10 Fakta Menarik Tentang Lee Byung-hun

Lee Byung-hun adalah aktor Korea Selatan yang lahir di Seoul pada 12 Juli 1970. Aktor tenar ini pernah membintangi beberapa film besar, seperti G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009), G.I. Joe: Retaliation (2013) dan RED 2 (2013). Selain itu, aktor yang memulai karirnya sejak tahun 1995 ini juga bermain dalam film Joint Security Area (2000), A Bittersweet Life (2005), The Good, the Bad, the Weird (2008), I Saw the Devil (2010), dan Masquerade (Gwanghae) (2012). Berikut 10 fakta unik mengenai Lee Byung-hun:

Foto Lee Byung-hun

1. Lee Byung-hun memiliki seorang adik perempuan bernama Lee Eun-hee, yang merupakan Miss Korea tahun 1997. Untuk urusan asmara, aktor tampan ini pernah menjalin cinta dengan aktris drama Korea, Song Hye-kyo, yang juga menjadi lawan mainnya dalam serial TV All-In. Namun mereka putus pada tahun 2004.

2. Lee menikah dengan aktris Korea lainnya, Lee Min-jung, pada tanggal 10 Agustus 2013 di Grand Hyatt Seoul. Pasangan ini sudah berpacaran sejak tahun 2006 dan memutuskan akan segera menikah pada 2012.

3. Lee membentuk perusahaan manajemennya sendiri, BH Entertainment, yang mengurusi banyak aktor tenar Korea, antara lain Han Hyo-joo, Go Soo, dan Han Ji-min. Lee juga memiliki toko BHNC yang menjual topi, syal dan dompet.

4. Dalam industri video game, Lee Byung-hun dijadikan model untuk karakter utama Wayne Holden dalam game laris Lost Planet: Extreme Condition yang dirilis tahun 2006 untuk Xbox 360, PS3, dan PC.

5. Lee membintangi film Amerika RED 2 (2013), sekuel dari film laga komedi populer RED (2010), bersama aktor dan aktris kenamaan Hollywood, seperti Bruce Willis, Catherine Zeta-Jones, Helen Mirren, dan John Malkovich.

6. Pada tanggal 23 Juni 2012, bersama dengan Ahn Sung-ki, Lee menjadi aktor Korea pertama yang meninggalkan cetakan tangan dan kaki mereka di halaman depan Grauman’s Chinese Theatre di Hollywood, Los Angeles. Ia diakui sebagai bintang yang muncul di Hollywood atas perannya sebagai Storm Shadow dalam GI Joe: The Rise of Cobra, dan sekuelnya, G.I. Joe: Retaliation. Pada bulan Oktober, ia memenangkan penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam Grand Bell Awards atas peran gandanya dalam film kolosal Gwanghae. Film box office ini menjadi film ke-7 dalam sejarah Korea yang mampu melampaui 10 juta penonton.

7. Debut Lee dalam dunia akting dimulai ketika ia tampil dalam drama televisi Asphalt My Hometown setelah melalui audisi ajang pencarian bakat di KBS pada tahun 1991. Dia terus tampil dalam beberapa drama televisi sampai ia membuat terobosan besar pada tahun 2000 setelah tampil dalam film Joint Security Area yang disutradarai oleh Park Chan-wook.

8. Pada tahun 2001, popularitas Lee terus menanjak ketika dia mendapat peran utama bersama Choi Ji-woo dalam melodrama Beautiful Days. Pada tahun 2003 ia menerima penghargaan Grand Prize di SBS Drama Awards dan dinobatkan sebagai Aktor Terbaik di Baeksang Arts Awards atas perannya dalam drama poker AllIn.

9. Sejak tahun 2005 Lee lebih fokus pada film dan ia menuai banyak pujian atas penampilannya dalam film A Bittersweet Life yang disutradarai oleh Kim Ji-woon dan ditampilkan dalam Festival Film Cannes. Lee dinominasikan sebagai Aktor Terbaik dalam Blue Dragon Film Awards dan Grand Bell Awards, serta memenangkan penghargaan dalam Baeksang Arts Awards, Chunsa Film Art Awards, dan Korean Association of Film Critics Awards.

10. Lee Byung-hun bertemu kembali dengan sutradara Kim Ji-woon dalam film The Good, the Bad, the Weird, dan mendapat peran pertamanya sebagai penjahat. Film ini diputar dalam Festival Film Cannes dan dianggap sebagai salah satu dari 10 film laga Korea terbaik sepanjang masa.

Komentar Anda