Apa Keunikan Saturnus Dibanding Planet Lain?

Saturnus terdiri atas berbagai gas yang meliputi hidrogen dan helium. Bila Jupiter adalah planet terbesar, maka Saturnus adalah yang terbesar kedua di tata surya. Saturnus memiliki cincin yang berputar di sekitar permukaan luar planet. Planet-planet lain yang memiliki cincin adalah Jupiter, Uranus, dan Neptunus. Cincin Saturnus bisa dilihat dari bumi menggunakan teleskop.

Gambar Menarik Planet Saturnus

Saturnus memiliki tujuh cincin utama, masing-masing berisi ribuan ringlet atau cincin kecil. Setiap cincin terdiri atas partikel yang ukurannya bisa sekecil butiran pasir atau lebih besar dari gedung pencakar langit. Menurut Jet Propulsion Laboratory milik NASA, beberapa partikel dalam cincin Saturnus berukuran lebih dari setengah mil. Saat cincin berputar di sekitar Saturnus, cincin itu tidak akan pernah menyentuh planet itu. Cincin Saturnus begitu besar sehingga bisa mencapai jarak antara bumi dan bulan.

Saturnus tidak memiliki permukaan sebagaimana bumi. Artinya, jika Anda mencoba untuk berdiri di planet itu, maka Anda akan terjatuh ke dalamnya. Planet ini tidak mengandung inti yang terdiri atas besi atau material batuan lainnya. Lapisan awan berputar-putar terus-menerus di sekitar lapisan luar planet, memberikan penampilan planet yang menyerupai daging asap.

Menurut NASA, suhu di Saturnus bisa mencapai -176 derajat Celsius. Kecepatan angin di planet ini lebih dari 1.770 km/jam. Di bumi, angin tidak pernah mencapai kecepatan lebih dari 400 km/jam. Sebagaimana bumi, Saturnus juga memiliki musim. Namun, satu musim di Saturnus bisa bertahan selama lebih dari tujuh tahun. Karena pola iklim yang aneh seperti itu, kehidupan di Saturnus tidak mungkin terjadi.

Cara Saturnus berputar dan komposisi gasnya membuat bagian tengah planet ini menonjol, sedangkan kutubnya datar. Meskipun planet ini memiliki rotasi yang secara signifikan cepat (satu hari berlangsung sekitar 10½ jam), maka diperlukan lebih dari 29 tahun bagi Saturnus untuk membuat satu orbit penuh mengelilingi matahari.

Karena ukurannya yang besar, Anda dapat memuat sembilan bumi di dalam permukaan Saturnus. Kepadatan Saturnus sangat rendah sehingga planet ini bisa mengapung di atas air. Saturnus memiliki 25 satelit, dan Titan adalah yang terbesar. Atmosfer Titan mirip dengan atmosfer bumi saat berada pada fase pengembangan awal. Titan adalah satelit terbesar kedua di tata surya, Ganymede (satelit Jupiter) adalah yang terbesar. Saturnus memiliki medan magnet yang 1.000 kali lebih kuat dari bumi. Nah, sekarang Anda jadi lebih tahu bukan bagaimana keunikan Saturnus?

Komentar Anda