5 Alasan Smartphone Berlayar Retak Bahaya untuk Dipakai

Mungkin kamu pernah mengalaminya, layar ponsel pintar kamu retak karena jatuh atau terbentur. Biasanya orang menggunakan tempered glass untuk melindungi layar smartphonenya, tapi kadang saking kerasnya benturnya tempered glass pun ikut retak. Tentunya kalau layar smartphonemu retak kamu harus segera menggantinya karena itu sebenarnya berbahaya. Kenapa?

Smartphone Layar Retak

1. Kerusakan bisa menyebar

Layar yang retak pastinya menjadi kurang responsif saat dipakai. Sensivitasnya sudah jauh menurun dibanding ketika masih utuh dulu. Jika dibiarkan, kondisi layar yang rusak bisa menyebar ke bagian yang belum rusak dan pada akhirnya keseluruhan layar menjadi rusak.

2. Bisa merusak smartphone

Loading...

Smartphone kamu bisa jadi lebih rentan terkena masalah bila layar yang retak kamu biarkan. Berbagai partikel kecil seperti debu dan bahkan air bisa masuk dari sela-selanya sehingga berpotensi membayakan komponen penting lain di dalam smartphone.

3. Melukai jari

Layar yang retak atau pecah wajib dibetulkan karena bisa melukai jemari kami kala memakainya. Sudut-sudut pecahan terkadang memang halus, tapi bila retaknya parah maka akan ada sudut yang tajam. Jarimu bisa dengan mudah teriris. Bayangkan bila yang megang ponselmu adalah anak kecil.

Baca Juga:  Ponsel Lawas - Mengulas Ponsel Nokia C5-03

4. Menganggu mata

Bahaya kedua dari smartphone retak yang dibiarkan adalah gangguan mata. Layar yang retak membuat tampilan jadi rusak dan terbagi-bagi sehingga mata harus bekerja ekstra keras ketika melihatnya. Mata bisa mengalami gangguan minor bila terus-menerus dipaksa memandang layar bercahaya yang retak. Kamu bisa pusing saat melihatnya! Apa yang kamu lihat juga jadi tidak jelas, kan?

5. Radiasi lebih kuat

Radiasi yang dipancarkan dari layar retak berpotensi mengganggu kesehatan. International Agency for Research on Cancer bahkan mengklaim bahwa radiasi dari layar retak jadi lebih besar dibanding smartphone normal. So, kamu harus lebih waspada guys.

Nah kalau smartphonemu layarnya retak atau bahkan pecah, segera bawa ke tukang servis saja agar kamu terhindar dari bahaya-bahaya di atas!

Loading...

Komentar Anda