10 Fakta Unik Tentang Moon Geun-young

Moon Geun-young adalah aktris Korea yang lahir pada tanggal 6 Mei 1987 di Gwangju. Moon memulai karir modelingnya di usia 12 tahun, dan mulai berakting sebagai aktris cilik pada tahun 1999. Namanya besar berkat penampilannya dalam beberapa drama dan film, seperti drama Autumn in My Heart (2000) dan film A Tale of Two Sisters (2003). Berikut 10 hal menarik tentang Moon Geun-young.

Gambar Moon Geun-young

1. Sebelum bermain dalam drama, Moon lebih dulu tampil di depan kamera untuk iklan. Ia juga tampil sebagai model beberapa majalah. Pertama kali Moon muncul di layar kaca adalah dalam drama dokumenter On the Road tahun 1999.

2. Di tahun 2001, Moon tampil dalam drama historis Korea, Empress Myeongseong, yang dibintangi Lee Mi-yeon dan Yoo Dong-geun. Moon memerankan karakter Empress Myeongseong kecil. Ia juga tampil sebagai tamu dalam drama Medical Center di tahun yang sama.

3. Moon tampil pertama kali di layar lebar dalam film Lovers’ Concerto (2002), yang dibintangi Cha Tae-hyun, Lee Eun-ju, dan Son Ye-jin. Di sana Moon memerankan karakter adik perempuan Lee Ji-yoon.

4. Nama Moon Geun-young mulai berkibar setelah ia bermain dalam film A Tale of Two Sisters (2003), di mana ia bermain sebagai adik Su-yeon. Film ini menduduki daftar film horor Korea terlaris dan menjadi film pertama yang diputar di bioskop Amerika.

5. Kakek Moon adalah Ryu Nak-jin, seorang guru yang menjadi tahanan politik. Ryu adalah pendukung pejuang gerilya Korea Utara yang beroperasi di sekitar Gwangju. Ia akhirnya dipenjara di akhir perang Korea.

6. Moon turut membacakan eulogi dalam pemakaman aktris muda Korea, Lee Eun-ju, pada tanggal 22 Februari 2005. Moon berada di agensi yang sama dengan Lee. Lee sendiri tewas setelah menggorok lehernya sendiri dan gantung diri. Diduga karena stress setelah melakukan adegan telanjang dalam film The Scarlet Letter.

7. Moon lulus dari Gwangju Gukje High School pada Februari 2006. Sebulan kemudian, ia diterima di Sungkyunkwan University di Seoul. Moon tergolong sebagai mahasiswi yang rajin dan memiliki catatan kehadiran yang sangat baik, hal yang jarang terjadi pada aktris Korea.

8. Agen Moon Geun-young mengkonfirmasi hubungan aktrisnya dengan rekannya dalam drama Goddess of Fire, Kim Bum. Hubungan ini dimulai pada Oktober 2013 dan berakhir pada April 2014. Pihak agensi mengatakan bahwa keduanya baru saja putus dan akan menjadi teman baik.

9. Moon banyak terlibat kegiatan amal, seperti Morning Reading, di mana ia mendonasikan sekitar 100 juta won pada yayasan yang mempromosikan membaca buku ini. Moon juga menyumbang 300 juta won pada Haenam Children’s Center, sebuah pusat pembelajaran bagi anak miskin. Dan masih banyak lagi yayasan-yayasan nonprofit yang disumbang oleh Moon.

10. Selain yang disebutkan di atas, drama-drama lain yang pernah dibintangi Moon Geun-young antara lain Burnt Rice Teacher and Seven Potatoes (1999), Life is Beautiful (2001), Wife (2003), Painter of the Wind (2008), Cinderella’s Sister, Mary Stayed Out All Night (2008), dan Cheongdam-dong Alice (2012).

Komentar Anda