Pencapaian Terbesar Dinasti Shang, Zhou, dan Qin

Pada masa kepemimpinan dinasti Shang, Zhou, dan Qin, China berhasil mencapai kejayaan pada bidang seni, budaya, dan teknologi. Apa saja pencapaian yang berhasil dibuat oleh ketiga dinasti besar itu? Berikut uraiannya.

Dinasti Shang

Tulisan dinasti ShangPencapaian terpenting dinasti Shang adalah pengembangan sistem penulisan, kira-kira sebelum 1500 SM. Sistem penulisan Shang, yang didasarkan pada Piktogram, memberikan dasar bagi tulisan China modern.

Pengrajin dari dinasti Shang juga sangat terampil dalam membuat perunggu, campuran tembaga dan timah. Banyak artefak yang bertahan dari dinasti Shang berupa wadah kuno dari perunggu, seperti, cangkir, mangkuk, dan pot.

Dinasti Shang juga dikenal karena pengembangan ritual yang rumit untuk menyembah para dewa dan nenek moyang mereka. Ritual biasanya berisi permohonan pada para dewa dan leluhur agar membantu mereka dalam berburu, bertani, dan membangun. Raja memainkan peranan sentral dalam ritual ini. Para peramal juga dilibatkan.

Dinasti Zhou

Dinasti ZhouSebagaimana dinasti Shang, Dinasti Zhou dikenal karena kesenian perunggunya yang indah. Namun, China mengalami Zaman Besi selama dinasti Zhou yang dimulai sekitar 700 SM. Setelah itu, orang China membuat banyak senjata dan alat-alat pertanian dari besi.

Ritual keagamaan, kegiatan seni, dan tulis-menulis terus berkembang selama dinasti Zhou. Buku puisi tertua China -berupa koleksi 305 puisi berjudul The Book of Songs– dan karya-karya klasik China lainnya dibuat pada era ini.

Para pemimpin Dinasti Zhou mendirikan sebuah sistem pemerintahan yang mirip dengan sistem feodal yang berkembang di Eropa selama Abad Pertengahan. Di bawah sistem feodal, raja memberikan tanah kepada tuan. Sebagai imbalannya, para pemilik tanah bersumpah setia kepada raja, terutama selama masa perang. Meskipun tuan tanah memiliki hak atas tanah yang diberikan padanya, mereka tetap berada di bawah raja dalam hal kekuasaan dan kepentingan. Sistem ini dalam bahasa China disebut Fengjian.

Dinasti Qin

Tembok Besar ChinaMeskipun dinasti Qin berlangsung dalam waktu yang sangat singkat -hanya sekitar 15 tahun- prestasi terbesarnya adalah membangun tembok terbesar di dunia, yakni Tembok Besar China. Saat itu, negara bagian China lain mulai membangun tembok pada paruh kedua kepemimpinan dinasti Zhou. Dinasti Qin memghubungkan semua tembok tersebut dan menambahkan ribuan mil tembok lagi, sehingga terciptalah satu struktur bangunan terpanjang di dunia.

Dinasti Qin juga terkenal karena makam pendiri mereka sekaligus kaisar pertama China, Shi Huangdi. Makam tersebut berisi patung tentara terracotta yang terkenal. Terdapat lebih dari 6.000 patung terracotta berbentuk prajurit, kuda, kereta tempur asli serta tokoh-tokoh lainnya dalam ukuran asli. Patung tentara terracotta yang ditemukan pada tahun 1974 ini adalah salah satu penemuan arkeologi terbesar sepanjang masa. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel Sejarah Penemuan Patung Tentara Terracotta.

Komentar Anda