10 Hal yang Harus Diketahui Tentang Kimia

Apakah Anda baru belajar ilmu kimia (chemistry)? Kimia mungkin tampak rumit dan menakutkan, tetapi sekali Anda memahami beberapa dasarnya, Anda akan mampu bereksperimen dan memahami dunia kimia dengan benar. Berikut ini sepuluh hal penting yang perlu Anda ketahui tentang kimia.

Gambar Eksperimen Kimia

1. Kimia adalah studi materi dan energi

Kimia, sebagaimana fisika, adalah ilmu fisik yang mengeksplorasi struktur materi dan energi dan cara keduanya berinteraksi satu sama lain. Blok bangunan dasar dari suatu materi adalah atom, yang bergabung bersama untuk membentuk molekul. Atom dan molekul berinteraksi untuk membentuk produk baru melalui reaksi kimia.

2. Kimiawan menggunakan metode ilmiah

Kimiawan (ahli kimia) dan ilmuwan lain bertanya dan menjawab pertanyaan tentang dunia dengan cara yang sangat spesifik: metode ilmiah. Sistem ini membantu para ilmuwan merancang eksperimen, menganalisis data, dan membuat kesimpulan yang obyektif.

3. Kimia memiliki banyak cabang

Kimia bagaikan sebuah pohon yang memiliki banyak cabang. Karena subjek ini begitu luas, setelah Anda mempelajari pengantar kimia, Anda akan dibawa untuk mempelajari berbagai cabang ilmu kimia, masing-masing dengan fokusnya sendiri-sendiri.

4. Percobaan paling keren adalah percobaan kimia

Sulit untuk tidak menyetujui hal ini, karena setiap eksperimen biologi atau fisika yang mengagumkan dapat diungkapkan dengan eksperimen kimia. Uji atom? Kimia nuklir. Bakteri pemakan daging? Biokimia. Banyak ahli kimia mengatakan bahwa komponen laboratorium kimia adalah hal yang membuat mereka tertarik pada ilmu pengetahuan … bukan hanya ilmu kimia, tetapi semua aspek ilmu pengetahuan.

5. Kimia adalah sains praktis

Jika Anda mengambil kelas kimia, Anda bisa berharap ada komponen laboratorium yang dijadikan bahan pelajaran. Hal ini karena kimia adalah tentang reaksi kimia dan percobaan sebagaimana juga tentang teori dan model. Untuk memahami bagaimana ahli kimia menjelajahi dunia, Anda harus memahami cara melakukan pengukuran, menggunakan peralatan kaca, menggunakan bahan kimia secara aman, serta merekam dan menganalisa data eksperimen.

6. Kimia berlangsung di dalam lab… dan di luar lab

Ketika membayangkan seorang ahli kimia, Anda mungkin membayangkan seseorang mengenakan jas lab dan kacamata pengaman, memegang sebotol cairan di laboratorium. Ya, beberapa ahli kimia memang bekerja di laboratorium. Lainnya bekerja di dapur, di lapangan, di pabrik, atau di kantor.

7. Kimia adalah studi tentang segala hal

Segala sesuatu yang dapat Anda sentuh, rasa, atau cium terbuat dari materi. Bisa dibilang materi membentuk segalanya. Atau, Anda bisa mengatakan semuanya terbuat dari bahan kimia. Kimiawan mempelajari materi, karena itu kimia adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu, dari partikel terkecil hingga struktur terbesar.

8. Setiap orang menggunakan kimia

Anda harus mengetahui dasar-dasar kimia, bahkan jika Anda bukan ahli kimia. Tidak peduli siapa Anda atau apa yang Anda lakukan, tiap hari Anda bersentuhan dengan bahan kimia. Anda memakannya, memakainya, obat yang Anda minum adalah bahan kimia, dan produk yang Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari semua terdiri atas bahan kimia.

9. Kimia menawarkan banyak kesempatan kerja

Kimia adalah program yang baik untuk diambil guna memenuhi persyaratan ilmu pengetahuan umum karena kimia menghadapkan Anda pada matematika, biologi, dan fisika serta prinsip-prinsip kimia. Di perguruan tinggi, gelar kimia dapat menjadi batu loncatan untuk mengejar berbagai karir menarik, bukan hanya sebagai ahli kimia.

10. Kimia ada di dunia nyata, bukan hanya di lab

Kimia adalah ilmu praktis sekaligus ilmu teoritis. Ilmu ini sering digunakan untuk merancang produk yang digunakan orang secara nyata dan untuk memecahkan masalah di dunia nyata. Penelitian kimia bisa saja berbentuk ilmu murni yang membantu kita memahami bagaimana sesuatu bekerja, memberikan kontribusi untuk pengetahuan kita, dan membantu kita membuat prediksi tentang apa yang akan terjadi. Kimia bisa juga berbentuk sains aplikatif, di mana ahli kimia menggunakan pengetahuan ini untuk membuat produk baru, memperbaiki proses, dan memecahkan masalah.

Komentar Anda