3 Cara Membersihkan Cache Penyebab Android Lemot

Punya Android lemot? Jangan langsung dibuang atau ditukar tambahkan. Android lemot pasti punya alasan, misalnya terlalu banyak aplikasi atau sampah, misalnya cache. Cache sendiri sebenarnya adalah memori untuk menyimpan data sementara, misalnya gambar. Jadi bila suatu saat kita membuka website tertentu yang sudah pernah kita buka sebelumnya, maka kita bisa membukanya lebih cepat karena cache sudah menyimpan data-data website tersebut (selama cache belum dihapus).

Cache

Nah seringkali ada banyak cache yang sudah tak terpakai dan menimbun di smartphone. Penimbunan ini menghabiskan memori dan memperlambat performa smartphone. Lalu bagaimana cara membersihkannya? Sangat mudah.

1. Hapus semua cache di Android

Loading...

Cara pertama adalah menghapus semua data cache di Android dengan masuk ke menu Setting (Pengaturan), pilih Storage & Memory, lalu pilih Storage & USB Option. Setelah itu masuklah ke menu Internal Storage dan pilih Cache Data. Tekan OK saat muncul pop up “Clear Cached Data?” Maka semua cache Androidmu akan dihapus.

Baca Juga:  Ulasan Game Poker iPhone: VIP Poker

2. Hapus cache di aplikasi

Opsi kedua adalah menghapus cache per aplikasi. Ini dilakukan agar cache-cache tertentu yang masih kita butuhkan (seperti di Goole Maps atau browser) masih bisa dipakai. Misalnya kita ingin menghapus cache Facebook, maka masuk saja ke Setting, pilih Apps atau App Manager, pilih tab All (semua aplikasi), pilih aplikasinya (misal Facebook), dan klik opsi Clear Cache.

3. Hapus cache dengan aplikasi

Cara ketiga adalah yang paling simpel, yaitu menggunakan aplikasi pembersih cache dan sampah-sampah lainnya. Aplikasi yang paling populer adalah Clean Master. Tapi jika butuh yang lebih simpel dan kecil ukurannya, maka install saja CCleaner. Fungsinya sama kok. Kamu bisa bersih-bersih cache seminggu sekali.

Itulah cara-cara melenyapkan sampah cache dari smartphone Android. Gampang sekali kan? Moga cara-cara di atas bisa membuat performa ponselmu lebih bagus dari sebelumnya.

Loading...

Komentar Anda