10 Jenis Teh Khas Asia yang Paling Nikmat

Loading...

Asia adalah gudangnya kuliner! Tak cuma makanan, Asia juga kaya akan berbagai jenis minuman, termasuk teh. Teh adalah salah satu minuman paling populer di dunia dan selama berabad-abad lamanya masyarakat Asia telah mengembangkan berbagai jenis teh yang unik dan bercita rasa tinggi. Nyaris tiap negara di Asia punya teh khas masing-masing, termasuk Indonesia.

Nah buat kamu yang penasaran dengan aneka macam teh khas Asia yang unik, berikut adalah sepuluh di antaranya yang paling populer.

1. Matcha

Teh-Matcha

Teh berwarna hijau ini pasti sudah familiar kan? Dibuat dari bubuk teh hijau, aroma dan cita rasaya sangat khas. Di Jepang teh ini biasanya disajikan dalam upacara-upacara tertentu bersama sejenis permen kecil yang disebut wagashi.

2. Sat Rong Cha

Teh-Tujuh-Lapis

Disebut juga seven-color tea alias teh tujuh warna dan berasal dari Bangladesh. Teh unik ini diciptakan oleh Romesh Ram Gour yang menemukan bahwa setiap daun teh punya kepekatan sendiri-sendiri. Setiap lapisan memiliki warna dan cita rasa tersendiri, dari manis sampai pedas.

3. Lei Cha

Teh-Lei-Cha

Lei Cha dibuat dengan mencampurkan teh hijau alias teh oolong dengan rempah-rempah, kacang panggang, serta biji-bijian yang sudah ditumbuk sampai halus. Teh ini pertama kali diciptakan di China Selatan sebelum kemudian menyebar ke berbagai wilayah Asia, seperti Malaysia dan Taiwan.

4. Doodh Pati Chai

Teh-Doodh-Pati-Chai

Berikutnya adalah teh Doodh Pati Chai yang berasal dari India. Teh unik ini dibuat dengan merebus teh yang sudah disaring dengan susu dan ditambahkan gula. Teh ini lebih kuat rasanya karena tidak ditambahkan air selama proses pembuatannya.

5. Masala Chai

Teh-Masala-Chai

Loading...

India juga punya teh unik lain yang disebut teh Masala Chai. Minuman ini pada dasarnya adalah campuran dari teh dengan berbagai jenis rempah-rempah. Aroma dan rasanya yang kuat dipicu oleh kandungan kapulaga, kayu manis, cengkeh, jahe, serta lada hitam. Kebayang rasanya?

6. Po Cha

Teh-Po-Cha

Po Cha disebut juga teh mentega karena dibuat dari campuran daun teh dan mentega serta ditambah air dan garam. Minuman ini dikonsumsi luas di daerah Tibet, Nepal, Bhutan, India, serta China. Po Cha sangat populer di daerah dingin seperti Himalaya karena mampu menghangatkan tubuh.

7. Cha Yen

Teh-Cha-Yen

Thailand tak mau ketinggalan dengan menghadirkan teh Cha Yen. Bahan pembuat teh ini cukup kompleks, meliputi teh Assam alias seduhan Ceylon ditambah air jeruk, tumbukan biji asam, adas bintang, susu kental manis, serta gula. Rasanya pun sungguh nikmat.

8. Suutei Tsai

Teh-Suutei-Tsai

Teh khas daerah Mongolia ini dibuat dengan mencampurkan air, daun teh, susu, dan garam lengkap dengan mentega sebagai bahan campurannya. Dibanding teh susu dari daerah lainnya, Suutei Tsai memiliki cita rasa yang cenderung asin.

9. Kashmiri Chai

Teh-Kashmiri-Chai

Sesuai namanya, Kashmiri Chai berasal dari lembah Kashmir. Adapun bahan pembuatnya meliputi teh hijau bubuk, susu, dan garam. Warna pinknya dihasilkan dari pewarna makanan. Warna pink itu membuat Kashmiri Chai semakin menarik dan menggugah selera.

10. Darjeeling tea

Teh-Darjeeling-tea

Terakhir ada Darjeeling tea yang berasal dari India, tepatnya di daerah Benggala bagian barat. Darjeeling tea tergolong istimewa karena tanamannya hanya tumbuh di daerah ini. Teh ini lebih dikenal dengan nama teh sampanye dan memiliki rasa buah yang nikmat.

Dari kesepuluh teh itu, mana nih yang sudah pernah kalian coba?

Loading...

Komentar Anda