Fakta-fakta Tentang Negara Belarus

Belarus, juga dieja Byelarus atau Belarusia, adalah sebuah negara di Eropa Timur. Minsk adalah ibukota sekaligus kota terbesarnya. Sejarah Belarus bisa ditelusuri hingga ke Kievan Rus, negara yang didirikan oleh bangsa Slavia Timur pada tahun 800 M. Belarus menjadi bagian dari Lithuania pada tahun 1300. Negara ini sempat diberikan pada Polandia pada 1500-an dan Rusia pada akhir tahun 1700-an. Pemerintahan komunis didirikan di Belarus pada tahun 1919. Belarus menjadi republik Uni Soviet pada tahun 1922. Negara ini tetap sebuah republik Soviet sampai tahun 1991, ketika Belarus mendeklarasikan kemerdekaannya.

Peta Belarus

Di bawah Konstitusi Belarus, yang awalnya diadopsi pada tahun 1994, presiden adalah kepala negara dan memiliki kekuasaan yang luas atas pemerintah. Presiden menunjuk perdana menteri, yang mengepalai Dewan Menteri. Dewan legislatif negara terdiri atas dua majelis, yakni majelis tinggi yang disebut Dewan Republik dan majelis rendah yang disebut Dewan Perwakilan Rakyat. Dewan Republik memiliki 64 anggota, sedangkan Dewan Perwakilan Rakyat memiliki 110 anggota.

Belarus dibagi menjadi enam provinsi, masing-masing sesuai nama ibukota provinsi: (1) Brest, (2) Homyel, (3) Hrodna, (4) Mahilyow, (5) Minsk, dan (6) Vitsyebsk. Sebuah dewan dipilih oleh rakyat untuk mengelola masing-masing provinsi. Presiden menunjuk eksekutif daerah yang mengawasi dan menunjuk eksekutif lokal. Eksekutif yang ditunjuk mengontrol dewan regional dan lokal.

Mahkamah Konstitusi adalah pengadilan tertinggi di Belarus. Sistem peradilan meliputi Mahkamah Agung dan pengadilan provinsi, kota, dan distrik. Angkatan bersenjata Belarus terdiri atas angkatan darat dan angkatan udara. Pria yang berusia 18 tahun atau lebih harus mengikuti wajib militer selama 18 bulan.

Sebagian besar wilayah Belarus terdiri atas dataran rendah yang mendatar. Hutan menutupi wilayah Belarus utara. Punggung dataran tinggi membentang dari timur laut ke barat daya di tengah Belarus. Dataran tinggi yang menjadi titik tertinggi di negara itu adalah sebuah bukit yang disebut Dzerzhinskaya Gora yang memiliki tinggi sekitar 346 meter di atas permukaan laut. Belarus selatan terdiri atas rawa-rawadan hutan. Daerah ini juga mmeiliki rawa hutan luas yang disebut Pripyat Marshes.

Sungai-sungai utama Belarus adalah Bug, Neman (juga dieja Nyoman), Dvina Barat, dan Dnieper (juga dieja Dnepr atau Dnyapro). Belarus memiliki lebih dari 10.000 danau, sebagian besar adalah danau-danau kecil.

Hutan Belarus dihuni oleh kawanan rusa, rubah, kelinci, musang, dan tupai. Cagar alam berada di sepanjang perbatasan antara Belarus dan Polandia, yang disebut Belovezha Forest (Bialowieza dalam bahasa Polandia) yang merupakan sisa-sisa hutan perawan yang menutupi sebagian besar Eropa di zaman prasejarah. Hutan ini memiliki cemara tua yang megah dan pepohonan lainnya. Hewan langka meliputi kawanan bison Eropa, atau disebut juga wisent.

Belarus memiliki musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat. Rata-rata suhunya sekitar -6 °C pada bulan Januari, bulan terdingin, dan sekitar 18 °C pada bulan Juli, bulan terpanas. Curah hujan tahunan di negara itu berkisar dari 50 hingga 66 cm.

Industri jasa menyumbang sekitar setengah dari output ekonomi dan ketenagakerjaan Belarus. Industri jasa terkemuka di Belarus antara lain pendidikan, perawatan kesehatan, transportasi, serta grosir dan perdagangan ritel.

Manufaktur menghasilkan banyak produk ekonomi Belarus. Negara ini dikenal karena produk truk berat dan traktor yang dihasilkannya. Belarus juga memproduksi produk makanan, alat pemotong logam, dan barang-barang lain seperti sepeda, sepeda motor, lemari es, dan televisi. Negara ini juga membuat pupuk kalium dan produk kimia lainnya. Hutan Belarus menghasilkan banyak produk kertas dan kayu.

Pertanian menyumbang sekitar sepersepuluh produksi ekonomi negara itu. Tanaman utama meliputi barley, kentang, gandum, gula bit, tomat, dan gandum. Banyak petani beternak sapi, ayam, dan babi.

Belarus hanya memiliki sedikit sumber daya mineral. Namun negara ini kaya akan gambut, yang digunakan untuk bahan bakar, potash, dan batuan garam. Belarus selatan memiliki cadangan minyak bumi. Belarus mengimpor minyak dan gas alam dari Rusia dan mengekspor produk olahan minyak dan gas ke negara-negara lain. Belarus juga mengimpor besi dan baja, serta mesin. Negara ini mengekspor bahan kimia, mesin, traktor, dan truk. Rusia adalah mitra dagang terkemuka Belarus. Belarus juga menjalin hubungan dagang dengan Jerman, Belanda, Polandia, dan Ukraina.

Sistem transportasi negara itu meliputi jalur kereta api dan jalan raya yang menghubungkan jaringan kota-kota Belarus dengan kota-kota besar Eropa lainnya. Kereta merupakan sarana paling penting untuk perjalanan jarak jauh. Bandara utama Belarus berada di Minsk. Bus menjadi sarana transportasi utama di dalam kota. Kanal Dnieper-Bug dan kanal lain memghubungkan banyak sungai Belarus dengan kota pelabuhan di Baltik dan laut Hitam. Sekitar 215 surat kabar harian terbit di Belarus. Dari jumlah itu, 130 koran diterbitkan dalam bahasa Belarusia.

Ibukota: Minsk.

Bahasa resmi: Belarusia dan Rusia.

Nama Resmi: Respublika Byelarus (Republik Belarus).

Area: 207.600 km2. Jarak terjauh – utara-selatan, 545 km; timur-barat, 620 km.

Elevasi: Tertinggi – Dzerzhinskaya Gora, 346 m di atas permukaan laut. Terendah – Neman River di perbatasan barat laut, 90 m di atas permukaan laut.

Populasi: Perkiraan – 9.431.000; kepadatan 45 per km2; distribusi, 76% di perkotaan, 24% di pedesaan.

Produk utama: Pertanian – barley, telur, susu, kentang, gandum, gula bit, tomat, gandum. Manufaktur – sepeda, produk makanan, alat pemotong logam, sepeda motor, kertas dan produk kayu, pupuk kalium, lemari es, televisi, truk dan traktor.

Uang: Rubel Belarusia

Bentuk pemerintahan: Republik.

Iklim: musim dingin yang sangat dingin dan musim panas yang hangat. Curah hujan ringan di sepanjang tahun.

Komentar Anda