10 Fakta Menarik Tentang Albert Einstein

Albert Einstein lahir di Jerman pada tanggal 14 Maret 1879. Einstein adalah ilmuwan terbesar di abad ke-20. Ia mulai tertarik pada dunia sains sejak usia muda. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Swiss, ia pindah ke Amerika Serikat karena Perang Dunia II meletus. Berikut 10 fakta unik mengenai Albert Einstein:

Fakta Einstein

1. Einstein pernah ditawari menjadi Presiden Israel, tapi ia menolaknya. Einstein tidak memiliki ambisi politik apapun.

2. Saat Einstein meninggalkan Jerman pada tahun 1933, Nazi memberikan hadiah 20.000 mark bagi siapa saja yang bisa membunuh dirinya.

3. Sebagai pesohor, Einstein sangat enggan memberikan tanda tangan pada siapapun. Ia akan meminta upah 1 dolar untuk 1 tanda tangan yang diberikannya, dan memberikan uang yang dikumpulkannya pada yayasan amal.

4. Einstein memiliki beberapa potong baju yang sama di almarinya, sehingga ia tidak perlu pusing memilih baju apa yang akan ia kenakan. Kebiasaan unik ini menginspirasi beberapa karakter film untuk melakukan hal yang sama, seperti Seth Brundle dalam The Fly (1986) dan Ian Malcolm dalam Jurassic Park (1993).

5. Meskipun tidak pernah melakukan tes IQ, diperkirakan IQ Einstein antara 160 dan 180, yang menandakan kejeniusan tingkat tinggi.

6. Einstein tidak bisa menyetir mobil sebab ia tak pernah belajar mengemudi. Selain itu ia adalah seorang vegetarian.

7. Istri keduanya, Elsa Einstein, adalah sepupunya sendiri. Sedangkan Eduard Einstein, anak Einstein dengan istri pertamanya, Mileva Marić, meninggal dunia karena menderita depresi.

8. Einstein kurang memperdulikan uang. Ia pernah menjadikan cek senilai 1.500 dolar sebagai penanda buku, dan kemudian ia menghilangkan buku itu.

9. Sebuah elemen kimia, Einsteinium, dinamai sesuai dirinya.

10. Setelah Einstein meninggal dunia, para ilmuwan mengawetkan otaknya di laboratorium dan menemukan keabnormalan fisik. Berat otak Einstein adalah 1,5 kg.

One thought on “10 Fakta Menarik Tentang Albert Einstein

  • 09/30/2015 at 5:25 am
    Permalink

    Wah hebat… Cek 1500 dolar hilang begitu saja…

    Reply

Komentar Anda