Profil Lengkap Negara Yunani

Yunani adalah sebuah negara kecil di Eropa tenggara di mana salah satu peradaban besar dunia berkembang lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Pada saat sebagian besar Eropa berada dalam kegelapan budaya, dramawan Yunani menulis drama yang masih dilakonkan sampai hari ini. Pematung dan pembangun Yunani menciptakan patung-patung dan kuil-kuil yang indah tak tertandingi. Pemikir Yunani meletakkan dasar-dasar ilmu pengetahuan dan filsafat modern. Dan di Yunani kunolah ide demokrasi, atau pemerintahan oleh rakyat, lahir.

Foto negara Yunani

Yunani akhirnya ditaklukkan oleh kekuatan yang lebih besar. Namun demikian, peradaban Yunani menyebar ke seluruh Eropa dan sebagian Asia. Setelah perjuangan panjang melawan pemerintahan asing, Yunani muncul sebagai negara merdeka di tahun 1800-an, dengan budaya dan warisan kuno yang sangat dilestarikan.

Penduduk

Kebanyakan orang Yunani modern adalah keturunan dari orang Yunani kuno. Namun, selama berabad-abad orang-orang dari daerah tetangga juga mempengaruhi warisan Yunani, khususnya orang Italia, Slavia, dan Turki.

Bahasa

Bahasa Yunani modern tumbuh dari bahasa Yunani klasik. Bahasa modern memiliki dua bentuk: bentuk murni, disebut katharevousa, digunakan terutama dalam menulis. Untuk bahasa lisan mereka, orang Yunani menggunakan bentuk sehari-hari yang disebut demotik. Huruf dari kebanyakan bahasa Eropa sangat dipengaruhi oleh abjad Yunani klasik.

Agama

Hampir semua orang Yunani menganut Gereja Ortodoks Yunani, yang terpisah dari Gereja Katolik Roma di tahun 1000-an. Pemeluk Islam membentuk kurang dari 2 persen dari populasi. Pemerintah mendukung Gereja Ortodoks, tetapi toleran terhadap semua agama.

Hari libur keagamaan Ortodoks Yunani mencakup prosesi, musik, dan ritual yang berwarna-warni. Pendeta Ortodoks adalah tokoh yang mencolok -berambut dan berjenggot panjang, mengenakan jubah hitam memanjang. Berbeda dengan pendeta Katolik Roma, ia boleh menikah dan memiliki keluarga.

Yunani memiliki banyak biara, meskipun saat ini lebih sedikit orang tinggal di sana daripada di masa lalu. Gunung Athos, di semenanjung Chalcidice di bagian tengah utara negara itu, adalah sebuah republik monastik dengan pemerintahan sendiri. Di sini ada 20 biara, dan tidak ada wanita yang boleh masuk ke areal ini.

Pendidikan

Pendidikan umum di Yunani gratis, dan semua anak harus bersekolah setidaknya selama sembilan tahun. Sekolah dimulai pada usia 6 tahun. Hampir semua orang dewasa Yunani dapat membaca dan menulis. Yunani memiliki lebih dari selusin universitas dan perguruan tinggi. Yang terbesar adalah Universitas Athena dan Universitas Aristotelian di Thessaloníki.

Kehidupan Keluarga

Keluarga memainkan peran penting dalam kehidupan orang Yunani. Ikatan keluarga kuat dan meluas dari keluarga dekat hingga mencakup hubungan kekerabatan yang jauh. Secara tradisional, loyalitas pertama seseorang adalah pada rumah tangga keluarga. Sebuah bisnis atau pertanian sering dioperasikan sebagai usaha keluarga, yang memungkinkan penyatuan sumber daya. Yunani memiliki rasa kehormatan yang ketat, dan keberhasilan atau kegagalan dari satu anggota keluarga tercermin pada seluruh keluarga.

Makanan dan Minuman

Makanan Yunani meliputi makanan pokok seperti roti, keju, daging domba, buah zaitun, buah-buahan, dan berbagai sayuran. Hidangan khas berupa domba panggang; moussaka (daging domba, terung, dan keju); souvlaki, atau shish kebab (daging panggang yang di tusuk sate); dan dolmádhes (daun anggur yang diisi dengan daging dan nasi). Keju Yunani, feta, terbuat dari susu kambing atau domba. Orang Yunani umumnya menikmati anggur bersama makanan mereka; favorit adalah retsina rasa resin. Ouzo, minuman keras rasa adas, sering diminum sebelum makan. Kue manis bersisik, biasanya dibuat dengan madu, adalah makanan penutup yang populer. Kopi kental dan kuat disajikan dalam cangkir kecil.

Olahraga dan Rekreasi

Karena iklimnya yang hangat, orang Yunani menghabiskan banyak waktunya dalam setahun di luar ruangan. Kedai kopi lokal adalah tempat pertemuan tradisional untuk para pria Yunani, yang berkumpul untuk mendiskusikan politik dan bermain backgammon. Kebanyakan wanita Yunani menghabiskan banyak waktu luang mereka dengan wanita lain.

Bentang Alam

Yunani terletak di semenanjung kasar di sudut tenggara Eropa. Negara ini menempati daratan di pantai utara dari Laut Aegea dan bagian selatan Semenanjung Balkan, antara Laut Aegea dan Laut Ionia. Teluk dalam memberikan Yunani garis pantai yang panjang bergerigi. Empat tetangga Yunani adalah Albania, Makedonia, Bulgaria, dan Turki.

Ujung selatan daratan Yunani adalah semenanjung luas yang disebut Peloponnese. Teluk Corinth dan perairan lainnya masuk begitu dalam sehingga hampir memotong Peloponnese menjadi sebuah pulau terpisah.

Yunani adalah negara yang penuh pegunungan, semenanjung, dan pulau-pulau. Negara ini dapat dibagi menjadi sepuluh wilayah geografis: Thrace dan Macedonia di utara; Epirus dan Thessaly di bagian tengah utara negara itu; Yunani Tengah dan Pulau Euboea di daerah pertengahan; Peloponnese di selatan; Kepulauan Ionian di barat; Kepulauan Aegean di tenggara; dan Kreta, pulau paling selatan Yunani.

Pegunungan Pindus yang terjal membentuk tulang punggung daratan. Pegunungan ini memisahkan Epirus dan Thessaly dan memiliki beberapa puncak dengan ketinggian lebih dari 2.400 meter. Gunung lain membentang ke arah timur bersama dengan lembah di antaranya. Dataran subur terletak di dasar Pegunungan Rhodope di Thrace dan Macedonia timur. Pegunungan Olympus membentang di antara Makedonia dan Thessaly, dan memiliki Gunung Olympus, gunung tertinggi di negara itu, dengan ketinggian 2.917 meter. Orang Yunani kuno percaya bahwa itu adalah rumah dewa-dewa mereka.

Kepulauan

Hampir seperlima dari total luas Yunani terdiri atas pulau-pulau. Kreta merupakan yang terbesar di antara semuanya. Jumlah terbesar pulau memenuhi Laut Aegea. Mereka termasuk kelompok yang dikenal sebagai Sporades Utara, Cyclades, dan Dodecanese. Kelompok-kelompok ini meliputi pulau-pulau besar seperti Rhodes, Pátmos, Ikaria, Lesbos, Euboea, Sámos, Chios, Lemnos, Samothrace, dan Thásos. Kepulauan Ionian meliputi pulau-pulau Corfu, Leukas, dan Cephalonia.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Yunani dikelilingi di tiga sisi oleh tiga kelompok berbeda, yakni Laut Mediterania-Laut Ionia di barat; Laut Kreta di selatan; dan Laut Aegea di sebelah timur. Tidak ada bagian dari Yunani yang berjarak lebih dari 150 kilometer dari laut.

Tidak ada sungai besar bersumber di Yunani. Kebanyakan sungainya pendek dan deras. Sungai-sungai ini akan meluap di musim dingin dan mengering di musim panas. Hal ini dikarenakan Yunani memiliki sedikit curah hujan, dan hujan datang sekaligus di musim dingin. Sungai di dalam Yunani meliputi Aliakmon, Piniós, dan Achelous. Sungai-sungai permanen yang besar di utara Yunani bersumber di luar negeri. Di antaranya adalah sungai Vardar, Struma, dan Maritsa.

Dataran Yunani dulunya dihiasi oleh danau dan rawa-rawa. Sekarang sebagian besar telah dikeringkan untuk lahan pertanian. Danau yang cukup besar adalah Trichonis di Yunani tengah; Ioánnina dan Prespa di sepanjang perbatasan utara; dan Vegoritis dan Korónia di Makedonia.

Iklim

Yunani memiliki iklim Mediterania yang khas, dengan musim panas yang kering dan musim dingin yang berhujan dan ringan. Secara umum, suhu menurun dari selatan ke utara, dan curah hujan berkurang dari barat ke timur. Kecuali untuk daerah pegunungan pedalaman, semua wilayah Yunani dekat dengan laut, yang berperan menjaga suhunya. Yunani Utara memiliki suhu yang lebih ekstrem karena pengaruh benua.

Januari biasanya adalah bulan terdingin, namun suhu di bawah titik beku hanya umum di pegunungan. Di dataran rendah, suhu rata-rata Januari sekitar 7 °C, dengan sesekali terjadi pembekuan. Salju langka di Yunani, kecuali di pegunungan. Tapi hujan musim dingin dapat membawa curah hujan 500 milimeter atau lebih ke dataran. Suhu di dataran rendah biasanya sekitar 27 °C selama bulan Juli. Kecuali beberapa badai, hampir tidak ada hujan turun selama musim panas.

Sumber Daya Alam

Yunani memiliki sumber daya alam terbatas. Hanya sekitar seperlima dari luas tanahnya yang cocok untuk pertanian, dan banyak wilayah yang dapat digunakan untuk pertanian memiliki tanah yang buruk atau terlalu kering untuk ditanami tanpa irigasi.

Kecuali pohon pinus dan pohon cemara yang tersebar, dataran rendah Yunani memiliki beberapa pohon. Willow, poplar, dan plane tumbuh di sepanjang sungai. Lereng yang lebih rendah dari pegunungan dihiasi dengan semak hijau kering. Pinus dan ek Aleppo melekat di sana-sini di antara lereng berbatu telanjang. Lebih tinggi, bukit-bukit memiliki pepohonan ek, kastanye, dan beech. Pinus dan cemara tumbuh di pegunungan tinggi.

Laut di sekitar daratan dan banyak pulau-pulau Yunani secara tradisional telah menjadi sumber ikan yang penting, baik untuk keperluan rumah tangga dan untuk ekspor. Yunani memiliki berbagai sumber daya mineral, meskipun kebanyakan ditemukan dalam jumlah yang relatif kecil. Mineral utama adalah bauksit (bijih aluminium), lignit (batubara cokelat kelas rendah), magnesit, dan minyak bumi. Mineral lain yang penting secara komersial adalah marmer dan batu kapur.

Ekonomi

Ekonomi Yunani sudah lama berbasis pertanian, dan Yunani tetap memiliki banyak pertanian kecil. Tapi manufaktur telah tumbuh sangat penting. Satu sumber Yunani yang paling berharga adalah iklimnya yang umumnya cerah dan ringan. Bersama dengan banyak situs bersejarah dan kultural negara itu, iklim telah menjadikan pariwisata sebagai industri Yunani yang paling penting.

Jasa

Industri jasa menyumbang lebih dari dua pertiga dari ekonomi Yunani. Wisata dan bisnis terkait membentuk segmen terbesar. Sektor penting lainnya adalah perbankan, keuangan, real estate, perdagangan besar dan eceran, pemerintah, dan pelayanan pendidikan.

Manufaktur

Manufaktur, segmen terbesar berikutnya, menyumbang lebih dari seperempat dari perekonomian. Kebanyakan pabrik Yunani kecil dan berkerumun khususnya di sekitar Athena, Piraeus, dan Thessaloníki. Barang-barang utama yang diproduksi adalah makanan dan minuman olahan (termasuk anggur), tekstil, bahan kimia, logam dan produk logam, dan produk minyak olahan, termasuk bahan bakar.

Pertanian dan Perikanan

Pertanian hanya menyumbang sebagian kecil dari pendapatan nasional Yunani, tetapi mempekerjakan sekitar 20 persen dari angkatan kerja. Kebanyakan sawah Yunani dikerjakan oleh pemiliknya. Tanah terkaya ditemukan di dataran Thessaly dan Makedonia. Tanah tinggi langka, sehingga petani sering menggarap di lahan sempit bertingkat di lereng bukit. Iklim ringan baik untuk berbagai tanaman. Musim dingin yang pendek dan musim semi yang hangat membuat panen lebih awal.

Gandum adalah tanaman utama, terutama di Thessaly dan Makedonia. Gandum ditanam di sekitar setengah lahan pertanian. Biji-bijian lainnya adalah jagung, barley, oat, dan gandum hitam. Tanaman lain meliputi gula bit, buah zaitun, tomat, anggur, tembakau, dan kentang.

Yunani terkenal dengan pohon-pohon zaitun dan anggur. Anggur diolah menjadi minuman anggur, makanan penutup, dan kismis. Zaitun tumbuh dengan baik di Yunani tengah dan selatan. Mereka digunakan untuk membuat minyak zaitun dan juga diekspor. Buah-buahan citrus, persik, ara, apel, pir, dan kacang-kacangan juga ditanam.

Peternakan merupakan bagian penting dari pertanian Yunani. Sejumlah besar domba dan kambing dipelihara karena mereka dapat merumput pada tanah tipis berbatu. Sapi diternak di dataran utara. Keledai, kuda, dan keledai adalah hewan pekerja utama. Meskipun produksi ternak telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, Yunani masih harus mengimpor sejumlah besar daging dan produk susu.

Yunani memiliki industri perikanan yang sibuk. Sebagian besar pelabuhan memiliki armada perahu kecil pencari ikan yang independen. Armada pencari spons berlayar dari pulau Kalymnos dan Lemnos di Laut Aegea.

Transportasi

Karena Yunani berpegunungan, masih ada bagian dari pedalaman yang dapat dicapai hanya dengan keledai atau bagal. Tapi semua kota-kota besar dihubungkan oleh jalan raya. Layanan penerbangan menghubungkan daratan Yunani dengan pulau-pulau besar. Olympic Airways, maskapai nasional, menyediakan layanan penerbangan domestik dan internasional. Orang Yunani telah dikenal sebagai pelaut sejak zaman kuno. Mereka tetap menjadi bangsa pelayaran terkemuka dan memiliki salah satu armada perdagangan terbesar di dunia.

Komunikasi

Sebagian besar rumah tangga Yunani memiliki telepon dan radio, meskipun sedikit yang memiliki televisi. Penggunaan internet terus meningkat. Koran harian utama negara itu, Ta Nea, diterbitkan di Athena.

Kota-kota Besar

Pada suatu waktu, kebanyakan orang Yunani hidup di pedesaan, biasanya di desa-desa kecil. Hampir dua pertiga dari penduduk Yunani sekarang tinggal di daerah perkotaan. Dari jumlah itu, hampir setengahnya hidup di wilayah metropolitan yang lebih besar dari Athena, ibukota dan kota terbesar Yunani.

Athena, bersama dengan Piraeus (pelabuhan Athena), adalah jantung negara. Sebagai negara-kota paling terkenal dari jaman Yunani klasik, Athena sekarang menjadi pusat pemerintahan, industri, budaya, dan perdagangan Yunani.

Yunani memiliki beberapa kota lain untuk dibandingkan dengan Athena Besar dalam hal ukuran. Thessaloníki (Salonika), sebuah pelabuhan di utara, adalah kota terbesar kedua di negara itu. Araxos (Patras), di Peloponnese utara, adalah kota komersial dan pelabuhan yang penting di Teluk Patras.

Pemerintah

Di sebagian besar sejarah modernnya, Yunani adalah monarki atau kerajaan. Raja terakhir diasingkan menyusul kudeta militer pemerintah pada tahun 1967. Monarki dihapuskan pada tahun 1973. Ketika pemerintahan sipil dikembalikan pada tahun 1974, orang Yunani menolak kembalinya raja dalam sebuah referendum rakyat. Sebuah republik secara resmi didirikan di bawah konstitusi baru, yang mulai berlaku pada tahun 1975.

300 anggota legislatif satu rumah Yunani, Parlemen (Vouli ton Ellinon), dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Parlemen memilih presiden, yang merupakan kepala negara, untuk jangka waktu 5 tahun. Presiden menunjuk perdana menteri untuk memimpin pemerintahan. Perdana menteri biasanya adalah pemimpin partai politik yang memenangkan mayoritas (lebih dari setengah) dari kursi di parlemen dalam pemilu.

3 thoughts on “Profil Lengkap Negara Yunani

Komentar Anda