5 Fakta Tak Lazim Tentang Planet Saturnus

Saturnus adalah planet menarik yang memiliki massa besar, cincin yang berputar di sekitarnya, dan 60 satelit yang terjebak dalam medan gravitasinya. Saturnus, yang jaraknya ke matahari 10 kali lebih jauh daripada jarak bumi ke matahari, memiliki komposisi yang sebagian besar terdiri atas helium dan hidrogen yang ada dalam berbagai bentuk. Berikut 5 fakta tak lazim tentang planet terbesar kedua di tata surya ini.

Gambar Planet Saturnus

1. Kekuatan gravitasi dari satelit-satelit Saturnus membantu menjaga sistem cincinnya yang rumit tetap berada di tempatnya. Cincin Saturnus tidak padat, melainkan terdiri atas partikel potongan es dan puing-puing dalam berbagai ukuran.

2. Lapisan awan paling puncak di atmosfer Saturnus suhunya sangat dingin, mencapai sekitar 177 derajat Celsius di bawah nol. Saturnus bisa dibilang adalah sebuah dunia yang sangat dingin.

3. Ada bukti bahwa petir terjadi di Saturnus. Para ilmuwan memperkirakan petir di sana satu juta kali lebih kuat dari petir di bumi.

4. Saturnus memiliki medan magnet sangat kuat yang menghasilkan partikel energi tinggi yang dipengaruhi oleh kekuatan magnet yang bertabrakan dengan gas di atmosfer. Dampak medan magnet ini setara dengan aurora yang terjadi di kutub bumi.

5. Salah satu satelit Saturnus, Titan, memiliki konsentrasi besar hidrogen dan karbon; ketika sinar matahari menyentuh unsur-unsur ini, mereka akan bereaksi membentuk lapisan kabut asap tebal di seluruh permukaan Titan.

Komentar Anda