Fakta-Fakta Menarik Tentang Anjing Polisi

Dikenal karena kemampuannya untuk menangkap suatu subjek atau pencarian menggunakan bau yang tak terdeteksi oleh hidung manusia, anjing telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai aktivitas proteksi dan deteksi, dan pertama kali digunakan oleh polisi Amerika dalam pengendalian kerusuhan selama Perang Vietnam. Dianggap sebagai bagian dari kepolisian, anjing polisi diberikan medali dan kadang-kadang, seperti dalam kasus anjing Kepolisian Miami bernama Brit, diberikan pemakaman penuh ala polisi.

German Shepherd

Anjing polisi dilatih untuk membantu polisi dalam mencari, mengintimidasi, atau menangkap penjahat. Anjing yang bekerja sama dengan polisi untuk mencium bebauan tertentu disebut sebagai “anjing deteksi,” dan selanjutnya dilatih untuk mendeteksi bom, narkotika, bahan peledak, senjata api, atau aroma tertentu lainnya. Baik anjing deteksi maupun anjing polisi digunakan oleh berbagai departemen penegakan hukum, seperti kantor bea cukai, unit anti-terorisme, serta pasukan lokal, nasional, dan negara bagian.

Trah anjing yang digunakan sebagai anjing polisi atau anjing deteksi antara lain Doberman Pinscher, Boxer, Belgian, Dutch, atau German Shepherd, Akita, dan Bouvier des Flandres. German Shepherd (herder) adalah anjing yang pertama kali digunakan oleh departemen kepolisian, dan mereka berhasil menangkap tersangka dalam kerusuhan Amerika tahun 1960-an.

Bangsa-bangsa pertama yang menggunakan anjing untuk keperluan proteksi antara lain Persia, Yunani, Assyria dan Babilonia, yang menggunakan anjing untuk perlindungan atau taktik perang sejak abad ke-5 SM. Setelah jatuhnya Roma, conquistador Spanyol melanjutkan penggunaan anjing sebagai hewan pelindung.

Pada tahun 1610, koloni Inggris dari Jamestown menggunakan anjing untuk keperluan propaganda anti-Indian, khususnya dalam mencari dan menangkap penduduk asli Amerika itu. Pada tahun 1840, Benjamin Franklin mengeluarkan langkah untuk menggunakan anjing dalam perang yang sedang berlangsung dengan Indian Seminole di Florida, dan mereka kemudian digunakan untuk mencari dan menangkap budak yang melarikan diri.

Anjing polisi yang terlatih untuk menangkap tersangka akan menggigit dengan kedua gigi seri atas dan bawah ketika menahan tersangka, yang dapat menyebabkan daging robek atau terkoyak oleh gigi taringnya. Luka dan jaringan parut biasanya akan terjadi jika anjing polisi menyerang, dan akan menjadi infeksi bila luka tidak diobati. Tidak ada jenis senjata lain yang dapat menggantikan fungsi anjing polisi, tapi pelatih anjing polisi harus sangat terampil dalam mengendalikan hewan mereka.

Anjing polisi sering diberikan berbagai medali dan upacara penghormatan untuk jasa mereka di lapangan. Tracker, German Shepherd berusia 10 tahun yang bekerja untuk Kepolisian Provinsi Ontario, diberikan penghargaan atas lebih dari 500 pencarian yang ia lakukan selama berkarir. Sementara Lance, anjing Ontario lain, mampu melacak seorang wanita yang hilang di rawa selama tiga jam sebelum membimbingnya pulang dengan aman. Dikenal atas kinerjanya sebagai anjing penyelamat dalam pemboman Oklahoma City, anjing polisi bernama Pascha juga membantu korban pasca gempa di Kobe, Jepang serta korban Badai Opal di Panama City, Florida.

Komentar Anda