Lima Pulau Paling Misterius di Dunia

Loading...

5. Pulau Surtsey

Pulau Surtsey

Perjalanan ke Pulau Surtsey akan terasa seperti perjalanan kembali ke masa di mana dunia belum ternoda oleh aktivitas manusia, dan di mana kehidupan manusia baru saja menetap. Hal ini karena Pulau Surtsey adalah sebuah pulau yang baru lahir, yang berusia kurang dari 50 tahun.

Loading...

Surtsey terletak pada titik paling selatan Islandia, dan tidak ada sebelum tahun 1963. Pada saat itu, gunung berapi bawah laut meletus, mencapai permukaan, dan mulai membentuk pulau ini. Aktivitas vulkanik terus terjadi sampai tahun 1967, di mana sebidang tanah seluas 2,7 km persegi terbentuk.

Sejak saat itu, erosi terus-menerus mengikis pulau tersebut, mengurangi ukurannya, hingga pada tahun 2002 pulau ini hanya tinggal berukuran 1,4 km persegi. Pulau Surtsey telah disurvei oleh para ilmuwan yang menyatakan bahwa pulau ini tidak mungkin menghilang sepenuhnya dalam waktu dekat.

Kehidupan dalam bentuk mikroorganisme, serangga, burung, tanaman, dan bahkan anjing laut sekarang dapat dilihat di pulau yang baru terbentuk ini. Pulau Surtsey tentu saja menjadi tempat yang indah untuk mempelajari bagaimana kehidupan terus berkembang di pulau yang baru terbentuk di bumi.

Loading...

Komentar Anda