10 Fakta Menarik Tentang Han Ji-hye

Han Ji-hye adalah aktris Korea Selatan yang lahir di Gwangju pada tanggal 29 Juni 1984. Aktris yang piawai bermain seruling dan ngedance ini paling dikenal sebagai Ha-Mi dalam film komedi romantis populer My Boyfriend Is Type B (2005), yang dibintanginya bersama Lee Dong-gun. Selain film itu, masih banyak drama dan film yang ia mainkan. Berikut ulasan fakta-fakta menarik yang bisa digali dari Han Ji-hye.

Foto Han Ji-hye

1. Han Ji-hye lahir dengan nama Lee Ji-hye. Namun ia mengganti namanya menjadi Han Ji-hye agar fansnya tak bingung membedakannya dengan aktris kawakan Korea, Lena Lee, yang juga memiliki nama yang sama dengannya.

2. Han memulai debutnya di dunia hiburan sebagai seorang model. Tak lama berkiprah sebagai model, Han langsung menyebrang ke dunia akting. Peran pertamanya adalah sebagai figuran dalam drama TV Great Luck Family (2002-03). Di Summer Scent (2003), ia tampil menemani para bintang utama seperti Song Seung-heon, Son Ye-jin, dan Ryu Jin.

3. Adapun peran utama yang pertama kali didapatnya adalah sebagai Yoon Jung-sook dalam drama komedi romantis 16 episode berjudul Sweet 18 (2004). Ini adalah pertama kalinya Han berduet dengan aktor Lee Dong-gun, sebelum tampil kembali dalam My Boyfriend Is Type B. Mereka berdua bahkan sempat berpacaran selama empat tahun, sebelum akhirnya putus di awal 2008.

4. Dalam tahun-tahun berikutnya, artis yang hobi main game komputer dan menonton TV ini tampil dalam beberapa drama kecil dengan rating rendah. Tak mau pamornya turun, Han melejit lagi lewat serial harian Likeable or Not bersama Kim Ji-seok, Jo Dong-hyuk, Yoo In-young, dan Lee Young-eun. Likeable or Not menjadi drama harian yang sangat populer dengan rating tertinggi sejak tahun 2000.

5. Tak hanya sampai di sini, Han kembali mempertontonkan kemampuan aktingnya lewat peran yang lebih matang dalam drama epik tahun 2008, East of Eden. Di sana, Han mendapat peran sebagai Kim Ji-hyun dewasa, sedang Kim Ji-hyun remaja diperankan oleh aktris Nam Ji-hyeon.

6. Ditemani Leon Jay Williams, Han diminta menyanyikan lagu tema Olimpiade, “Friends,” versi bahasa Korea dan China. Han ditarik ke proyek ini lewat proposal komite Chinese Olympic, yang memintanya menyanyikan “Friends” sebagai lagu resmi bagi cabang olahraga renang yang dihelat di Beijing National Aquatics Centre.

7. Rupanya Han juga tertarik dengan dunia kewirausahaan. Ia rela terbang ke kota Florence, Italia, untuk mempelajari teknik pembuatan sepatu. Han berkolaborasi dengan brand Jinny Kim untuk memproduksi merek sepatunya sendiri, “H by Jinny Kim.” Hal ini diabadikan dalam tayangan dokumenter berjudul Han Ji-hye: Shoes! My Dream! yang disiarkan di saluran kabel O’live TV. Produk Han dijual di department store terkemuka di Korea, Singapura, dan sebagainya.

8. Di sela-sela kesibukannya bermain drama, Han menyempatkan diri menulis dan mempublikasikan My Fair Lady, sebuah easy otobiografi tentang gaya hidup. Tulisan ini memfokuskan diri pada hobi dan keseharian Han, di samping catatan tentang penampilannya di layar kaca dan layar lebar.

9. Wanita yang mengenyam pendidikan di Sejong University jurusan Film dan Seni ini juga tertarik dan bahkan belajar tentang upacara minum teh, keramik, perabotan DIY (do-it-yourself), seni kain.

10. Di tahun 2010, Han tampil dalam film sejarah Blades of Blood tanpa melalui audisi. Hal ini dilakukan sutradara Lee Joon-ik karena ia membutuhkan mata khas Asia yang dimiliki Han, bukan karena kemampuan aktingnya. Han mengatakan, sang sutradara kerap memarahinya di awal syuting karena tidak berakting dengan baik. Namun Lee sebenarnya hanya ingin Han bermain senatural mungkin. Han menggunakan rasa “sakit hatinya” untuk menghidupkan kesedihan karakternya dari tengah hingga akhir film. Setelah Blades of Blood, Han tampil dalam beberapa drama TV, yakni Pianist, The Duo, The Great Gift, May Queen, Pots of Gold, dan The Full Sun.

Komentar Anda