10 Hewan yang Paling Banyak Disembah di Dunia

4. Gajah

Gajah

Gajah juga salah satu hewan yang memiliki posisi tinggi dalam budaya Hindu. Bahkan, Dewa Hindu yang sangat dipuja, Ganesha (putra Dewa Siwa dan Parwati), memiliki kepala gajah. Ia disebut sebagai ‘vighnaharta’, yaitu penghalau semua rintangan. Ganesh Chaturthi dirayakan dengan megah, terutama di negara bagian Maharashtra di India. Di banyak kuil, para peziarah mencari berkah dari gajah. Gajah melambangkan keberanian dan kebijaksanaan.

5. Kambing

Kambing

Kambing adalah salah satu dari 12 hewan yang menjadi simbol zodiak China. Kuil Karnak di Mesir memiliki sphinx berbentuk biri-biri jantan. Karakter mitologi Yunani, Silenus dan Satyr, memiliki penampilan seperti kambing. Dewa-dewa mitologi Yunani ‘Faun’ konon berbentuk setengah manusia dan setengah kambing. Dewa Yunani ‘Pan’, Dewa Kawanan dan Gembala, juga memiliki penampilan seperti kambing, dengan ekor, tanduk, dan kaki kambing.

6. Kuda

Kuda

Selain sebagai hewan transportasi dan pengangkut, kuda juga disembah. Hayagriva, inkarnasi dari Dewa Hindu Wisnu, berwajah kuda. Kereta para dewa sering didorong oleh kuda. Ia dikatakan menjadi simbol pengetahuan dan kebijaksanaan. Dalam mitologi Yunani, Poseidon adalah salah satu dewa penting, yang konon menciptakan kuda, salah satu makhluk yang paling indah di dunia, untuk merayu Demeter.

Next

Komentar Anda