5 Kebiasaan Kids Jaman Now Kalau Sedang Pegang Smartphone

Kalau kids jaman old main kelereng atau petak umpet, kids jaman now mainan smartphone. Ya, di jaman kita dulu jangankan smartphone, telepon rumah saja mungkin hanya orang kaya saja yang punya, apalagi handphone. Tapi di jaman sekarang pemakaian smartphone sudah menjamur di mana-mana dan di semua kalangan. Anak-anak ingusan pun sekarang sudah megang smartphone dan ngeksis walau sebetulnya mereka tak butuh.

Kids Internetan

Lalu buat apa anak-anak itu merengek minta gadget canggih pada orangtuanya?

1. Selfie dan Wefie

Bahkan anak TK sekarang sudah pandai berpose di depan kamera smartphone. Kecanggihan ponsel jaman sekarang memang terletak pada kameranya. Smartphone murah saja sekarang sudah dilengkapi dual camera yang memudahkan siapapun, termasuk anak-anak, untuk berselfie ria bersama teman-temannya.

2. Upload di sosmed, berhaha hihi di sana

Kalau sudah selfie, maka kebiasaan kedua adalah ngupload di sosmed (FB, Instagram, dll) sambil ngetag teman-temannya. Setelah itu foto tersebut akan dilike dan dikomentari. Kids jaman now bahkan sudah pintar membuat caption atau kata-kata untuk foto unggahannya.

3. Live

Loading...

Kids Jaman Now

Di banyak sosmed sekarang sudah ada fitur live alias siaran langsung, seperti di Facebook dan Instagram. Fungsinya seperti namanya, yaitu untuk siaran live alias menyiarkan kegiatan penggunanya secara langsung tanpa editing ke ruang sosmed. Mirip seperti artis yang sedang syuting live. Bocah buat apa ngelive???

4. YouTube-an

Yang mengherankan, kids jaman now seusia playgroup saja sudah pandai ‘Yutupan’ alias streaming video di YouTube untuk menonton berbagai video kesukaannya. Ini bisa membikin jebol kuota internet orangtuanya. Beberapa kids bahkan akan memutar video yang sama ratusan kali sampai bosan. Itulah alasannya kenapa di YouTube kini banyak sekali channel animasi untuk anak. Karena view berulang dari anak adalah sumber pemasukan iklan yang besar untuk pemilik channel.

5. Ngegame

Dan pastinya smartphone sekarang, khususnya Android, dilengkapi dengan banyak game keren yang bisa langsung didownload gratis dari Play Store. Lupakan PS 3, sekarang game-game online dan offline Android semakin keren. Kids bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk ngegame di smartphone, berlomba dengan temannya lewat Bluetooth, dan yang pasti: rajin beli kuota!

Tentunya kebiasan bocah jaman sekarang ini perlu diawasi lebih ketat karena mudahnya mereka mengakses internet di smartphone. Orangtua harus membatasi (kalau perlu melarang) penggunaan smartphone pada anak-anak karena kerugiannya lebih besar dari manfaatnya.

Loading...

Komentar Anda