10 Fakta Menarik Tentang Richard Gere

Fakta Richard GereAktor kawakan ini lahir di Philadelphia pada 31 Agustus 1949. Pria bernama lengkap Richard Tiffany Gere ini memiliki ketertarikan yang sangat kuat pada dunia musik, terutama saat masih bersekolah. Selain bermain musik, ia juga menulis lagu untuk acara pementasan sekolahnya. Gere mendapat beasiswa senam di University of Massachusetts dan mengambil jurusan filsafat, walau akhirnya tak ia teruskan karena mengejar karir akting. Berikut 10 fakta unik mengenai Richard Gere:

1. Gere memeluk agama Buddha selama satu dekade lebih. Ia pernah dilarang menghadiri upacara pemberian Oscar karena membuat pernyataan anti-China pada tahun 1993.

2. Sebagai seorang musisi dan penulis lagu, Gere menciptakan musik solo piano yang ia mainkan sendiri dalam film Pretty Woman (1990) bersama Julia Roberts.

3. Gere menolak peran utama dalam film action legendaris, Die Hard (1988), yang akhirnya diberikan pada Bruce Willis.

4. Ia adalah presiden The Gere Foundation yang didirikan pada tahun 1991. Organisasi non-profit ini memfokuskan diri pada isu-isu kemanusiaan, terutama yang terjadi di Tibet.

5. Gere membintangi tiga film yang sukses membesarkan namanya, yakni Days of Heaven (1978), American Gigolo (1980), dan An Officer and a Gentleman (1982). Ketiga peran dalam film-film itu sebenarnya pernah ditawarkan pada John Travolta, namun ia menolaknya.

6. Setelah sukses dalam Pretty Woman (1990), Gere dan Julia Roberts kembali tampil dalam film Runaway Bride (1999) yang juga meraih kesuksesan besar. Dalam film itu, Gere dibayar 12 juta dolar, Julia mendapat 17 juta dolar, sementara keuntungan film itu sendiri mencapai 152 juta dolar.

7. Gere memiliki darah campuran Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, Perancis, dan Jerman.

8. Gere setuju untuk memainkan peran kecil dalam film HBO And the Band Played On (1993), meski banyak kalangan menilai langkahnya itu akan menghancurkan karirnya sendiri. Akhirnya, beberapa bintang kenamaan seperti Steve Martin, Alan Alda, Phil Collins, dan Anjelica Huston juga setuju untuk tampil dalam film itu.

9. Meskipun berkali-kali meraih nominasi dalam Golden Globe dan Screen Actors Guild Award, Gere belum pernah meraih nominasi Oscar sekalipun.

10. Selama beberapa tahun, Gere menjadi pendukung aktif “Survival International”, sebuah organisasi dunia yang mendukung masyarakat adat, menegaskan hak mereka untuk menentukan nasib mereka sendiri dan membantu melindungi kehidupan, tanah dan hak-hak mereka. Adapun masyarakat adat itu sangat bervariasi, antara lain penduduk asli Amazon, Maasai dari Afrika Timur, Wichi dari Argentina, dan lain sebagainya.

Komentar Anda