Lima Jenis Anjing Peliharaan Paling Cerdas

Kecerdasan seekor anjing diukur dari kemampuannya untuk mengikuti perintah, menguasai perintah baru, dan kemampuan untuk dilatih secara keseluruhan. Seorang calon pemilik anjing tidak boleh hanya mengandalkan tingkat kecerdasan ketika memilih jenis anjing. Faktor-faktor lain yang perlu diingat antara lain pola hidup, anggota keluarga (seperti anak-anak), halaman rumah atau tempat olahraga, dan kemungkinan alergi. Berikut lima jenis anjing yang dikategorikan sebagai anjing cerdas:

1. Poodle

Poodle

Poodle unggul dalam hal ketaatan yang menandai kecerdasan anjing ini. Poodle adalah anjing yang sangat aktif dan memiliki tiga ukuran yang berbeda, membuatnya menjadi salah satu jenis anjing paling populer dan mudah beradaptasi. Karena sifat aktifnya ini, Poodle memerlukan olahraga setiap hari serta perawatan yang profesional. Mantel bulu Poodle bersifat hypoallergenic yang membuatnya menjadi hewan peliharaan sempurna bagi orang-orang yang menderita alergi.

2. German Shepherd

German Shepherd

Karena kecerdasan dan keberaniannya, anjing German Shepherd menjadi anjing polisi, anjing militer, dan anjing penjaga terkemuka di dunia. German Shepherd (herder) juga bisa bersahabat dengan keluarga dan dan hewan peliharaan lainnya karena sifatnya yang setia dan protektif. Banyak orang mencari anjing seperti German Shepherd yang bisa memberikan perlindungan dan keselamatan untuk hewan peliharaan mereka. Anjing peranakan ini membutuhkan olahraga dan perawatan teratur.

3. Doberman Pinscher

Doberman Pinscher

Doberman Pinscher adalah anjing berotot, berukuran sedang, dan memiliki sikap yang anggun. Kemampuan pelatihan dan kecerdasannya membuat anjing jenis ini ideal untuk dijadikan anjing polisi dan anjing perang, di samping menjadi anjing penjaga dan teman. Anjing ini sangat setia dan taat kepada majikannya dan dapat memberikan keamanan yang efektif untuk keluarganya. Mantel pendek Doberman membutuhkan sedikit perawatan dan ia membutuhkan olahraga sehari-hari.

4. Border Collie

Border Collie

Oleh American Kennel Club, anjing Border Collie dikenal sebagai anjing yang workaholic alias gila kerja. Selain itu, ia juga terkenal karena kecerdasan, insting, dan kemampuan kerjanya. Anjing penggembala domba terkemuka di dunia ini dapat mengontrol ternak dengan sikap otoritatifnya yang dikombinasikan dengan tatapan intens. Border Collie yang sangat energik ini perlu olahraga teratur, dan anjing ini akan berkembang dengan baik jika mereka memiliki pekerjaan yang bisa ia lakukan.

5. Golden Retriever

Golden Retriever

Golden retriever adalah anjing yang mempunyai kecerdasan tinggi dan kemampuan untuk dilatih dengan mudah. Sifat-sifat ini menjadikannya anjing pemandu, anjing asisten, serta anjing pencari dan penyelamat yang sempurna. Golden retriever juga dapat digunakan sebagai teman berburu karena bisa memberikan bantuan dalam perburuan. Sebagaimana anjing lain, Golden retriever memerlukan perawatan dan olahraga harian yang rutin.

Komentar Anda