Profil Lengkap Negara Selandia Baru

Selandia Baru adalah negara di Samudra Pasifik Selatan yang terdiri atas dua pulau utama dan beberapa pulau kecil. Negara ini terletak sekitar 1.930 kilometer di tenggara Australia. Penduduk awal, Maori, berasal dari Polinesia di sekitar tahun 900-an. Beberapa suku yang menyebut wilayah baru mereka ini dengan nama Aotearoa, atau “tanah dengan awan putih panjang”. Hal ini karena adanya formasi awan yang terlihat aneh saat mendekati pulau-pulau. Dalam puisi dan legenda, orang Maori mengenang keberanian nenek moyang mereka, yang melakukan perjalanan panjang dalam badai laut tanpa grafik atau alat apapun.

Foto kota di Selandia Baru

Orang-orang Eropa pertama yang melihat pulau-pulau ini adalah kapten kapal Belanda Abel Tasman pada tahun 1642 dan navigator Inggris Kapten James Cook pada tahun 1769. Negara itu dinamai sesuai nama provinsi Zeeland di Belanda.

Penduduk

Kebanyakan orang Selandia Baru adalah keturunan Inggris. Hampir tiga perempat dari penduduknya tinggal di Pulau Utara, dan satu-perempat tinggal di Pulau Selatan yang lebih besar.

Jumlah penduduk Maori sekitar 600.000 orang. Mereka tumbuh lebih cepat daripada populasi Eropa dan membentuk sekitar 16 persen dari penduduk Selandia Baru. Beberapa orang Maori tinggal di desa-desa di Pulau Utara. Di sana mereka melestarikan bahasa, nyanyian, dan tarian tradisional mereka. Gedung-gedung pertemuan berukir dan patung-ptung kayu adalah ekspresi khas seni mereka. Ada upaya besar untuk menjaga seni ini agar tetap hidup.

Orang Maori telah meninggalkan cara-cara tradisional mereka untuk waktu yang lama. Sekarang lebih dari 85 persennya tinggal di kota-kota. Akibatnya, orang Maori mengalami perubahan ekonomi dan sosial yang besar.

Bahasa dan Agama

Bahasa Inggris dan Maori adalah bahasa resmi Selandia Baru. bahasa Maori dituturkan di sebagian besar acara resmi, tetapi tetap terancam sebagai bahasa sehari-hari. Hanya sekitar 10 persen dari orang Maori yang mampu menggunakannya dengan lancar, meskipun kohanga Reo -sekolah yang membenamkan anak-anak dalam bahasa Maori- sudah didirikan pada tahun 1980-an. Bahasa Maori diajarkan di beberapa sekolah, tapi tidak wajib. Organisasi keagamaan utama Selandia Baru adalah Gereja Inggris, Gereja Presbyterian, Gereja Katolik Roma, dan Gereja Methodist.

Sekolah dan Perpustakaan

Hampir semua orang di Selandia Baru dapat membaca dan menulis. Pemerintah memberikan pendidikan gratis bagi anak-anak dari usia 3 sampai 19 tahun. Pendidikan wajib bagi anak-anak yang berusia 6 sampai 16 tahun, tetapi sebagian besar anak masuk sekolah pada usia 5 tahun. Anak-anak yang tinggal jauh dari sekolah bisa bergabung dengan Sekolah Korespondensi Pemerintah dan mendengarkan siaran pelajaran dari sekolah di radio.

Universitas-universitas utama adalah University of Auckland di Auckland; Victoria University di Wellington, ibu kota; Massey University di Palmerston North; Canterbury University di Christchurch; dan University of Otago di Dunedin.

Negara ini memiliki sistem perpustakaan yang luas. Perpustakaan penelitian utama meliputi Perpustakaan Umum Auckland; Perpustakaan Alexander Turnbull dan Perpustakaan Nasional Selandia Baru, keduanya di Wellington; dan Perpustakaan Hocken di Dunedin.

Kehidupan Masyarakat

Orang Selandia Baru menikmati standar hidup yang relatif tinggi. Namun, hanya sedikit yang memiliki kekayaan besar. Mayoritas keluarga masih tinggal di rumah kayu satu lantai. Sebagian besar keluarga memiliki mobil dan banyak juga yang memiliki peralatan rumah modern. Tapi kemiskinan meningkat, terutama di kalangan mereka yang berpendidikan terbatas.

Olahraga dan Rekreasi

Orang Selandia Baru menikmati alam bebas, dan orang-orang dari segala usia ambil bagian dalam olahraga. Kegiatan favorit meliputi berkemah, berperahu, berburu, dan memancing. Balap kuda menarik banyak orang ke sirkuit balap. Rugby adalah olahraga terkemuka. Olahraga tim lainnya adalah sepak bola, kriket, basket, dan hoki lapangan. Pelari jarak jauh negara ini telah mencetak rekor dunia. Pada tahun 1953, orang Selandia Baru bernama Edmund Hillary dan pemandu Sherpa bernama Tenzing Norgay menjadi orang pertama yang mendaki Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia. Hillary kemudian diberi gelar kebangsawanan atas prestasinya itu.

Bentang Alam

Selandia Baru ada di wilayah Samudra Pasifik di mana gempa bumi sering terjadi. Pada tahun 1931, gempa bumi di Napier pada Hawke Bay menyebabkan 255 orang tewas. Gempa kecil sering terjadi di beberapa bagian negara. Gempa bumi besar (tahun 1942, 1968, 1995, dan 2003) terjadi di daerah yang relatif tidak berpenghuni. Standar bangunan tinggi ditegakkan untuk meminimalisir dampak gempa, tetapi banyak bagian dari Selandia Baru tetap rentan. Hal itu tampak jelas pada tahun 2010, ketika sebuah gempa yang destruktif melanda kota Christchurch di Pulau Selatan, merusak sekitar 100.000 rumah.

Selandia Baru terdiri atas dua pulau besar dan beberapa pulau kecil terpencil. Dua pulau besarnya, Pulau Utara dan Pulau Selatan, dipisahkan oleh Selat Cook. Pulau Stewart yang lebih kecil terletak di selatan Pulau Selatan. Kepulauan Chatham membentang sekitar 644 kilometer ke timur.

Di Pulau Utara, Ruapehu, Tongariro, dan Ngauruhoe adalah gunung berapi aktif di Tongariro National Park. Gunung Egmont, sebuah gunung berapi aktif, ada di pantai barat. Ada geyser dan sumber air panas di Rotorua.

Di Pulau Selatan, Alpen Selatan membentuk punggung gunung dengan puncak yang tajam serta salju dan gletser di sepanjang bagian barat pulau itu. Tasman, Franz Joseph, dan Fox adalah tiga gletser yang paling indah. Gunung Cook, puncak tertinggi di Selandia Baru, tingginya 3.764 meter dan terletak di Alpen Selatan. Orang Maori menyebutnya Aorangi, berarti “si penusuk awan.”

Di barat daya, pegunungan naik langsung dari laut, dan ada sejumlah inlet, atau fjord, mirip dengan yang ada di Norwegia. Daerah ini telah dijadikan Taman Nasional Fiordland. Dekat Milford Sound ada Air Terjun Sutherland yang spektakuler. Banyak air terjun lainnya terjun menuruni lereng curam fjord.

Sungai dan Danau

Sungai-sungai Selandia Baru pendek dan deras serta menjadi sumber energi penting. Hanya di beberapa tempat sungai-sungai itu dapat digunakan untuk navigasi. Sungai Waikato adalah yang terpanjang, mengalir melalui pusat Pulau Utara ke Laut Tasman. Sungai ini mengisi sekaligus mengambil air Danau Taupo, danau terbesar di negara itu. Sungai Rangitikei, Wanganui, dan Manawatu adalah sungai Pulau Utara lainnya.

Sungai Clutha adalah sungai terpanjang di Pulau Selatan. Seperti Waitaki, Rakaia, dan Clarence, sungai ini mengalir ke Samudera Pasifik. Sungai Wairau mengalir ke Selat Cook. Danau pulau ini terbentuk dari gletser yang mengikis lembah atau membendungnya dengan batu dan kerikil.

Iklim

Posisi di sabuk angin barat memberikan Selandia Baru iklim yang mirip dengan pantai barat laut Amerika Utara. Musim panasnya ringan, sedang musim dinginnya sangat dingin dan agak berbadai. Suhu jarang jatuh di bawah titik beku di dataran rendah. Padang rumput tetap hijau sepanjang tahun. Dataran tinggi kedua pulau utama memiliki salju permanen, menyediakan area ski yang baik.

Variasi terbesar dalam curah hujan terjadi di Pulau Selatan. Lebih dari 7.600 mm hujan jatuh Fiordland setiap tahun. Curah hujan di sebelah timur pegunungan bisa sesedikit 380 milimeter. Pertanian di Dataran Canterbury dan di barat daya Pulau Selatan diairi di musim panas.

Sumber Daya Alam

Ketika orang Eropa pertama kali datang ke Selandia Baru, hutan mencakup lebih dari setengah negara. Saat ini, hanya sekitar seperempat dari daerah tersebut yang berhutan. Sebagian besar hutan dibersihkan untuk membuat padang rumput dan sawah. Hanya beberapa hutan pohon kauri yang berharga di utara Auckland yang tersisa. Evergreen beech adalah pohon utama di hutan dataran tinggi Pulau Selatan.

Di sepanjang pantai barat daya ada hutan hujan dengan pepohonan, tanaman merambat, dan pakis yang lebat. Di timur Alpen Selatan ada padang rumput luas. Karena banyaknya domba yang merumput serta kerusakan yang disebabkan oleh kelinci, produktivitas lahan di sana berkurang. Banyak upaya dilakukan dalam beberapa tahun terakhir untuk memperbaiki situasi ini. Tapi erosi tanah masih menjadi masalah serius di bagian perbukitan negara.

Selandia Baru telah melarang pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir. Pembangkit listrik tenaga air tetap menjadi sumber utama energi lokal. PLTA disediakan oleh beberapa sistem sungai Selandia Baru. Sungai Waikato adalah sumber utama pembangkit listrik tenaga air di Pulau Utara. Stasiun hidroelektrik terbesar di negara itu ada di Pulau Selatan -turbin bawah tanah yang menimba air dari Danau Manapouri dan membuangnya ke Doubtful Sound. Jaringan listrik pulau dihubungkan oleh kabel bawah laut di Selat Cook.

Pembangkit listrik di Wairakei, di utara Danau Taupo, adalah salah satu dari sedikit pembangkit listri di dunia yang menggunakan uap dari air panas bawah tanah untuk menghasilkan listrik. Tekanan tinggi uap disalurkan ke turbin dari sumur yang telah dibor jauh ke dalam tanah panas.

Batubara adalah mineral Selandia Baru yang paling berharga. Sekitar sepertiga darinya ditambang dari sekitar Greymouth di Pulau Selatan. Gas alam telah ditemukan di Cape Edgemont di Pulau Utara selatan, tapi sumber energi ini akan segera habis. Hampir semua minyak harus diimpor. Namun, ada harapan untuk penemuan cadangan gas alam lain. Cadangan pasir, kerikil, dan batu kapur ditemukan di banyak bagian negara. Besi ditemukan di pasir pantai Pulau Utara. Pasir ilmenit di pantai barat Pulau Selatan adalah sumber titanium.

Karena lokasi Selandia Baru yang terpencil, jenis burung dan reptil yang tidak biasa berlimpah. Negara ini kaya akan burung. Beberapa burung yang tidak bisa terbang mampu eksis di Selandia Baru karena mereka tidak memiliki musuh alami. Contoh yang paling terkenal adalah kiwi, burung tanpa ekor dan sayap. Binatang Selandia Baru yang unik lainnya adalah tuatara. Reptil ini disebut fosil hidup karena merupakan kerabat dinosaurus. Selandia Baru dulu tidak memiliki mamalia darat asli kecuali kelelawar, lalu para pemukim Eropa membawa kambing, babi, kelinci, musang, rusa, dan opossum. Mereka telah menjadi hama, merusak hutan dan padang rumput, karena tidak ada musuh alami untuk mengendalikan populasinya.

Ikan dan kerang berlimpah di perairan sekitar Selandia Baru. Pemancing telah mengisi danau dan sungai dengan salmon dan trout, dan ikan untuk olahraga memancing berlimpah di laut lepas Utara Auckland. Paus dan anjing laut diburu dalam jumlah besar di lepas pantai pada tahun 1800-an. Kini, paus sperma dan paus selatan telah pulih jumlahnya dalam beberapa tahun terakhir, dan atraksi paus telah menjadi daya tarik wisata. Anjing laut berbulu yang dilindungi juga telah pulih dan merupakan pemandangan umum di pantai dingin Pulau Selatan.

Ekonomi

Selandia Baru adalah negara agraris. Hanya sekitar 7 persen dari pekerjanya yang benar-benar terlibat dalam pertanian. Tapi banyak lainnya terlibat dalam pengolahan dan perdagangan produk pertanian. Saat ini, semakin banyak orang yang bekerja di industri jasa yang terus tumbuh, termasuk pariwisata.

Jasa

Sekitar tiga dari setiap empat pekerja Selandia Baru bekerja di industri jasa. Secara tradisional, sektor transportasi dan pemerintah telah menjadi penyerap tenaga kerja utama. Namun, industri pariwisata -termasuk restoran dan makanan lainnya- juga telah menyediakan banyak lapangan kerja.

Manufaktur

Sekitar 19 persen pekerja Selandia Baru bergerak di bidang manufaktur. Ekspor utama Selandia Baru berasal dari peternakan -wol, daging, mentega, keju, serta jangat dan kulit. Banyak orang mengolah produk-produk pertanian di pabrik-pabrik susu, pabrik pengalengan, pabrik bir, dan pabrik pendinginan daging.

Perkayuan merupakan industri penting dimana penebangan dilakukan di hutan. Di Kaingaroa di Pulau Utara, pabrik menggunakan kayu dari hutan pinus yang ditanam untuk membuat bubur untuk kertas koran, dan pabrik lainnya membuat berbagai macam kertas.

Sebagian besar mesin-mesin berat Selandia Baru harus diimpor. Tapi barang wol, karpet, pakaian, sepatu, furnitur, peralatan listrik, dan perangkat lunak komputer diproduksi di sini. Impor minyak bumi disuling di kilang minyak di Whangarei. Pemurnian aluminium di Bluff menggunakan pembangkit listrik tenaga air untuk memurnikan bijih yang diimpor dari Australia.

Pertanian dan Perikanan

Peternakan adalah dasar dari perekonomian Selandia Baru. Negara ini memiliki lebih dari 30 juta domba dan hampir 10 juta sapi. Padang penggembalaan dibudidayakan di sebagian besar peternakan. Ada juga banyak peternakan sapi, terutama di Waikato Valley, sekitar New Plymouth, dan sebelah timur laut Wellington; ada peningkatan jumlah peternakan sapi di bagian yang lebih kering di Pulau Selatan, sebelumnya disediakan untuk domba. Di padang rumput yang lebih tinggi di Pulau Selatan, peternakan domba besar disebut run. Peranakan utama domba di run ini adalah merino, yang menghasilkan wol halus. Sapi potong diternak di banyak bagian negara.

Di dataran rendah beberapa pertanian membudidayakan tanaman seperti gandum, barley, dan kentang. Dataran Canterbury adalah daerah pertanian gandum terkemuka. Hop tumbuh di dekat Nelson di Pulau Selatan. Kebun apel Selandia Baru menghasilkan cukup apel untuk pasar ekspor yang besar. Buah-buahan lainnya yang dibudidayakan antara lain pir, persik, aprikot, plum, ceri, dan beberapa jenis buah lainnya. Buah jeruk juga tumbuh di utara jauh. Perkebunan anggur yang meningkat jumlahnya menghasilkan anggur berkualitas tinggi. Di dekat kota-kota besar ada perkebunan sayur komersial.

Sejak tahun 1970-an, perikanan telah tumbuh menjadi industri besar, menyumbang sekitar 5,6 persen dari pendapatan ekspor. Sejak tahun 1992, banyak wilayah tangkapan Selandia Baru telah diberikan kepada suku Maori. Mereka kini menguasai atau terlibat dalam hampir sepertiga dari perikanan komersial Selandia Baru. Budidaya ikan (aquaculture) telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, dengan peternakan kerang dan tiram meningkat di sepanjang pantai.

Pertambangan

Batubara Selandia Baru digunakan untuk menghasilkan uap, membuat gas, menyediakan bahan bakar untuk rumah dan pabrik-pabrik, serta menghasilkan listrik. Pasir dan kerikil, yang digunakan untuk pembangunan jalan dan konstruksi beton, menempati posisi kedua di batubara dalam hal nilai. Kapur digunakan untuk membuat pupuk dan semen. Di selatan Auckland, baja dibuat dari pasir besi terdekat (semacam pasir yang kaya bijih besi).

Transportasi

Penumpang dan barang bergerak di dalam negeri dengan sistem transportasi modern. Kapal bergerak di antara pelabuhan utama, dan feri berjalan melintasi Selat Cook. Jalur kereta api dan jalan raya beraspal menghubungkan kota-kota utama dan kota-kota kecil di kedua pulau. Air New Zealand melayani penerbangan di dalam negeri dan ke beberapa negara di luar negeri di sekitar Samudera Pasifik. Sejumlah maskapai asing juga beroperasi di Selandia Baru.

Komunikasi

Selandia Baru memiliki jaringan telepon, telegraf, dan radio modern yang menjangkau semua bagian negara yang berpenghuni. Kabel telepon internasional, radio-telepon, dan komunikasi satelit menghubungkan Selandia Baru dengan Australia, Amerika Utara, dan seluruh dunia. Ada sekitar sembilan stasiun televisi dan 418 stasiun radio. Ada lebih dari 3 juta pengguna internet. Kota-kota besar memiliki surat kabar harian mereka sendiri. Di antara yang paling banyak dibaca adalah New Zealand Herald, The Press, dan Sunday Star Times.

Kota-kota Besar

Hampir 90 persen orang Selandia Baru tinggal di kota-kota, dan proporsi penduduk perkotaan meningkat. Wellington adalah ibukota Selandia Baru dan ibu kota negara paling selatan di dunia. Kota ini berdiri di antara perbukitan di sekitar Pelabuhan Nicholson di ujung selatan Pulau Utara. Populasi kota ini hampir 200.000 orang; sekitar 386.000 orang tinggal di daerah perkotaan Wellington. Pelabuhannya adalah kawah cekung dari gunung api purba. Mobil kabel berjalan dari distrik bisnis hingga Victoria University. Lebih banyak orang tinggal di pinggiran kota Wellington terdekat daripada di dalam kota Wellington.

Auckland, terletak di ujung utara Pulau Utara, adalah daerah pusat urbanisasi terbesar di Selandia Baru. Kota ini memiliki populasi sekitar 1,4 juta orang, dengan 441.000 orang tinggal di kota itu sendiri. Kota ini memiliki dua pelabuhan, Waitemata di sisi Pasifik dan Manukau di Laut Tasman. Sebuah jembatan bentang Waitemata Harbor, menghubungkan kota utama dengan pinggiran kota di pantai utara. Auckland adalah pelabuhan persinggahan pertama dan terakhir bagi banyak kapal dari luar negeri. Kota ini memiliki populasi orang Polinesia yang besar.

Christchurch, dengan populasi lebih dari 370.000 orang, adalah kota terbesar di Pulau Selatan. Taman dan kebunnya mengingatkan banyak pengunjung akan Inggris. Kota ini terkenal karena sejumlah besar sepeda yang digunakan oleh warganya. Jalur kereta dan mobil melewati terowongan melalui Pelabuhan Hills untuk menghubungkan Christchurch dengan pelabuhan di Lyttelton, yang menangani ekspor wol, produk susu, barang-barang manufaktur, dan daging beku, di samping menerima pengiriman mesin dan barang-barang manufaktur lainnya.

Warisan Budaya

National Symphony Orchestra melakukan konser di seluruh negeri. Ada juga perusahaan opera dan balet, serta banyak galeri seni dan museum. Di antara para penulis kelahiran Selandia Baru yang paling terkenal adalah Katherine Mansfield, Dame Ngaio Marsh, Sylvia Ashton Warner, dan Janet Frame. Frances Hodgkins dan Colin McCahon adalah pelukis berbakat negeri ini. Bintang Opera Kiri Te Kanawa dan Donald McIntyre diakui secara luas. Sutradara film Peter Jackson telah meningkatkan profil industri film Selandia Baru dengan keberhasilan trilogi The Lord of the Rings besutannya.

Pemerintah

Selandia Baru adalah sebuah dominion (negara berpemerintahan sendiri) di dalam Commonwealth of Nations. Seorang gubernur jenderal yang mewakili kerajaan Inggris ditunjuk atas saran dari pemerintah Selandia Baru. Dewan Perwakilan Rakyat, satu-satunya rumah di cabang legislatif dari pemerintah, adalah badan pembuatan undang-undang. Lima anggotanya adalah orang Maori, yang dipilih oleh pemilih Maori.

Setiap warga negara yang berusia 18 tahun atau lebih dapat memilih. Perempuan memiliki hak untuk memilih sejak tahun 1893. Pemilihan umum diadakan setidaknya setiap tiga tahun sekali. Pemimpin partai yang memenangkan mayoritas kursi dalam pemilihan menjadi perdana menteri. Perdana menteri dan kabinet melaksanakan fungsi eksekutif pemerintah. Pengadilan Tinggi adalah pengadilan tertinggi di cabang yudisial dari pemerintah. Hakim diangkat oleh Gubernur Jenderal.

Komentar Anda