10 Fakta Menarik Tentang Patrick dan SpongeBob

SpongeBob Squarepants adalah kisah tentang seekor spons laut yang ceria dan sahabatnya, Patrick, seekor bintang laut yang dungu. Serial animasi ini mulai tayang pada tahun 1999 dan masih diproduksi hingga tahun 2011. Terlepas dari semua jalinan kisah petualangannya, SpongeBob Squarepants pada dasarnya adalah kisah SpongeBob, Patrick, dan persahabatan mereka. Berikut 10 fakta unik tentang dua karakter ini:

Spongebob patrick

1. SpongeBob pernah menghadiri sekolah mengemudi perahu milik Mrs. Puff di season awal. Sekolah ini adalah tempat penduduk Bikini Bottom belajar mengemudi boatmobile mereka. Kegagalan berulang SpongeBob untuk lulus tes adalah salah satu plot utama episode ini. Dalam episode Mrs. Puff, You’re Fired, SpongeBob telah gagal dalam tes itu sebanyak 1.258.058 kali.

2. Patrick Starfish terlihat lebih dungu daripada sahabatnya, tapi Patrick pernah menunjukkan kilatan kecerdasan yang luar biasa. Dalam episode Tentacle Vision, Squidward akhirnya menanyakan pada Patrick tentang seberapa tinggi tingkat kebodohannya. Patrick menjawab “Bervariasi.”

3. Karakter dan serial ini awalnya bernama SpongeBoy ketika direkam pada tahun 1997 dalam durasi tujuh menitan. Namun, sang kreator, Stephen Hillenburg, menemukan bahwa nama SpongeBoy memiliki hak cipta, yakni nama produk alat pel. SpongeBob adalah gagasan dari Stephen, yang berpikir bahwa kata Sponge harus ada dalam nama karakter, sebab jika tidak penonton akan berpikir bahwa SpongeBob adalah makhluk persegi yang terbuat dari keju.

4. Dalam episode Rule of Dumb, seekor bintang laut menjelaskan bahwa ia telah meneliti garis keluarga Patrick, dan Patrick ternyata adalah Raja sejati Bikini Bottom. Patrick menjadi tiran sampai ia menyadari bahwa ia telah menjadi monster dan ia akhirnya mengembalikan tahta kekuasaannya. Akhirnya terungkap bahwa bekicot peliharaan SpongeBob, Gary, pada kenyataannya adalah sang Raja itu.

5. Aktor Tom Kenny, yang menjadi pengisi suara SpongeBob, sebelumnya pernah bekerja dengan Hillenburg dalam serial animasi Rocko’s Modern Life. Hillenburg meminta Kenny untuk mengisi suara SpongeBob seperti yang ia lakukan pada karakter buaya perempuan dalam Rocko. Kenny harus menonton ulang rekaman episode buaya untuk belajar bagaimana ia bisa mengeluarkan suara seperti itu lagi.

6. Dalam episode No Nose Knows, Patrick melakukan operasi plastik sehingga ia dapat memiliki hidung. Untuk sementara waktu, Patrick bersukacita karena bisa mencium aroma wangi di sekelilingnya, tapi ia segera menyadari bahwa banyak benda yang berbau. Karakter lainnya sebenarnya menggunakan bola sampah raksasa untuk membuat hidung baru Patrick menyusut dan jatuh.

7. Episode Gone dibuka dengan adegan SpongeBob menemukan dirinya sebagai satu-satunya orang di Bikini Bottom. Ia lantas menirukan setiap penduduk lainnya, termasuk Mrs. Puff, dan meluluskan dirinya sendiri dalam ujian perahu. Meskipun demikian, ia akhirnya menjadi takut pada perahu. Ketika semua orang kembali lagi, mereka mengungkapkan bahwa mereka sedang merayakan “No SpongeBob Day,” hari libur yang disarankan SpongeBob sendiri.

8. Patrick pernah memiliki bermacam pekerjaan, tetapi ia selalu kembali ke Krusty Krab. Pada season kesembilan, Patrick telah bekerja di delapan restoran berbeda. Patrick juga telah bekerja untuk saingan mereka, The Chum Bucket, dalam episode The Fry Cook Games dan Chum Bucket Supreme di mana ia bertanggung jawab untuk menciptakan slogan baru Chum Bucket dan Bucket Sweet Bucket.

9. Film musikal The Sponge Who Could Fly dimaksudkan untuk meringkas serial SpongeBob. Ketika film itu terbukti sukses, serial SpongeBob diperbaharui. The Sponge Who Could Fly juga berubah menjadi drama musikal nyata di tahun 2009. Episode itu dipilih sebagai adaptasi karena sudah memiliki beberapa lagu.

10. Bikini Bottom yang fiksional itu sebenarnya terletak di bawah Bikini Atoll, sebuah lokasi nyata di Kepulauan Mikronesia. Bikini Atoll adalah lokasi Operation Crossroads, yakni serangkaian uji coba senjata nuklir yang dilakukan pada tahun 1946. Beberapa orang mengatakan bahwa uji coba yang meledakkan bom nuklir 90 kaki di bawah laut pada tanggal 25 Juli 1946 itu menjadi penyebab munculnya penduduk Bikini Botom yang “hidup.”

BACA JUGA: Teori Konspirasi Kartun SpongeBob SquarePants

Komentar Anda