Mengenal Seluk-Beluk Negara Italia

Italia adalah sebuah negara di wilayah Eropa selatan. Negara ini dikenal karena warisan budayanya yang kaya serta alamnya yang indah. Kota-kota di Italia memiliki gereja yang spektakuler dan alun-alun yang besar. Museum-museumnya menyimpan banyak karya seni paling terkenal di dunia. Wilayah pedesaan Italia memiliki pantai berpasir yang hangat, puncak gunung tinggi dengan gletser di atasnya, serta bukit-bukit menghampar dengan ladang hijau dan kebun-kebun anggur.

Italia
Italia menempati semenanjung berbentuk sepatu boot yang memanjang ke Laut Mediterania dari Eropa selatan. Negara ini juga mencakup dua pulau besar, Sisilia dan Sardinia. Dua negara kecil yang independen terletak di daerah perbatasan Italia, yakni Republik San Marino, di utara-tengah Italia, dan Vatican City, yang berada di dalam kota Roma. Lanskap Italia didominasi oleh dua pegunungan, Alpen dan Apennines. Alpen berdiri di bagian utara Italia, sementara Apennine membentang bak tulang punggung bumi di sepanjang semenanjung.

Nama Italia berasal dari Romawi kuno. Bangsa Romawi menyebut bagian selatan semenanjung dengan Italia, yang berarti tanah atau lahan penggembalaan sapi. Negara ini memiliki beberapa kota terkenal di dunia. Roma, ibu kota sekaligus kota terbesar di Italia, merupakan pusat Kekaisaran Romawi pada 2.000 tahun yang lalu. Florence adalah rumah bagi banyak seniman Renaisans, periode paling prestisius dalam bidang seni. Venesia, dengan sistem saluran air yang rumit, menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Selama ratusan tahun, sejarah Italia mendominasi sejarah peradaban Barat. Romawi kuno memulai penaklukan dunia luar selama 200 SM, dan pada 100 M, kekaisaran Romawi menguasai semua wilayah yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Kekaisaran ini mempengaruhi pemerintah, seni, dan arsitektur banyak orang di masa-masa berikutnya. Setelah jatuhnya Romawi pada tahun 400 M, semenanjung Italia dibagi-bagi di antara banyak penguasa yang berbeda.

Sebagian besar semenanjung Italia bersatu selama awal 1800-an, ketika Napoleon Bonaparte merebut wilayah tersebut dan menjadikannya bagian dari Kekaisaran Perancis. Sebagian besar dari Italia disatukan sebagai sebuah negara yang merdeka untuk pertama kalinya pada tahun 1861 di bawah monarki konstitusional yang dipimpin oleh Raja Victor Emmanuel II.

Benito Mussolini, pemimpin fasis Italia, mengambil alih pemerintah Italia pada awal tahun 1920-an. Mussolini memerintah sebagai diktator sampai tahun 1943, ketika ia digulingkan menyusul kekalahan Italia dalam Perang Dunia II ( 1939-1945). Pada tahun 1946, orang-orang Italia melakukan pemilihan umum untuk menghapuskan sistem monarki. Italia membentuk pemerintahan republik sejak saat itu.

Sejak Perang Dunia II, Italia telah mengalami ekspansi ekonomi dan industri besar-besaran. Saat ini, Italia utara adalah salah daerah paling kaya dan paling modern di Eropa, tetapi Italia selatan masih jauh lebih miskin.

Komentar Anda