10 Fakta Menarik Tentang Film San Andreas (2015)

San Andreas adalah salah satu film terlaris di tahun 2015. Film laga thriller ini dibintangi oleh Dwayne Johnson, Carla Gugino, dan Alexandra Daddario. San Andreas mengisahkan seorang pilot helikopter penyelamat yang berupaya menyelamatkan putrinya setelah terjadi gempa bumi besar di California. Film ini menuai banyak pujian dari berbagai kalangan berkat tema dan penggarapannya yang istimewa. Apa saja fakta unik dari film ini?

San Andreas1. Meski berperan sebagai ayah dan anak, usia Dwayne Johnson (pemeran Ray) dan Alexandra Daddario (pemeran Blake) hanya terpaut 14 tahun.

2. Beberapa rekaman yang terlihat di saluran berita ketika Hoover Dam hancur berasal dari bencana banjir bandang yang menghantam Queensland, Australia, 2011 silam.

3. Demi keakuratan penggambaran gempa bumi, tim produksi mengundang para seismolog terbaik untuk mencari hal-hal yang tak masuk akal dalam naskah. Setelah analisis, para ahli dengan suara bulat sepakat bahwa apa yang terjadi dalam film ini bisa juga terjadi di dunia nyata dengan kekuatan gabungan gempa dan tsunami.

4. Pemain utama film ini melakukan banyak adegan berbahayanya sendiri karena sang sutradara, Brad Peyton, ingin penonton melihat wajah asli para pemeran. Peyton ingin melihat aktor utama, Dwayne Johnson, melakukan adegan berbahaya sendiri tanpa menggunakan trik, tipuan kamera, atau pengeditan apa pun.

5. Setelah terjadi gempa Nepal yang memakan banyak korban jiwa, promosi pemasaran film ini disesuaikan untuk memasukkan informasi tentang bagaimana cara memberikan bantuan pada usaha pemulihan bencana serta panduan untuk mempersiapkan diri menghadapi bencana alam.

6. Tenda-tenda bantuan yang terlihat menjelang akhir film adalah tenda bantuan bencana asli yang didistribusikan oleh ShelterBox, sebuah organisasi bantuan bencana nyata yang berbasis di Inggris. Biaya transportasi tenda dan kotak hijau dari berbagai lokasi penyimpanan menuju lokasi syuting dibayar oleh perusahaan produksi.

7. Sutradara Brad Peyton dan aktor utama Dwayne Johnson sebelumnya pernah bekerja bersama, yakni dalam film Journey 2: The Mysterious Island (2012).

8. Dwayne Johnson sedang berada di Budapest untuk syuting film Hercules (2014) ketika ia diberi naskah film San Andreas. Ia tetap terjaga sampai pukul 3:30 untuk membaca naskah film ini, dan akhirnya mengirim pesan pada produser Beau Flynn bahwa ia menyukainya dan mau bermain dalam film ini.

9. Sutradara Brad Peyton meminta pendapat Thomas Jordan, professor USC dan direktur Southern California Earthquake, untuk memeriksa fakta-fakta dalam naskah. Meski Peyton dan Johnson yakin naskah itu sudah akurat, Jordan berkata, “Saya memberi mereka nasihat gratis, beberapa mereka ambil… tapi banyak yang tidak mereka ambil – gempa skala 9 magnitude terlalu besar untuk San Andreas dan tidak bisa menyebabkan tsunami besar.”

10. San Andreas adalah nama garis patahan tektonik yang membentang melalui sebagian dari wilayah California. Para seismolog telah memprediksi selama bertahun-tahun bahwa California akan menjadi target gempa besar yang disebabkan oleh patahan tektonik tertentu.

Komentar Anda