Asal Usul Suku Aztec

Suku AztecTidak banyak yang bisa diketahui tentang suku Aztec sebelum mereka tiba di daerah yang sekarang disebut Meksiko tengah. Mereka tidak menyimpan catatan tertulis pada waktu itu, tetapi mereka menyampaikan kisahnya turun temurun secara lisan. Banyak informasi mengenai suku Aztec yang berasal dari kisah-kisah yang bercampur antara sejarah lisan (oral) dan legenda.

Menurut legenda, Aztec berasal dari suatu tempat yang disebut Aztlan, yang berarti “tempat yang putih” atau “tempat burung kuntul.” Namun, tidak ada yang tahu pasti dimana Aztlan berada. Tempat ini mungkin termasuk wilayah Meksiko utara pada saat ini atau mungkin jauh lebih ke utara.

Dari sejarah lisan suku Aztec, para sejarawan tahu bahwa mereka mengembara selama bertahun-tahun untuk mencari tempat tinggal. Mereka mendatangi Lembah Meksiko pada tahun 1200-an. Namun, orang Indian lainnya telah menetap disana dan sebagian besar tanah yang baik untuk pertanian sudah diambil.

Suku Aztec mengalami kesulitan dalam mencari tempat tinggal baru. Mereka menetap di suatu wilayah yang didiami sedikit orang dan banyak ular. Setelah dihuni, suku Aztec murka pada raja lokal yang mengirim tentaranya untuk mengusir mereka. Suku Aztec lantas mencari tempat persembunyian di rawa-rawa dan perairan danau dangkal.

Elang dan Kaktus

Sekitar tahun 1325, suku Aztec tiba di sebuah pulau kecil di Danau Texcoco. Menurut legenda, disana mereka melihat seekor elang dengan ular di mulutnya. Elang itu duduk diatas kaktus dan orang Aztec percaya ini adalah tanda dari salah satu dewa mereka. Mereka lantas memutuskan untuk membangun pemukimannya disana.

Tempat ini mungkin tampak sangat buruk untuk ditinggali, tetapi disana terdapat banyak ikan, burung, dan tanaman air untuk dimakan di pulau. Suku Aztec juga membangun bidang-bidang tanah berlumpur yang disebut chinampas di danau, dimana mereka menanam banyak tanaman untuk makanan. Yang terpenting bagi suku Aztec, perairan yang mengelilingi mereka adalah pertahanan alami terhadap musuh. Suku Aztec mendirikan kota Tenochtitlan di pulau berawa.

Komentar Anda