10 Fakta Menarik Tentang Steve Jobs

Steven Paul Jobs lahir di San Francisco, California, pada tanggal 24 Februari 1955. Pendiri perusahaan raksasa komputer Apple ini pernah mengenyam ilmu di Reed College sebelum akhirnya di-drop out setelah berkuliah hanya satu semester. Setelah itu, pria jenius ini bekerja di Atari untuk membiayai perjalanannya ke India. Sepulang dari India, Jobs menjadi pemeluk agama Buddha. Berikut 10 fakta unik mengenai Steve Jobs:

Jobs

1. Steve Jobs memiliki penampilan yang khas, yakni mengenakan kaus hitam berleher tinggi dengan paduan celana jeans biru. Ia memiliki lebih dari seratus pakaian seperti ini.

2. Pada tahun 1977, Jobs bersama rekannya, Steve Wozniak, mendirikan Apple Computer Inc. Meskipun Jobs adalah pendiri Apple, ia pernah didepak dari perusahaan itu pada tahun 1985 sebelum akhirnya direkrut lagi pada tahun 1997.

3. Sebelum mendirikan Apple, Jobs dan Wozniak membuat dan menjual kotak digital biru, yakni sebuah perangkat seharga 100 dolar yang bisa menghack sistem telepon untuk melakukan panggilan ke semua nomor di seluruh dunia. Panggilan pertama yang mereka lakukan adalah ke Vatican. Kala itu Wozniak berpura-pura menjadi Henry Kissinger yang ingin berbicara dengan Paus. Namun usaha Woz ini gagal.

4. Di era 80-an, Jobs sangat terpesona dengan teknologi milik Adobe Systems ketika ia mengunjungi kantornya. Jobs lantas menawari pendiri Adobe, Charles Geschke, untuk menggabungkan perusahaannya dengan Apple, tapi Geschke menolaknya. Kedua perusahaan ini bersahabat baik secara professional, sebelum akhirnya di penghujung abad ke-21, Apple di bawah Jobs menyingkirkan semua perangkat Adobe Flash yang dibenamkan dalam handset Apple yang paling laris.

5. Sejak tahun 1997, Jobs hanya meminta gaji 1 dolar, meski di tahun itu ia diangkat menjadi pemimpin eksekutif Apple. Mengenai hal ini, ia bergurau: “Aku mendapat 50 sen setahun untuk tampil di muka umum, dan 50 sen karena kinerjaku.”

6. Steve Jobs sebenarnya memiliki darah Muslim Suriah. Nama ayah biologisnya adalah Abdulfattah Jandali. Ibunya bernama Joanne Carole Schieble, seorang Amerika. Ayahnya yang keberatan untuk menikah mempersiapkan Jobs untuk diadopsi orang lain. Orangtua Jobs yang baru lulus kuliah kemungkinan belum siap mengasuh seorang anak. Orangtua adopsi Jobs adalah Clara dan Paul Jobs.

7. Jobs pernah berbohong pada Wozniak ketika mereka bekerjasama di Atari. Kala itu, mereka berjanji akan membagi honornya 50:50. Jobs mendapat 5000 dolar kala itu, namun pada Woz ia mengatakan hanya mendapat 700 dolar, sehingga Woz hanya membawa pulang 350 dolar.

8. Setelah dipecat dari Apple pada tahun 1985, Jobs mendirikan perusahaan komputer baru, NeXT. Ada kejadian lucu kala seorang investor datang mengunjungi kantor NeXT. Saat melihat investor itu, Jobs langsung berlari ke parkiran dan menyembunyikan mobil Porschenya dan menyuruh anak buahnya, Randy Adams, menyembunyikan Porschenya juga. Mengenai hal ini, Jobs mengatakan bahwa investor itu akan berpikir bahwa mereka punya uang kalau ia melihat mobil-mobil Porsche mereka di sana.

9. Jobs membeli Studio Animasi Pixar dari George Lucas pada tahun 1986 yang kala itu bernama Graphics Group. Sebenarnya perusahaan ini bergerak di bidang hardware grafik komputer tingkat tinggi, namun di bawah nama barunya, Pixar, perusahaan ini memproduksi animasi komputer yang inovatif.

10. Steve Jobs adalah mentor Sergey Brin dan Larry Page, pendiri Google. Jobs juga pernah mengangkat Eric Schmidt, pemimpin eksekutif Google saat ini, menjadi anggota direksi di Apple. Akhirnya, Jobs merasa dikhianati oleh mantan karyawan magangnya itu kala Google memutuskan untuk terjun ke dunia smartphone menyaingi Apple.

Komentar Anda