Bermacam Bakteri yang Bersarang pada Uang Kertas

Uang kotor bukan hanya uang yang didapat melalui cara-cara ilegal dan tidak bermoral. Lebih jauh, uang kotor adalah uang yang menjadi sarang berbagai macam mikroba, dan itu semua ada di dompet Anda.

uang kertas

Para ilmuwan telah mempelajari kebersihan uang kertas dari negara-negara di seluruh dunia, dan mereka telah menemukan fakta bahwa rata-rata 26.000 bakteri mengkontaminasi uang kertas. Kebersihan uang kertas diukur dari berapa lama uang tersebut telah beredar, berapa banyak jumlah lipatan dan kerutannya, serta jenis bahan uang itu.

Penelitian menemukan bahwa uang franc Swiss, krone Denmark, dan yuan China adalah uang kertas paling kotor, sementara uang dolar Australia adalah yang terbersih sedunia. Mengapa dolar Australia menjadi uang terbersih? Sebab alih-alih menggunakan serat kapas kertas, Australia membuat uang kertas polimer menggunakan bahan polypropylene, bahan yang biasa digunakan untuk membuat sedotan minuman. Kuman akan sulit menempel pada bahan semacam ini.

Kecuali dolar Australia, uang kertas apapun memiliki sekitar 3.000 jenis bakteri, beberapa di antara menyebabkan penyakit seperti:

 – Tukak lambung

Pneumonia

Keracunan makanan

Infeksi staphylococcus

Jerawat

Resistensi antibiotik

Selain itu, virus flu dapat hidup pada uang kertas selama 17 hari. Bayangkan, berapa kali uang kertas itu bisa berpindah tangan selama jangka waktu itu. Tak heran kita kerap terserang flu ringan.

Terlebih lagi, tidak hanya bakteri dan virus yang menumpang pada uang kertas. Sebelum sampai di tangan Anda, uang kertas tentunya sudah berkelana ke mana-mana. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan bahwa 90% dari uang kertas yang beredar di Amerika Serikat mengandung kokain. Angka itu hampir sama dengan uang kertas di negara-negara lain di seluruh dunia. Selain narkoba, masih banyak zat-zat berbahaya lain yang menempel pada uang kertas, seperti yang terjadi pada tiga karyawan di sebuah toko di Michigan. Mereka mendadak sakit setelah menerima uang kertas yang mengandung residu methamphetamine.

Untuk itulah, kita harus lebih waspada dalam memegang uang kertas. Cara terbaik untuk menghindari semua bahaya di atas adalah selalu menjaga kebersihan. Cuci tangan dengan sabun sampai bersih. Bila perlu, gunakan cairan antibakteri dan pembunuh kuman di tangan. Hindari menyentuh area wajah, terutama mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan.

Komentar Anda