Profil Lengkap Negara Iran

Iran, dulu dikenal sebagai Persia, adalah sebuah negara di Asia Barat yang terletak di persimpangan jalur strategis antara Eropa dan Asia. Lebih dari 2.500 tahun yang lalu, Cyrus Agung menyatukan wilayah itu dan mendirikan Kekaisaran Persia yang besar. Iran sudah lama diperintah oleh shah, atau raja. Shah terakhir digulingkan pada tahun 1979, ketika sebuah republik Islam didirikan. Pada tahun 1979, negara itu menjadi republik Islam.

Foto kota Teheran di Iran

Penduduk

Orang Iran adalah suku bangsa Arya. Nenek moyang mereka bermigrasi ke dataran tinggi Iran dari Asia Tengah sebelum tahun 1000 SM. Bahasa Persia (Farsi) adalah bahasa resmi dan ditulis dalam aksara Arab. Bahasa ini berkaitan dengan bahasa-bahasa di Eropa. Budaya dominan adalah Persia. Ada banyak kelompok etnis dan suku di Iran, seperti Azerbaijan Turki, Kurdi, Lur, Bakhtiaris, Arab, Qashqai, Baluchi, dan Turkoman.

Agama

Sebagian besar dari rakyat Iran adalah pemeluk Islam. Kebanyakan orang Iran mengikuti aliran Syiah. Iran adalah negara Syiah utama di dunia Islam. Sejumlah besar orang Kristen, Baha’i, dan Yahudi meninggalkan Iran setelah revolusi Islam pada tahun 1979.

Pendidikan

Revolusi membawa banyak perubahan dalam sistem pendidikan. Hari ini, penekanannya adalah pada integrasi ajaran dan nilai-nilai Islam ke dalam bagian dari program studi. Lima tahun pendidikan dasar sifatnya wajib. Anak-anak perempuan diajar secara terpisah dari anak laki-laki.

Cara Hidup

Iran adalah negeri yang terdiri atas lebih dari 40.000 desa. Sebuah desa kecil khas memiliki masjid, pemandian umum, dan bazaar, atau pasar. Selama berabad-abad lamanya, mayoritas orang Iran adalah petani atau nomaden. Mereka menanam tanaman makanan untuk diri mereka sendiri, menggembalakan hewan, dan membuat karpet atau kerajinan tangan lainnya. Dalam beberapa dekade terakhir, jutaan orang miskin Iran telah pindah ke kota untuk mencari pekerjaan dan kehidupan yang lebih baik. Tapi banyak orang Iran yang masih hidup seperti nenek moyang mereka.

Bentang Alam

Iran berpusat di dataran besar yang dikelilingi oleh pegunungan di semua sisi, kecuali timur. Di utara, tepat di bawah Laut Kaspia, ada Pegunungan Elburz. Pegunungan Zagros membentang di sepanjang perbatasan barat dan selatan Iran. Dataran tinggi tengah timur merupakan daerah gurun yang luas. Daerah ini berisi dua gurun yang paling banyak dihuni di dunia, Dasht-i Kavir dan Dasht-i Lut.

Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir

Iran berbatasan di selatan dengan Teluk Persia dan Laut Arab. Laut Kaspia merupakan bagian dari perbatasan utaranya. Iran memiliki sangat sedikit sungai; sebagian besar danau-danau berisi air asin.

Iklim

Iklim Iran umumnya kering. Hampir semua curah hujan jatuh selama musim dingin, sebagian besar dalam bentuk salju. Musim dingin ringan di utara dan hangat di selatan. Di tempat lain, suhu rata-rata Januari mendekati atau berada di bawah titik beku. Musim panas biasanya sangat panas, kecuali di pegunungan.

Sumber Daya Alam

Sejarah Iran sangat dipengaruhi oleh ada atau tidak adanya air. Pusat populasi tumbuh di mana air berlimpah. Banyak perebutan hak kepemilikan air terjadi. Minyak adalah yang paling penting dari semua sumber daya alam Iran. Iran memiliki beberapa cadangan minyak dan gas alam terbesar di dunia. Batu bara, bijih besi, tembaga, kromium, mangan, gipsum, timah, seng, bauksit (bijih aluminium) dan pirus juga ditemukan di sana.

Ekonomi

Secara historis, Iran adalah negara agraris. Tapi hari ini produksi minyak bumi dan gas alam mendominasi perekonomian bangsa. Pengolahan makanan dan pembuatan tekstil dan barang logam juga penting. Produk utama industri perikanan kecil adalah kaviar, telur asin ikan sturgeon dari Laut Kaspia.

Perdagangan

Minyak dan petrokimia menyumbang lebih dari 90 persen ekspor Iran. Sebagian besar uang yang didapat Iran dari menjual minyak ke negara lain digunakan untuk mengimpor pangan, terutama daging dan biji-bijian. Ekspor lainnya meliputi karpet, katun, buah-buahan kering, dan kacang pistachio. Iran terutama berdagang dengan Jepang dan negara-negara Eropa Barat.

Transportasi

Semua kota-kota besar Iran dihubungkan oleh jalan raya dan rel kereta api. Dua bandara internasional utama terletak di dekat Teheran dan Abadan. Pulau Kharg di Teluk Persia adalah terminal utama untuk ekspor minyak.

Kota-kota Besar

Tehran, ibukota Iran, merupakan pusat kegiatan politik dan komersial negara. Tehran adalah kota terbesar di Iran sekaligus kota terbesar di Asia Barat. Mashhad, kota terpadat kedua, merupakan pusat perdagangan penting, terletak di daerah pertanian yang kaya di timur laut. Kota ini dikelilingi oleh kebun, kebun-kebun anggur, dan ladang gandum. Sebuah tempat suci di Mashhad menjadi tujuan peziarah tahunan, membuat kota ini penting bagi umat Islam Syiah.

Isfahan pernah menjadi ibukota negara. Bazaar di kota ini dianggap sebagai salah satu pasar paling megah di Timur Tengah. Kota ini juga memiliki banyak masjid berkeramik yang indah dan istana-istana kuno serta jembatan batu.

Warisan Budaya

Sejarah Iran kaya akan tradisi artistik. Banyak penyair, arsitek, dan pengrajin terampil yang terkenal berasal dari Iran.

Sastra

Dari tahun 900-an, penyair Persia telah meninggalkan jejak mereka pada sastra dunia. Di antaranya yang paling terkenal adalah Omar Khayyam (1048-1131), Saadi (1213? -92), dan Hafiz (1325-1389?). Puisi masih menjadi sarana ekspresi sastra utama di Iran modern.

Seni dan Arsitektur

Keindahan arsitektur Iran terlihat dari masjid-masjid megah yang bisa ditemukan di mana-mana di negara ini. Seniman Iran juga dikenal karena kaligrafi, miniatur, dan kerajinan logam mereka yang rumit. Kerajinan yang paling terkenal di negara ini adalah karpet tenun Persia.

Pemerintah

Pemerintah Iran saat ini, yang didirikan berdasarkan konstitusi baru yang disahkan pada tahun 1979, cukup unik dalam sejarah Iran. Semua cabang pemerintah tunduk pada faqih, pemimpin spiritual Iran. Dia adalah otoritas politik tertinggi di negeri itu. Ruhollah Khomeini, lebih dikenal sebagai Ayatollah Khomeini, menduduki jabatan ini sampai kematiannya pada tahun 1989. Ayatollah Khomeini digantikan oleh Ali Hussein Khamenei.

Kepala eksekutif Iran adalah presiden, yang dipilih oleh rakyat untuk masa jabatan 4 tahun. Dewan Legislatif, yang dikenal sebagai Majles, memiliki 270 anggota yang dipilih untuk masa jabatan 4 tahun. Semua undang-undang yang disahkan oleh Majles harus disetujui oleh Dewan Wali untuk memastikan kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip Islam.

One thought on “Profil Lengkap Negara Iran

Komentar Anda