10 Fakta Unik Tentang Kim Ha-neul

Kim Ha-neul adalah aktris populer Korea Selatan yang lahir di Seoul pada tanggal 21 Februari 1978. Wanita cantik ini memulai debutnya di dunia seni peran di tahun 1998 dalam film Bye June, dan ia paling dikenal penampilannya dalam sederet film komedi romantis seperti My Tutor Friend (2003), Too Beautiful to Lie (2004) and My Girlfriend Is an Agent (2009). Inilah 10 fakta yang perlu diketahui tentang Kim Ha-neul.

Foto Kim Ha-neul

1. Aktris berbintang Pisces ini mengenyam pendidikan di Seoul Institute of the Arts dan mengambil jurusan Film. Ia juga mulai menjadi model untuk brand baju Storm di tahun 1996.

2. Setelah tampil bersama dalam Bye June, Kim Ha-neul dan lawan mainnya, Yoo Ji-tae, mulai menuai popularitas saat mereka kembali beradu akting dalam film romantis fiksi ilmiah, Ditto (2000), mengisahkan seorang mahasiswi perempuan dari tahun 1970-an yang berkomunikasi dengan seorang pria dari abad ke-21 melalui walkie-talkie.

3. Setelah bermain dalam beberapa film antara tahun 1999 sampai 2002, Kim diplot menjadi pemeran utama film My Tutor Friend (2003) bersama Kwon Sang-woo. Dalam film ini Kim memerankan Choi Su-wan, seorang gadis perguruan tinggi yang bertugas membantu pelajar malas seumurannya yang selalu mengulang di kelas SMA. Film ini berperan besar meningkatkan popularitas Kim.

4. Setahun berikutnya, Kim kembali bermain dalam film yang juga membesarkan namanya, Too Beautiful to Lie (2004) bersama aktor Kang Dong-won. Film ini berkisar tentang seorang mantan narapidana yang berpura-pura menjadi tunangan seorang pria yang dipaksa untuk menikah oleh keluarganya. Kedua film ini menjadi hit box-office, dan Kim dijuluki “ratu komedi romantis” oleh pers Korea.

5. Setelah kesuksesan dua film itu, aktris yang suka mendengarkan musik ini mencoba peruntungannya di genre lain, seperti film tentang pendakian gunung, Ice Rain, film horor Dead Friend, dan dua melodrama TV Stained Glass dan 90 Days, Time to Love. Namun secara komersil, film dan drama ini kurang sukses.

6. Di tahun 2006, aktris yang akrab disapa Olive ini kembali ke genre romantis yang sudah tak asing dengannya. Ia tampil kembali dengan Kang Dong-won dalam film Almost Love sebagai calon aktris yang demam panggung. Film selanjutnya adalah Lovers of Six Years (2008), tentang dua sejoli yang telah berpacaran selama enam tahun dan menghadapi ujian serius. Ia bermain bersama aktor Yoon Kye-sang.

7. Tak sampai di sini, Kim terus mengukir karya dengan bermain dalam film On Air (2008) yang menceritakan kisah di balik layar produksi sebuah drama TV, di mana Kim kebagian peran utama sebagai aktris papan atas yang arogan. Puncaknya adalah ketika ia membintangi film My Girlfriend Is an Agent di tahun 2009 bersama Kang Ji-hwan, yang menjadi film terlaris keempat di tahun 2009. Film besar berikutnya adalah You’re My Pet, bersama aktor Jang Geun-suk.

8. Kim tiga kali tampil dalam video klip, yakni dalam lagu “To Heaven” milik artis Jo Sungmo di tahun 1998, lagu “Last Promise” milik Position di tahun 2002, dan lagu “I Was Happy,” juga milik Jo Sungmo.

9. Berbagai penghargaan telah diraih Kim sepanjang karirnya, beberapa di antaranya adalah Aktris Terbaik dalam Baeksang Arts Awards ke-40 atas perannya dalam Too Beautiful to Lie, Aktris Terbaik dalam Korea Drama Awards kedua (drama On Air), Aktris Terbaik dalam Blue Dragon Film Awards ke-30 (My Girlfriend Is an Agent), Aktris Terbaik dalam Grand Bell Awards ke-48 dan Blue Dragon Film Awards ke-32 (keduanya untuk film Blind), dan lain sebagainya.

10. Tentu kurang rasanya kalau aktris sebesar Kim Ha-neul tak menjadi bintang iklan. Kim telah jadi model sekaligus bintang iklan sejak tahun 1998. Beberapa perusahaan terkemuka yang pernah memakai jasanya misalnya Coca Cola, Motorola, LG, Lotte, Maxwell House, Hite-Jinro, dan lainnya.

Komentar Anda