6 Single Populer yang Dinyanyikan Park Jin-young (J. Y. Park)

Bagi banyak orang, Park Jin-young alias J. Y. Park dikenal sebagai seorang produser dan eksekutif rekaman yang merupakan CEO JYP Entertainment, satu dari tiga perusahaan hiburan terbesar di Korea (The Big Three) bersama SM Entertainment dan YG Entertainment. Tapi sebelum mendirikan perusahaannya sendiri, pria kelahiran 13 Desember 1971 ini lebih dulu berjuang di jalur musik sebagai penyanyi dan penulis lagu selama bertahun-tahun.

Park Jin-young (J. Y. Park)

Setelah lulus dari jurusan geologi di Universitas Yonsei, J. Y. Park masuk dunia hiburan di tahun 1992 dan debut dalam sebuah grup bernama Park Jin-young and the New Generation yang sayangnya gagal di pasaran. Dua tahun kemudian, dia kembali debut sebagai penyanyi solo bermodalkan album Blue City yang mengandalkan lagu utama “Don’t Leave Me.” Album ini sukses.

Kesuksesan Blue City membuat J. Y. Park kian semangat berkarir sebagai solois dan dia semakin rajin merilis album demi album pada pertengahan dekade 90-an. Selain tetap menyanyi, dia juga mengokohkan statusnya sebagai pencipta lagu yang saat itu sudah melahirkan lebih dari 31 lagu populer dan 25 album untuk berbagai artis Korea. Dia berada di balik kesuksesan Rain, 2PM, dan Wonder Girls sebagai penulis lagu dan produser musik. Dia juga menyeberang ke industri musik Amerika Serikat dan memproduksi musik untuk Will Smith, Mase, dan Cassie.

Sejauh ini, sebagai penyanyi solo J. Y. Park telah memiliki tujuh buah album studio (1994-2007) dan lima buah EP (2009-2016). Dia juga punya beberapa single yang sempat populer di Korea Selatan. Berikut adalah enam di antaranya.

1. “Someone Else”

Berduet bersama Gain Brown Eyed Girls, lagu yang dirilis pada tahun 2012 ini berhasil menduduki peringkat kedua di chart Gaon Korea dan mencatatkan penjualan digital download lebih dari 1,1 juta kopi. “Someone Else” adalah bagian dari EP Spring – 5 Songs for 1 New Love.

2. “You’re the One”

Loading...

Lagu satu ini juga berasal dari EP Spring – 5 Songs for 1 New Love dan sukses menghuni peringkat ketiga di chart Gaon. Penjualan digitalnya tercatat melampaui angka 1,5 juta kopi.

3. “Had Enough Parties”

Di tahun 2013, J. Y. Park merilis EP baru bertajuk Halftime yang mengandalkan lagu “Had Enough Parties.” Lagu ini masuk di peringkat kesembilan di chart Gain dan terjual sebanyak 223 ribu kopi.

4. “Who’s Your Mama?”

Setelah absen merilis EP atau album, J. Y. Park comeback di tahun 2015 dengan album 24/34 yang menawarkan beberapa lagu keren, termasuk “Who’s Your Mama?” yang dinyanyikannya bareng Jessi. Lagu ini sukses merangsek ke peringkat pertama chart Gaon dan mencatatkan penjualan sebanyak 1,1 juta kopi lebih.

5. “I’m So Sexy”

Lagu ini dibawakan bersama komedian Yoo Jae-suk di festival Infinite Challenge, Yeongdong Expressway Song Festival. “I’m So Sexy” menempati peringkat kelima di chart Gaon dan terjual lebih dari 962 ribu kopi.

6. “Still Alive”

“Still Alive” adalah single terbaru dari J. Y. Park yang menjadi title track di EP terbarunya, Still Alive, dari tahun 2016. Lagu ini berada di urutan ke-23 dalam chart Gaon dan terjual lebih dari 143 ribu kopi.

Well itulah beberapa single yang pernah dibawakan J. Y. Park. Kini kalian tahu kan kalau bos JYP Entertainment ini ternyata juga punya banyak single yang keren!

Loading...

Komentar Anda