10 Fakta Menarik Tentang Marilyn Monroe

marilynBernama asli Norma Jeane Mortenson, Marilyn Monroe lahir di Los Angeles, California, pada tanggal 1 Juni 1926. Masa kecil Marilyn sangat sulit. Ibunya yang janda dan menderita gangguan mental meninggalkannya di panti asuhan. Marilyn hampir meninggal saat berusia dua tahun dan nyaris diperkosa saat berusia enam tahun. Di usia Sembilan tahun Marilyn bekerja di dapur panti asuhan dengan upah kecil. Berikut 10 fakta unik mengenai Marilyn Monroe:

1. Marilyn mempunyai 200 buku, termasuk karya-karya penulis besar seperti Tolstoy, Whitman, dan Milton. Ia selalu membawa satu buku bersamanya, yakni Biografi Abraham Lincoln. Catatan lainnya, ada lebih dari 600 buku di seluruh dunia yang bercerita tentang Marilyn.

2. Meskipun tergolong aktris papan atas Hollywood pada tahun 1950-an, Marilyn tak pernah mendapat bayaran lebih dari 100.000 dolar per film. Aktris seperti Elizabeth Taylor dan Barbara Stanwyck mendapat upah jauh lebih tinggi darinya.

3. Ukuran tubuh klasik Marilyn, menurut penata busananya, adalah 37-23-36.

4. Saat sedang tidak syuting, Marilyn senang tidak mengenakan apapun kecuali mantel mandi dan terkadang bikini.

5. Tingkah lakunya yang buruk dalam pembuatan film Something’s Got to Give (1962) membuat film ini tidak selesai dan Marilyn dipecat. Marilyn akhirnya direkrut lagi namun ia meninggal dunia pada Agustus 1962. Film ini akhirnya dirilis pada tahun 2003.

6. Ia menikah dengan Arthur Miller dan mengandung dua kali, yakni pada Juli 1957 dan November 1958. Namun keduanya mengalami keguguran.

7. Lagu Elton John yang terkenal, Candle in the Wind, sebenarnya bercerita tentang Marilyn Monroe, dan secara liris diubah agar cocok dengan Putri Diana saat kematiannya pada tahun 1997. Secara kebetulan, dua orang ini meninggal dunia pada usia 36 tahun.

8. Saat mengetahui bajunya robek pada saat malam penganugerahan Academy Awards 1950, Marilyn benar-benar menangis.

9. Pada 19 Mei 1962, Marilyn tampil di hadapan Presiden AS John F. Kennedy pada peringatan ulang tahun sang presiden yang ke 45. Ia menyanyikan lagu Happy Birthday. Ulang tahun Kennedy yang asli sebenarnya jatuh pada tanggal 29 Mei. Adapun baju yang dikenakan Marilyn kala itu laku terjual seharga 1,2 juta dolar, menjadi baju termahal yang pernah dijual dan masuk catatan Guiness Record.

10. IQ Marilyn Monroe (168) lebih tinggi dari John F. Kennedy (129), bahkan lebih tinggi dari Albert Einstein (160).

Komentar Anda