Bentang Alam Quebec, Provinsi Terbesar Kanada

Quebec, provinsi terbesar di Kanada, terletak di bagian timur negara itu, yang membentang dari perbatasan internasional dengan Amerika Serikat hingga Arktik. Provinsi Quebec mencakup seperenam dari total luas Kanada. Tiga daerah daratan utama yang terletak di Quebec adalah Perisai Kanada, Dataran Rendah St. Lawrence, dan Pegunungan Appalachia.

Gambar Provinsi Quebec

Perisai Kanada mencakup 80 persen dari luas Quebec. Wilayah ini membentang dari dataran St. Lawrence ke Selat Hudson 200 kilometer di utara Montreal. Daerah bebatuan kuno ini dibelah oleh sungai penting seperti St. Maurice, Manicouagan, dan Saguenay. Secara historis, sumber daya alam Perisai Kanada adalah hutan pohon cemara dan pinus, cadangan bijih besi, tembaga, dan emas, serta potensi tenaga air.

Dataran Rendah St. Lawrence di barat daya Quebec ditempati 90 persen populasi Quebec. Daerah ini memiliki iklim yang kondusif, rute air, dan tanah yang subur. Datarannya subur bekas gletser. Wilayah ini didominasi oleh St. Lawrence River dan kota Montreal.

Pegunungan Appalachia adalah rantai pegunungan yang membentang dari Newfoundland hingga ke Alabama di Amerika Serikat. Di Quebec, daerah ini terletak di sebelah selatan St Lawrence. Pegunungan Appalachia mencakup daerah yang dikenal sebagai kota-kota timur (Eastern Townships) dan Semenanjung Gaspé. Selain hutan dan sumber daya mineral, bagian dari kota-kota timur adalah daerah pertanian dan pariwisata yang penting.

Jalur air dan garis pantai

St. Lawrence River dan Seaway, yang menghubungkan lima danau besar (Great Lakes) dengan Samudera Atlantik, mendominasi geografi dan sejarah transportasi Quebec. Dua kota utama di propinsi itu, Quebec City dan Montreal, terletak di titik-titik strategis di sungai ini. Ottawa River adalah anak sungai utama dari St. Lawrence. Sungai ini membentuk bagian dari perbatasan antara Quebec dan Ontario. Anak sungai penting lainnya adalah St. Maurice dan Saguenay di utara serta Richelieu dan Chaudière di selatan. Beberapa sungai terbesar di provinsi Quebec, seperti La Grande, mengalir ke teluk James dan Teluk Hudson. Lainnya mengalir ke teluk Ungava. Danau terbesar di sana adalah Mistassini, Minto, Clearwater, dan St. John.

Sebagian dikelilingi oleh perairan dari teluk Hudson, James, Ungava, serta Selat Hudson dan Teluk St. Lawrence, Quebec memiliki garis pantai sepanjang sekitar 8.000 kilometer.

Iklim

Quebec memiliki iklim yang ekstrim, berkisar dari sangat dingin (Arktik) di barat laut hingga kontinental -musim panas yang hangat dan musim dingin yang sangat dingin- di tenggara. Di Quebec utara di Grande Riviere, rata-rata suhu Januari adalah -23 °C dan rata-rata suhu Juli adalah 13 °C. Di selatan di Dataran rendah St. Lawrence, Montreal memiliki suhu Januari rata-rata -9 °C dan suhu Juli rata-rata 22 °C. Rata-rata periode bebas salju di daerah Montreal berkisar dari 22 April sampai 23 Oktober. Quebec menerima hujan dan salju melimpah; Curah hujan rata-rata adalah 776 mm dan curah salju 242 cm.

Komentar Anda