10 Hewan yang Paling Banyak Disembah di Dunia

7. Singa

Singa

Raja hutan ini tak cuma ditakuti, tapi juga disembah. Singa merupakan simbol kekuasaan dan kebangsawanan dalam banyak kebudayaan. Kebudayaan Hindu menggambarkan Dewi Durga memiliki singa sebagai kendaraannya. Di China, singa melambangkan pelindung dari kejahatan, dan kuil-kuil sering memiliki singa penjaga. Di Mesir kuno, banyak dewa, seperti Aker, yang berkepala singa. Dalam Narasimha avatar, Dewa Wisnu bertindak sebagai pelindung melawan kejahatan dan membunuh iblis Hiranyakasipu.

8. Monyet

Monyet

Candi Swayambhunath, terletak di Lembah Kathmandu, Nepal, populer disebut Kuil Monyet karena monyet di sini dianggap sebagai makhluk sakral. Legenda menyatakan bahwa ketika Bodhisatva Manjushree sedang dalam proses mengangkat bukit candi, kutu dari rambutnya berubah menjadi monyet. Hanuman atau Anoman, dewa monyet, pemuja Dewa Rama, adalah salah satu karakter penting dalam cerita mitologi Ramayana.

9. Serigala

Serigala

Legenda Romawi kuno menyatakan bahwa Dewi Luperca, seekor serigala, merawat Romulus dan Remus (saudara kembar, anak-anak dari Rhea Silvia dan Mars). Bahkan, mitologi Turki menyatakan bahwa mereka adalah keturunan dari serigala. Selain itu, penduduk asli Amerika menyembah serigala sebagai dewa, dan melihatnya sebagai simbol keberanian, arah, keluarga, daya tahan, dan kecerdasan.

10. Elang

Elang

Hewan terakhir yang paling banyak disembah adalah elang. Elang adalah salah satu hewan yang sangat dihormati oleh penduduk asli Amerika. Elang melambangkan visi, keberanian, kekuatan penyembuhan, dan kebebasan untuk mencapai impian. Bahkan, memiliki bulu elang dianggap suatu kehormatan dalam budaya asli Amerika, dan orang yang memakainya pada hiasan kepala harus mendapatkannya dengan melakukan tindakan berani. Dalam budaya Hindu, ‘garuda’ (elang raksasa) adalah kendaraan Dewa Wisnu.

Komentar Anda