10 Ancaman Kesehatan Jika Kita Duduk Lama Berjam-jam

Kebanyakan kita bisa menghabiskan waktu minimal enam jam untuk duduk setiap harinya, terutama di tempat kerja. Duduk terlalu lama bisa memiliki efek jangka pendek dan jangka panjang pada kesehatan Anda, membuat kegiatan yang tampak santai ini menjadi sesuatu yang membahayakan. Apa saja 10 ancaman kesehatan duduk lama selama berjam-jam? Berikut ulasannya.

Duduk Lama

1. Kaki dan pinggul lemah

Jika Anda tidak menggunakannya, Anda akan kehilangannya. Dengan duduk sepanjang hari, Anda tidak bergantung pada otot-otot tubuh bagian bawah yang kuat untuk menahan Anda. Hal ini menyebabkan atrofi otot, yang merupakan melemahnya otot-otot ini. Tanpa otot kaki dan pinggul yang kuat untuk menstabilkan Anda, tubuh Anda berada pada risiko cedera.

2. Menambah berat badan

Bergerak menyebabkan otot Anda melepaskan molekul seperti lipoprotein lipase, yang membantu memproses lemak dan gula yang Anda makan. Ketika Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, pelepasan molekul ini berkurang dan bagian belakang tubuh Anda memiliki risiko untuk melebar, menurut penelitian. Anda juga berisiko lebih besar menderita sindrom metabolik, bahkan jika Anda berolahraga. Satu studi menemukan bahwa pria yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk dari biasanya, akan menambah berat badan di sekitar bagian tengah tubuh, yang merupakan tempat paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

3. Pinggul kaku dan punggung sakit

Sebagaimana otot kaki dan pinggul, pinggul dan punggung juga akan menderita ketika kita lama duduk. Duduk menyebabkan fleksor pinggul Anda memendek, dan posisi duduk Anda juga bisa menyakiti punggung, terutama jika Anda memiliki postur yang buruk atau tidak menggunakan kursi ergonomis. Juga, sikap tubuh yang buruk saat duduk dapat menyebabkan kompresi pada cakram di tulang belakang Anda dan dapat menyebabkan degenerasi dini, yang mengakibatkan rasa sakit kronis.

4. Kecemasan dan depresi

Orang jarang memahami bahwa beberapa efek fisik duduk juga merupakan efek mental. Tapi risiko depresi dan kecemasan akan lebih tinggi pada orang yang sering duduk. Hal ini bisa terjadi karena kesehatan mental dari kebugaran berkurang ketika seseorang menghabiskan hari-harinya untuk duduk ketimbang bergerak. Kabar baiknya, risiko ini bisa dikurangi dengan olahraga teratur.

5. Risiko kanker

Muncul penelitian yang menunjukkan bahwa duduk lama dapat meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, antara lain kanker paru-paru, rahim, dan usus besar. Alasan untuk hal ini tidak sepenuhnya jelas.

6. Penyakit jantung

Duduk dapat menyakiti jantung Anda, berpotensi menyebabkan penyakit kardiovaskular. Satu studi menemukan bahwa pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam per minggu menonton televisi memiliki risiko 64 persen lebih besar meninggal akibat penyakit kardiovaskular daripada pria yang hanya menonton televisi selama 11 jam. Para ahli mengatakan orang-orang yang duduk lama memiliki risiko 147 persen lebih tinggi menderita serangan jantung atau stroke.

7. Risiko diabetes

Orang yang menghabiskan lebih banyak waktunya untuk duduk juga memiliki 112 persen kemungkinan peningkatan risiko diabetes. Dalam satu studi yang meneliti efek dari beristirahat di ranjang selama lima hari, peneliti melihat peningkatan resistensi insulin, prekursor dari penyakit diabetes.

8. Varises

Duduk dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan darah berkumpul di kaki. Hal ini dapat menyebabkan varises atau spider veins. Meskipun umumnya tidak berbahaya, vena yang bengkak tidak sedap dipandang mata. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal ini dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti pembekuan darah.

9. Deep Vein Thrombosis (DVT)

DVT adalah jenis penggumpalan darah yang paling umum di kaki. Ketika bagian dari gumpalan ini pecah, ini dapat memotong aliran darah ke bagian lain dari tubuh seperti paru-paru, menyebabkan emboli paru. DVT adalah keadaan darurat medis yang dapat menyebabkan komplikasi besar atau bahkan kematian. Duduk terlalu lama, bahkan dalam perjalanan panjang, dapat menyebabkan DVT.

10. Bahu dan leher kaku

Sebagaimana kaki, pantat, dan punggung bawah, bahu dan leher juga akan menderita karena duduk lama. Hal ini terutama berlaku jika Anda membungkuk dari atas untuk melihat layar komputer.

Komentar Anda