Anda adalah mendengkur, berguling, mendorongkan kepalanya pada Anda, tidur di dekat Anda, mengeong, menjilati, dan bahkan menempelkan pantatnya di wajah Anda. Mereka juga akan memberi Anda hadiah berupa sesuatu yang mereka buru atau mereka sukai, seperti tikus atau ular mati!

Loading...

Komentar Anda