10 Fakta Tentang Anjing Herder (German Shepherd)

Anjing German shepherd atau lebih dikenal dengan anjing herder adalah salah satu anjing peliharaan yang paling populer di dunia. Anjing yang berasal dari Jerman ini dikenal sebagai anjing yang setia, cerdas, berani, dan penuh waspada. Anjing herder memiliki bobot antara 30-40 kg dengan tinggi badan 55-60 cm. Berikut 10 hal unik tentang anjing herder yang perlu Anda ketahui.

anjing herder

1. Anjing herder sangat mencintai pemiliknya, tetapi ia tidak begitu menyukai orang asing. Anjing herder yang terlatih dan biasa diajak bersosialisasi tidak akan agresif pada orang asing. Ia hanya tidak ingin orang asing memasuki wilayah teritorialnya.

2. Selain kurang bersahabat dengan orang asing, anjing herder akan menggonggong keras ketika ada orang asing mengetuk pintu rumah Anda. Ia tidak akan segan atau ragu untuk melindungi orang-orang yang ia sayangi jika ada bahaya yang mengancam mereka. Anjing herder juga sangat protektif terhadap anak-anak.

3. Anjing herder harus selalu diajak berolahraga karena mereka memiliki energi yang besar. Ia selalu meminta diajak jalan-jalan dan bermain. Jika tidak dilatih dengan benar, anjing ini akan menjadi anjing pengacau, menggonggong, serta berlarian di dalam rumah.

4. Anjing German shepherd identik dengan kecerdasan. Anjing ini menduduki peringkat ketiga dalam daftar anjing paling cerdas versi American Kennel Club. Anjing herder mudah untuk dilatih, mampu memahami banyak perintah sederhana hanya dengan lima kali pengulangan perintah.

5. Anjing German shepherd adalah mahkluk yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Bukannya menjauh, ia malah mendekati sesuatu yang terlihat aneh baginya. Anjing ini suka menjelajahi lingkungannya, sering memeriksa halaman ketika mereka pergi ke luar rumah setiap hari. Rasa ingin tahu anjing herder akan sangat terlihat ketika ia masih anak-anak.

6. Anjing herder adalah pelari tangguh. Saat berlari, ia bisa langsung berakselerasi hingga mencapai kecepatan puncak, berhenti tiba-tiba,lalu berputar secara tajam tanpa kehilangan keseimbangan. Kemampuan ini menjadi salah satu dari sekian banyak alasan kenapa mereka sering dijadikan anjing polisi dan anjing militer.

7. Meskipun anjing herder bisa mengalami berbagai jenis kondisi medis, ia paling sering terkena hip dysplasia, yakni perkembangan persendian pangkal paha yang tidak normal. Kondisi yang semakin memburuk bisa disebabkan pembiakan yang buruk. Jika Anda membeli anak anjing dari breeder atau peternak, tanyakan apakah induk anjing tersebut memiliki pinggul yang normal.

8. Campuran beige dan hitam adalah warna anjing herder yang paling umum. Meski demikian, ada juga anjing herder yang berwarna putih hitam dan putih polos.

9. Meskipun banyak anjing herder yang kurus pada dua tahun pertama sejak kelahirannya, ia biasanya akan cepat menjadi gemuk di tahun-tahun berikutnya. Ia akan tumbuh menjadi anjing yang besar dan kuat, dengan tinggi badan 55-60 cm dan berat antara 30-40 kilogram.

10. Anjing German shepherd adalah shedder yang produktif. Jika Anda menyikat bulunya selama 15 menit,  maka bulunya akan berterbangan di udara 15 menit kemudian. Menyikat harian adalah satu-satunya cara untuk mencegah penumpukan bulu di rumah Anda.

Komentar Anda