10 Fakta Menarik Tentang Taiwan

fakta taiwanTaiwan adalah negara yang unik di Asia. Negeri ini memadukan budaya dari China, Jepang, Barat, dan penduduk asli ke dalam satu masyarakat sipil yang sangat beragam. Taiwan juga menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Asia. Berikut 10 fakta unik dan menarik tentang Taiwan.

1. Taiwan berbatasan dengan Selat Luzon di sebelah selatan, Laut Cina Timur di utara dan Laut Filipina di sebelah timur. Pulau utama memiliki panjang 386 kilometer dan terdiri atas 21 pulau-pulau kecil.

2. Nama resmi Taiwan adalah Republic of China atau ROC.

3. Taiwan adalah pemegang cadangan devisa terbesar ketiga di dunia. Dolar Taiwan (TWD) adalah mata uang resmi Taiwan.

4. Hokkien adalah bahasa yang digunakan oleh sebagian besar orang di Taiwan, sedangkan Bahasa Mandarin adalah bahasa resmi pulau itu.

5. Buddha adalah agama yang paling populer di Taiwan dan memiliki pengikut hampir 4,9 juta orang. Agama-agama lainnya antara lain Islam, Taoisme, Bahaisme, Katolik, dan Protestan.

6. Industri utama Taiwan adalah penyulingan minyak, besi dan baja, tekstil, pengolahan makanan, produk konsumen, kendaraan, dan obat-obatan. Pulau ini kaya akan sumber daya alam seperti gas alam, batu bara, marmer, asbes, serta memiliki cadangan kecil batubara dan batu kapur.

7. Bisbol adalah olahraga nasional Taiwan. Olahraga populer lainnya adalah basket, sepak bola, sepeda, golf, dan tenis. Seni bela diri Taekwondo juga dipraktekkan secara luas di Taiwan.

8. Wanita pertama yang memenangkan Nobel Perdamaian adalah Lu Hsui-lein asal Taiwan.

9. Gunung Jade atau Gunung Yu adalah puncak tertinggi di Taiwan yang memiliki tinggi 3950 meter di atas permukaan laut.

10. Taiwan memiliki angka kemiskinan terendah dan tingkat daur ulang tertinggi di dunia.

Komentar Anda