10 Hal Unik dan Menarik Tentang Apple

logo appleApple merupakan perusahaan komputer dan elektronik paling terkemuka di dunia saat ini. Apple menciptakan banyak produk mutakhir, seperti iPhone, iPad, laptop dan komputer Mac, sistem operasi OS X, iTunes, dan masih banyak lagi.Perusahaan multinasional yang didirikan pada 1 April 1976 ini selain telah menciptakan begitu banyak teknologi dan inovasi juga memiliki banyak kisah menarik untuk diceritakan. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Apple yang perlu Anda ketahui.

10. Logo Pertama Apple

Logo pertama Apple

Saat ini, logo Apple yang sangat terkenal adalah buah apel berwarna silver metalik dengan bekas gigitan di bagian atas. Namun, logo pertama Apple sebenarnya menampilkan Sir Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon dan ada sebuah apel akan jatuh ke kepalanya (teori gravitasi). Logo pertama Apple ini dirancang oleh Ronald Wayne. Logo ini hanya bertahan sampai tahun 1976.

9. Ronald Wayne

Siapa Ronald Wayne? Ronald Wayne adalah pendiri awal Apple. Hanya sedikit orang yang tahu tentang Ronald Wayne karena ia menjual saham Apple pada Steve Jobs dan Wozniak hanya seharga 800 dolar pada waktu itu. Sebagai perbandingan, nilai Apple saat ini adalah sekitar 22 milyar dolar. Tentu saja itu mungkin adalah kesalahan besar yang dibuat oleh Ronald Wayne.

8. Trio Pendiri

Ada tiga orang di balik kesuksesan Apple yang mengesankan. Mereka adalah Ronald Wayne, Steve Jobs, dan Steve Wozniak. Percaya atau tidak, apa yang membuat tiga orang ini mampu bekerja sama dengan baik adalah karena mereka pernah bekerja di Atari sebelum mengembangkan Apple.

7. Kalkulator dan Pesanan Kecil Pertama

Apa hubungan antara kalkulator dan pesanan kecil pertama Apple? Sebenarnya, baik Steve Jobs maupun Steve Wozniak berusaha mati-matian untuk mengumpulkan uang demi memenuhi beberapa pesanan pertama mereka. Steve Jobs menjual mobil Volkswagen dan Steve Wozniak menjual kalkulator ilmiahnya: HP-65 seharga 500 dolar. Pada saat itu, kalkulator ilmiah sama mahalnya dengan laptop saat ini.

6. Didirikan di Kamar Tidur

Jika Google didirikan di garasi, maka Apple didirikan di kamar tidur. Lokasinya adalah di 11161 Crist drive di Los Altos.

5. Macintosh

Nama Macintosh sebenarnya terinspirasi dari berbagai jenis apel. Sebenarnya Steve Jobs ingin memakai nama lain, yakni Bicycle.

4. Game Tersembunyi di iPod Pertama

Ada game tersembunyi di iPod pertama bernama Breakout atau saat ini populer dengan nama Pong. Ada trik untuk memainkan game tersembunyi itu. Buka menu About dan tahan tombol tengah bawah selama sekitar 3 detik dan Anda dapat memainkan game Breakout sambil mendengarkan musik.

3. Apple I

Tahukah Anda, Apple I memiliki desain seperti mesin ketik.

apple 1

2. Filosofi di Balik Harga Apple I

Apple I yang berbentuk seperti mesin ketik itu harganya adalah 666,66 dolar. Ada filosofi di balik harga itu. Steve Wozniak menyatakan lebih mudah mengetik angka 6 sebanyak lima kali.

1. 38 Tahun dan 30 Tahun

1 April 2014 adalah ulang tahun ke-38 untuk Apple Inc. sekaligus ulang tahun ke 30 Mac.

2 thoughts on “10 Hal Unik dan Menarik Tentang Apple

  • 04/02/2014 at 1:19 pm
    Permalink

    tp sayangnya produknya itu paling mahal dibandin dgn pesaingnya seperti Samsung.

    Reply
    • 04/02/2014 at 1:23 pm
      Permalink

      Ya, Apple memang membidik target menengah-atas (kecuali untuk iPhone terbarunya yang katanya membidik kalangan menengah-bawah).

      Reply

Komentar Anda